Saya Bimo Nugroho mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan NIM 1900030343. Saya tahu pekerjaan digital baru ini, seperti "konten kreator" dan "pengusaha digital" secara umum, sangat menarik dan sekaligus menarik. Maksud saya, kita bisa mulai dari nol, membuat komunitas yang memiliki semangat yang sama dan akhirnya menjalani kehidupan yang telah kita ciptakan! Kedengarannya luar biasa, tapi saya bersumpah ini tidak sesederhana kelihatannya dan membutuhkan banyak kerja, waktu, energi, dan kesabaran. Inilah sebabnya saya ingin menjawab pertanyaan Anda, dan memberi tahu Anda semua pengalaman saya sendiri sebagai pembuat konten perjalanan dan di balik layar pekerjaan ini!
Untuk menjadi pembuat konten, hal pertama dan terpenting adalah mengidentifikasi passion Anda. Ini harus sudah menjadi gairah Anda dalam kehidupan nyata Anda. Maksud saya, Anda tidak bisa mulai bepergian hanya untuk Instagram. Jika Anda belum pernah bepergian sebelumnya dan jika Anda tidak benar-benar menyukai perjalanan, orang-orang akan melihatnya dan Anda tidak akan pernah menginspirasi mereka. Anda perlu membawa sesuatu yang nyata kepada orang-orang dan membawa nilai. Juga, Anda perlu tahu bahwa memulai akun perjalanan memiliki biaya nyata, karena Anda akan membiayai semua perjalanan pertama Anda sendiri. Jadi, jika Anda tidak benar-benar dan tulus menyukai perjalanan, ini tidak akan berhasil.
Secara pribadi, kami selalu menyukai perjalanan, kami mulai bepergian bersama 8 tahun yang lalu ketika kami bertemu, dan terbukti bahwa kami memiliki hasrat yang sama. Kami siap menghabiskan semua uang kami untuk perjalanan, hanya karena kami perlu bepergian, bukan untuk media sosial tetapi untuk kami. Untuk memenuhi jiwa kita. Kami memiliki suara hati yang memberitahu kami untuk menemukan dunia, kami sedang mencari petualangan, sensasi. Jadi kami mulai secara alami untuk membagikan perjalanan perjalanan kami 3 tahun yang lalu di Instagram, tetapi saat ini kami tidak tahu itu bisa menjadi bisnis. Kami mulai berbagi petualangan kami hanya untuk bersenang-senang, untuk menginspirasi orang-orang agar lebih sering bepergian dan berbagi cara hidup dan semangat kami!
Anda perlu mengidentifikasi passion Anda, dan bertanya pada diri sendiri mengapa Anda ingin berbagi tentang hal ini? Apakah Anda memiliki sesuatu yang baru dan berharga untuk disampaikan kepada orang-orang? Jika jawabannya ya, Anda mungkin harus membuka akun Instagram atau saluran Youtube! Ini bisa berupa akun perjalanan, kebugaran, mode, kecantikan, tetapi juga, makanan atau bahkan alam atau hewan! Itu pasti sesuatu yang benar-benar Anda sukai, yang merupakan bagian besar dari hidup Anda dan sesuatu yang harus Anda bagikan dengan dunia!
TEMUKAN NICHE ANDA
Ok, Anda sudah tahu bahwa pasar ini terlalu jenuh. Ada terlalu banyak orang yang membuat akun baru dan melakukan hal yang sama. Tempat yang sama, pakaian yang sama, dan seterusnya! Sayangnya, sulit untuk membuat tempat Anda di industri ini. Tetapi jika Anda memiliki sesuatu yang berbeda, segar, dan berharga untuk ditawarkan, Anda dapat benar-benar sukses! Ada tempat untuk semua orang yang memiliki sesuatu yang baru untuk ditawarkan!
Anda perlu menemukan niche Anda. Sekarang, menemukan bidang umum tidak relevan, ada terlalu banyak orang di pasar, Anda perlu menemukan ceruk. Ini adalah segmen yang lebih kecil di pasar. Temukan yang sesuai dengan kepribadian Anda! Misalnya dalam industri fashion, Anda dapat memilih secara alami untuk berada di niche street style atau mungkin lebih boho. Dalam perjalanan satu, Anda bisa pergi ke petualangan, sensasi, pulau tropis, negara oriental atau mungkin ke ceruk mewah. Ini harus menjadi ceruk yang menunjukkan kepribadian dan gaya hidup Anda yang terbaik!
Yang satu ini mungkin terdengar jelas tapi serius tidak ada rahasia sukses di industri ini, Anda harus menghasilkan konten yang berkualitas! Bagi saya, ini adalah kunci untuk dapat membangun audiens di sekitar hasrat yang sama. Instagram sangat kompetitif, jadi jika Anda ingin foto Anda dilihat, dibagikan, dan dihargai, Anda harus menghasilkan konten berkualitas tinggi! Ini berfungsi untuk foto, video, tetapi juga untuk cerita.
Tetapi Anda perlu tahu bahwa membuat konten profesional membutuhkan waktu dan membutuhkan untuk mengembangkan keterampilan nyata. Ini bukan tentang mengambil foto iPhone dan memasang filter Vsco di atasnya! Kecuali jika Anda sendiri sudah menjadi fotografer profesional, Anda harus menjadi seorang otodidak dan mempelajari segala hal tentangnya! Pada awalnya, Anda tidak perlu berinvestasi dalam peralatan mahal. Kamera yang Anda terima untuk ulang tahun Anda benar-benar oke untuk memulai fotografi! Yang paling penting ketika Anda memulai adalah memahami dasar-dasar fotografi. Maksud saya bermain dengan lampu, bayangan, atau sudut. Anda harus membaca posting kami tentang "Cara menyiapkan kamera dan mulai memotret"
Selain itu, Anda juga harus mempelajari cara memposting foto produk Anda, ini berarti cara mengeditnya. Anda harus belajar cara menggunakan perangkat lunak profesional seperti Lightroom, Photoshop, atau Premiere pro. Tentang topik ini, Anda dapat membaca posting ini tentang "Cara mengedit foto Anda dengan lightroom".
Juga, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan setiap hari untuk menjadi pembuat konten adalah terlibat dengan orang-orang yang memiliki hasrat yang sama! Anda tidak bisa hanya memposting foto dan menunggu. Anda harus menemukan orang-orang yang memiliki semangat yang sama dan menciptakan hubungan yang nyata dan tulus dengan mereka di sekitar nilai-nilai yang sama.
Menciptakan audiens dengan minat yang sama membutuhkan waktu, tetapi itu benar-benar bermanfaat dan memuaskan. Berbagi petualangan saya dengan komunitas saya luar biasa. Saya sangat beruntung memiliki komunitas perjalanan yang seperti keluarga! Karena kami berbagi hasrat yang sama untuk bepergian dan kami memiliki gaya hidup dan nilai yang sama, kami telah membangun hubungan yang nyata.
Sekitar topik yang sama, hadir secara online! Bagian yang lebih sulit adalah menghasilkan konten berkualitas tetapi pada saat yang sama hadir secara online sebanyak mungkin! Anda tidak dapat memposting hanya sekali seminggu dan berpikir itu cukup untuk menjadi pembuat konten dan mencari nafkah. Anda harus mencoba memposting setiap hari jika Anda bisa, atau setidaknya 5 kali per minggu. Selain itu, Anda harus terlibat setiap hari dengan komunitas Anda, pembuat konten lainnya, dan memposting cerita tentang kehidupan sehari-hari Anda. Ini adalah bagian yang sangat penting jika Anda ingin menjadi pembuat konten.
Juga, Anda harus teratur dan konsisten. Posting setiap hari, libatkan, hadir online, dan bersabarlah. Kami membutuhkan waktu 3 tahun untuk membangun komunitas dengan lebih dari 100 ribu pelancong. Dibutuhkan berjam-jam kerja, tidak ada akhir pekan, tidak ada liburan. Menjadi pembuat konten berarti mengejar impian Anda dan mulai menciptakan kehidupan yang Anda bayangkan.
Tetapi juga berarti melakukan banyak pengorbanan, baik dari segi waktu, tenaga dan uang. Anda harus berinvestasi banyak dalam proyek Anda dalam hal perlengkapan fotografi, dalam perjalanan Anda, dan sebagainya. Secara pribadi, kami pada dasarnya telah mengorbankan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan perjalanan selama beberapa tahun terakhir. Dan kami senang kami telah melakukannya! Itu sangat berharga.
Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling banyak muncul: bagaimana Anda bekerja dengan merek? Apakah Anda menghubungi mereka? Jadi, untuk menjawabnya, tidak ada aturannya tergantung. Ketika kami mulai menumbuhkan audiens kami, merek mulai menghubungi kami untuk berkolaborasi bersama. Tetapi Anda juga dapat menghubungi merek yang Anda sukai untuk bekerja sama dengan mereka! Ini bisa berupa kantor pariwisata, agen perjalanan, teknologi, fashion atau label kecantikan.
TAPI, BERPIKIR JANGKA PANJANG!
Selalu berkolaborasi dengan merek yang memiliki nilai nyata bagi audiens Anda! Jangan sampai salah menerima kerja sama hanya demi uang, meski banyak uang! Jika merek atau produk tidak memiliki nilai dan minat yang nyata, komunitas Anda akan melihatnya. Mereka tidak bodoh! Dan Anda benar-benar akan kehilangan legitimasi Anda. Jangan pernah menggunakan audiens Anda untuk menghasilkan uang dengan produk yang buruk. Saya yakin Anda tahu persis apa yang saya maksud! Anda sebaiknya berpikir jangka panjang dan berkolaborasi hanya dengan merek dan produk berharga yang benar-benar Anda yakini!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H