PENERAPAN VEKTOR PADA APLIKASI DESAIN GRAFIS
LATAR BELAKANG MASALAHÂ
Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur. Besaran terbagi menjadi dua macam yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai. Sedangkan besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Â Cntoh dari besaran skalar adalah Panjang, massa, suhu, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Contoh besaran vektor yaitu perpindahan, kecepatan, percepatan, dan gaya.
Vektor dapat dilambangkan dengan anak panah. Ujung anak panah menunjukan arah dan pangkal dari anak panah menunjukkan titik awal. Besar dan Panjang suatu vektor dapat dilihat dari Panjang atau pendeknya garis tersebut. Dalam matematika lambang dari vektor adalah suatu huruf yang di atasnya terdapat tanda panah ataupun dapat ditulis dengan cetak tebal.
Vektor  dalam kehidupan sehari -- hari dapat dilihat dari kegiatan terjun payung, kapal selam, pesawat terbang, perahu ketika menyebrang di tengah kuatnya arus sungai,  orang yang bermain jungkat -- jungkit, layang -- layang, sampai pada aplikasi desain grafis seperti corel draw dan Adobe Illustrator.
Dalam sains komputer, vektor digunakan sebagai grafis. Grafis adalah gambar yang ada di atas layer computer dan tersusun di atas koordinat -- koordinat X dan Y. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik -- titik dan garis dengan menggunakan rumus matematika tertentu.
Contoh aplikasi yang menerapkan vektor terbagi menjadi 2 yaitu aplikasi 2D dan 3D. Aplikasi dua dimensi yang menggunakan vektor yaitu corel draw dan Adobe Illustrator. Untuk aplikasi dua dimensi ini terdapat dua sumbu yaitu sumbu X dan Y. Sedangkan aplikasi tiga dimensi yang menerapkan vektor yaitu auto cad dan google sketch up. Sumbu yang digunakan oleh aplikasi tiga dimensi adalah sumbu X, Y, dan sumbu Tegak (3 Dimensional).
Di dalam aplikasi corel draw dan Adobe Illustrator kita sudah tidak perlu melakukan perhitungan matematikanya. Yang dilakukan pemakai pada Aplikasi -- aplikasi ini adalah hanya membuat suatu objek dengan tools yang ada. Seperti rectangle tool, polygon, dan circle.
Dalam aplikasi -- aplikasi tersebut terdapat penerapan matematika mengenai vektor seperti saat memperbesar, memperkecil bidang. Dalam mengatur ukuran bidang terdapat sumbu X untuk mengatur ukuran ke kanan dan kiri. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk mengatur ukuran ke atas dan ke bawah.
LANDASAN INOVASI DAN ISI
 JENIS -- JENIS VEKTOR
- Vektor Nol         : Suatu vektor yang memiliki Panjang nol dan tidak memiliki arah yang jelas
- Vektor Posisi       :  Vektor yang memiliki titik awal pada titik O (0,0) dan  ujungnya di satu titik tertentu selain titik O
- Vektor Satuan      : Suatu vektor yang panjangnya satu satuan
- Vektor Basis        : Suatu vektor yang memiliki satu satuan dan arahnya searah dengan sumbu koordinat