Mohon tunggu...
Purwanto (Mas Pung)
Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Guru - Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi | Sekolah Penggerak Angkatan 2 | Narasumber Berbagi Praktik Baik | Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022 Kategori Kepala SMA | GTK Berprestasi dan Inspirasi dari Kemenag 2023 I Penyuluh Agama Katolik Non PNS Teladan Nasional ke-2 tahun 2021 I Writer | Pengajar K3S KAJ | IG: masguspung | Chanel YT: Purwanto (Mas Pung) | Linkedln: purwanto, M.Pd | Twitter: @masguspung | email: bimabela@yahoo I agustinusp134@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Saya Sangat Galau dengan Kurikulum Merdeka Ini

27 Maret 2023   20:15 Diperbarui: 27 Maret 2023   20:19 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Saya sangat galau  dengan Kurikulum Merdeka ini. Saya dikasih dua buku oleh koordinator kurikulum. Kedua buku itu sangat berbeda isinya, padahal untuk kelas yang sama. Saya khawatir gimana nanti saat asesmen jika adasoal yang materinya belum saya ajarkan"

Ini adalah keluhan salah seorang guru ketika pendamping Sekolah Penggerak menanyakan apa kendala yang dihadapi pada saat menerapkan Kurikulum Merdeka. Kegalauan ini bisa menjadi potret kegalauan pendidik di Indonesia. Ungkapan pendidik ini membawa kami pada sebuah refleksi yang lebih mendalam terkait pentingnya belajar mandiri secara terus menerus.

Acuan Bukan Buku Melainkan Capaian Pembelajaran

Menanggapi kegalauan di atas, kita perlu kembali kepada paradigma baru pembelajaran di dalam Kurikulum Merdeka. Ketika Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, mencanangkan program Merdeka Belajar dengan meluncurkan Kurikulum Merdeka, salah satu hal penting adalah pembelajaran yang fleksibel.

Pembelajaran yang fleksibel ini bukan dalam arti mengajar dengan suka-suka pendidik. Melainkan sebuah konsep bahwa pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pada capaian pembelajaran yang diturunkan ke dalam tujuan pembelajaran.

Setiap satuan pendidikan, malah dalam satuan pendidikan yang sama, bisa saja tujuan pembelajarannya berbeda-beda pada fase dan bidang studi yang sama. Hal ini karena pembelajaran yang fleksibel dimaksudkan keluasan bagi pendidik untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Karena itu tidak mungkin memberikan materi yang sama untuk semua peserta didik pada fase yang sama di satu rayon/gugus. Buku yang berisi materi ajar, yang dihadirkan oleh penerbit, tidak bisa menjadi acuan. Acuannya adalah capaian pembelajaran yang diturunkan ke dalam tujuan pembelajaran. Dari deretan tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh pendidik, kemudian dicarilah sumber ajar yang akan digunakan. 

Bisa saja, secara ekstrem, pendidik tidak menggunakan buku pegangan untuk pembelajaran melainkan menggunakan banyak sumber ajar yang diperoleh dari internet. Idealnya malah seperti itu sehingga guru menyusun modul ajar. Inilah alasan kenapa sebaiknya modul ajar disusun oleh pendidik bukan menduplikasi modul ajar pendidik lain.

Modul ajar yang disusun oleh guru setelah merumuskan alur tujuan pembelajaran maksudnya agar pembelajaran menjadi sebuah proses belajar yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan atau perkembangan peserta didik.

Ketika pendidik masih menggunakan buku sebagai acuan untuk pembelajaran, sesungguhnya penerapan Kurikulum Merdeka belum terlasanakan sesuai dengan seharusnya. Di sinilah pentinya refleksi bersama di dalam komunitas belajar sekolah.

Ilustrasi gambar. Refleksi bersama dalam pendampingan manajemen office (Dok.Pri)
Ilustrasi gambar. Refleksi bersama dalam pendampingan manajemen office (Dok.Pri)

Prinsip Asesmen Terpadu

"Saya khawatir nanti kalau asesmen, ada soal yang materinya belum saya bahas" Ungkapan ini tidak akan terjadi dalam kenyataan ketika pendidik melakukan proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran. Karena asaesmen disusun untuk menilai capaian tujuan pembelajaran. Inilah prinsip terpadu dari asesmen. 

Asesmen menjadi satu siklus dengan pembelajaran. Ketika kita menempatkan asesmen sebagai bagian integral dari pembelajaran maka tidak akan terjadi persoalan lama, siswa mengerjakan soal yang materinya belum diajarkan oleh guru. Kenapa? Karena asesmen selain bertujuan untuk menilai capaian tujuan pembelajaran, asesmen juga memberi umpan balik bagi pendidik memperbaiki pembelajaran selanjutnya. Inilah yang disebut asesmen formatif.

Penutup

Refleksi dalam implementasi kurikulum merdeka menjadi aktivitas yang sangat penting. Refleksi ini bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana kurikulum merdeka sudah dterapakan, mengetahui kendala yang dihadapi para pendidik dan bagaimana tindaklanjut yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Refleksi bukan untuk mencari kesalahan pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka melainkan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Refleksi seperti ini biasanya dilakukan di dalam komunitas belajar sekolah yang pesertanya adalah semua pendidik seperti yang kami agendakan setiap bulan. "Jika Anda mau mengajar, Jangan Anda berhenti Belajar" Refleksi adalah bagian dari belajar bersama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun