Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Nominee Best in Opinion Kompasiana Awards 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

5 Etika Mengirim Tugas via Email ke Dosen, Mahasiswa Wajib Tahu!

17 Maret 2024   18:30 Diperbarui: 17 Maret 2024   18:33 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Email. (Sumber gambar: dokpri/Billy Steven Kaitjily)

Mengirim tugas via email ke dosen sudah menjadi kebiasaan mahasiswa di era modern ini. Selain menghemat waktu, mengirim tugas via email, juga dapat menghemat kertas.

Meskipun tampak sepele, mengirim email tidak sekadar soal attatch file dan mengisi alamat email dosen, terdapat etika tersendiri mengenai cara mengirim email kepada dosen.

Berikut ini, 5 etika mengirim tugas ke dosen via email yang wajib diketahui oleh mahasiswa. Yuk simak penjelasannya, agar kalian tidak melakukan kesalahan.

1. Gunakan Bahasa Formal

Aktivitas apapun, tidak pernah lepas dari pemakaian bahasa. Mengapa demikian, karena bahasa adalah cara manusia untuk menyampaikan informasi. Baik itu Bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

Saat kalian mengirim tugas ke dosen, pastikan bahwa, bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Mengapa harus formal, ini untuk menghargai dosen yang bersangkutan.

Perhatikan juga tata bahasa yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa atau belum. Jangan pernah menyingkat-nyingkat kata, karena kita tidak sedang mengechat teman.

2. Masukan Subjek

Langkah awal mengirim email adalah memasukan subjek. Kalian bisa mengisi dengan nama mata kuliah yang diampu oleh dosen bersangkutan.

Hal ini penting, supaya dosen yang bersangkutan dapat mengetahui dan membedakan tugas kalian dari email-email lainnya. Kalian tentu tidak mau kan artikel kalian diskip?

3. Sapa Dosen, Perkenalkan Diri, dan Sampaikan Tujuan

Setelah subjek email terisi, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian tubuh (body). Beberap hal yang perlu dilakukan, yaitu menyapa dosen dengan menyebutkan namanya, memperkenalkan diri kalian secara singkat, dan jelaskan bahwa, kalian sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen tersebut.

Yang tidak kalah penting adalah memberikan salam penutup. Ya, mirip ketika kita menulis surat.

4. Koreksi Kembali Sebelum Dikirim

Setelah mengisi bagian subjek dan bagian body, jangan langsung mengirimnya. Kalian harus memastikan kembali dengan mengecek file tugas tersebut sudah benar dan sesuai ataukah belum.

Saya pernah memeriksa email dari mahasiswa dan menemukan bahwa, mereka lupa memuat file tugasnya, sehingga harus mengirimnya ulang. Nah, supaya tidak lupa, kalian harus mengeceknya kembali sebelum dikirim ke dosen.

5. Melakukan Konfirmasi

Langkah yang terakhir adalah melakukan konfirmasi ke dosen yang bersangkutan via WhatsApp. Hal ini untuk memastikan bahwa, dosen telah menerima email dari kita.

Sebelum memberitahu ke dosen, pastikan dulu bahwa, kalian tidak menganggu waktu istirahatnya. Sebab, ada dosen yang tidak mau diganggu saat sedang beristirahat atau berlibur.

Ingat untuk tetap menggunakan bahasa yang formal.

Nah, itu tadi beberapa cara dalam mengirim tugas via email ke dosen yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun