Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis dan Narablog

Senang traveling dan senang menulis topik seputar Sustainable Development Goals (SDGs).

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Sudahkah Kita Menjadi Pelaku Ramah Anak?

13 Januari 2024   02:16 Diperbarui: 13 Januari 2024   02:44 270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ramah anak. (sumber gambar: pexels.com/Josh Willink)

Anak-anak, sering dianggap makhluk yang lucu dan imut. Meskipun lucu dan imut, selalu ada aspek "menganggu" dari kehadiran mereka.

Contoh, sebelum kami menikah dan pindah ke kontrakan, hidup kami tenang - jauh dari kebisingan anak-anak. Kami bebas belajar, tanpa diganggu anak-anak.

Tapi, sesudah menikah dan pindah ke kontrakan, hampir tiap hari kami dibuat pusing dengan kehadiran anak-anak tetangga.

Tetangga kami di sebelah kiri dan kanan memiliki anak. Kalau mereka sedang ngambek atau nangis, kami merasa terganggu.

Lalu, seiring berjalannya waktu, kami mulai terbiasa dengan anak-anak tetangga. Saya mulai menyapa dan mengajak mereka bermain.

Saya dipanggil om dan istri saya dipanggil tante. Sering, ketika kami berangkat atau pulang kerja, mereka menyapa kami.

Pernah sekali waktu, salah satu tetangga memarahi anaknya, lalu ketika anak tersebut melihat saya lewat, dia meminta tolong ke saya. Ya, begitulah kalau sudah akrab.

Dulu, saya sama sekali tidak peduli dengan istilah "ramah anak." Tapi, sekarang saya jadi peduli dengan ramah anak.

Apa yang dimaksud dengan "ramah anak"? Istilah ini, mungkin masih asing bagi beberapa orang. Teman saya, Jessica Layantara, dalam status Facebooknya menjelaskan "ramah anak" sebagai berikut.

Tidak membahayakan mental dan fisik anak, serta tidak mengancam hubungan anak dengan sesamanya (termasuk hubungan dengan orangtuanya yang paling dibutuhkan anak tersebut).

Kehadiran anak-anak tetangga itu, memang, "mengganggu" kenyamanan kami. Tapi, kami biarkan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun