Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis dan Narablog

Senang traveling dan senang menulis topik seputar Sustainable Development Goals (SDGs).

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Duh Ubi Bakar Cilembu Bikin Saya Ketagihan

6 November 2023   17:50 Diperbarui: 6 November 2023   17:57 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Duh ubi bakar cilembu bikin saya ketagihan. (sumber: dokpri/Ani Mulyani)

Kebutuhan karbohidrat tidak hanya didapatkan dari mengonsumsi nasi. Selain jagung dan sagu, mengonsumsi ubi juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat pada tubuh.

Salah satu ubi yang populer di Indonesia adalah ubi cilembu. Ubi cilembu atau biasa disebut ubi madu adalah salah satu jenis ubi jalar yang berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamuliah, Sumedang, Jawa Barat.

Ubi yang satu ini, terkenal sebagai menu makanan pilihan wisatawan di kawasan Puncak. Lucunya, beberapa kali saya ke Puncak, saya nggak pernah makan ubi bakar cilembu ini. Saya baru coba makan setelah kembali ke Jakarta. Ha-ha.

Nah, jadi tadi pagi tuh, saya nganter istri ke tempat bimbel di daerah PIK I. Kami datang dari arah Cengkareng, melewati Jl. Elang Laut. Di pinggir Danau Elang Laut, terparkir sebuah mobil pick up penuh dengan ubi cilembu.

Istri saya minta saya berhenti sebentar untuk beli ubi bakar cilembu. Saya sempat ragu, apa betul ubinya langsung dibakar di atas mobil?

Ternyata benar saja, ubinya sudah dipanggang di dalam oven dan dibungkus dengan kotak plastik. Harganya murah, cuma Rp 10.000 dapet 6 potong.

Setelah sampai di tujuan, istri saya mengambil dua potong, sisa 4 potong untuk saya. Buru-buru saya ke kantor untuk mencoba ubi bakar cilembu.

Gimana rasanya? Manis seperti madu dan lezat. Teksturnya lembut banget. Pokoknya bikin ketagihan deh. Lain kali harus beli banyak kali ya biar puas. Ha-ha.

Ubi bakar cilembu ini bisa kalian temui di pingir jalan. Kalian juga bisa memanggangnya sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah praktis untuk memanggang ubi cilembu.

1. Bersihkan ubi cilembu terlebih dahulu.

Langkah pertamanya adalah bersihkan ubi cilembu terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan sikat atau spons agar kotoran tanah yang melengket pada kulit ubi benar-benar bersih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun