Pada pertemuan minggu ke-6 mata Kuliah Teori Belajar. Kami mendengarkan presentasi kelompok mengenai NINE LEVELS OF LEARNING Robert Mills Gagne.
Gagn adalah seorang psikolog pendidikan Amerika yang terkenal karena " Conditions of Learning " -nya yang menjebatani antara teori kognitif dan teori behaviorisme.
Ide tersebut muncul saat Perang Dunia II, ketika Gagne bekerja dengan pilot di pelatihan Korps Udara Angkatan Darat. Gagne membagi kondisi belajar menjadi dua, yaitu:
1) Kondisi internal adalah keadaan dalam diri individu yang diperlukan untukmencapai hasil belajar.
2) Kondisi eksternal adalah rangsangan dari lingkungan yang mempengaruhi individu dalam proses pembelajaran. Kedua, kondisi eksternal ini oleh Gagne disebut "Gagne's Nine Levels of Learning".
Berikut tahapan-tahapan Gagne's Nine Levels of Learning:
Langkah pertama: Memberikan Perhatian (Gain Attention (Reception)). Langkah kedua: Menginformasikan Siswa Tentang Tujuan Pembelajaran (Inform Learners Of Objectives (Expectancy)).
Langkah ketiga: Dibangun Atas Pengetahuan Yang Telah Lalu (Stimulating Recall Of Prior Learning (Retrieval)). Langkah keempat: Menyajikan Pembelajaran Sebagai Rangsangan (Presenting The Stimulus (Selective Perception)). Langkah kelima: Memberi Panduan Belajar (Providing Learning Guidance (Semantic Encoding)).
Langkah keenam: Menampilkan Kinerja (Eliciting Performance (Responding)). Langkah ketujuh: Memberikan Umpan Balik (Providing Feedback (Reinforcement)). Langkah kedelapan: Menilai Kinerja (Assessing Performance (Retrieval)). Langkah kesembilan: Meningkatkan Retensi/Ingatan Dan Transfer Pengetahuan Enhancing (Retention And Transfer (Generalization)).
Setelah saya mempelajari 9 tingkat pembelajaran Gagne ini, saya mencoba menerapkannya dalam persekutuan remaja dengan tema Stay Healty (1 Korintus 6:12-20) dan tema fokus gereja pada bulan ini yaitu Bulan Keluarga.
Langkah pertama: saya mengajukan pertanyaan berapa kali dalam 1 minggu - 1bulan kita berolah raga, Kemudian pertanyaan berapa kali kita selama seminggu ini membaca Alkitab dan makan di atas jam 9 malam.
Langkah kedua saya menjelaskan apa itu tujuan dari Stay Healty yaitu bukan hanya memiliki tubuh yang sehat akan tetapi menjaga kesehatan tubuh itu adalah untuk memuliakan Tuhan(1Kor 6:19-20).
Langkah ketiga kilas balik singkat mengenai tema kotbah minggu lalu lalu menghubungkannya dengan minggu sekarang sehingga diharapkan dapat membentuk concept map bagi pendengar pentingnya menjaga kesehatan.
Langkah keempat menjelaskan dengan power point mengenai Stay Healty yang dibagi menjadi 4 yaitu physical health, mental health, social health, spiritual health.
Langkah kelima menjelaskan langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk stay healty dan memberikan referensi yang mendukung.
Langkah keenam diharpakan setelah mendengar ini para remaja dapat melakukan olah raga dan menjaga pola makan serta membaca Alkitab min 2 perikop per hari.
Langkah ketujuh meminta mereka menuliskan daftar olah raga apa yang akan mereka lakukan selama 1 minggu dan makanan apa yang tidak akan di konsumsi selama 1 minggu dan berapa pasal yang sudah di baca selama 1 minggu.
Langkah kedelapan setelah 1 minggu berlalu saya coba melihat daftar yang mereka buat dan ada yang melakukan olah raga, menjaga pola makan dan membaca Alkitab, serta ada juga yang tidak melakukannya.
Langkah Sembilan saya meminta kepada masing-masing remaja yang sudah melakukannya untuk membantu remaja yang belum melakukannya.
Mungkin langkah-langkah yang saya terapkan belum terlalu sesuai dengan 9 tingkat pembelajaran Gagne, akan tetapi dengan coba melakukan ini saya merasa lebih terstruktur dalam menyampaikan materi.
Apakah anda pernah mencoba menarapkan 9 tingkat pembelajaran Gagne ini? Bila pernah silahkan sharing pengalamannya di kolom komentar. Terimakasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H