Mohon tunggu...
Rina Pebriana
Rina Pebriana Mohon Tunggu... Buruh - Sang Buruh Aksara

Bidadari Alai Timur, "Kutemukan keindahan terhakiki dari rangkaian aksara. Cantiknya huruf membuai rasa bahagia, aku jatuh cinta."

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 | Tugas CGP Angkatan 8

25 Juli 2023   09:42 Diperbarui: 25 Juli 2023   21:14 2666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Pertanyaan untuk diskusi daring:

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video 1: Kurikulum berdiferensiasi dan strategi pembelajaran berdiferensiasi.

Kurikulum berdiferensiasi meliputi kebutuhan belajar melalui pemetaan yang terdiri dari kesiapan belajar, minat belajar, profil belajar murid.

Strategi pembelajaran berdiferensiasi:

a. Diferensiasi Konten

Kaitannya dengan materi ajar baik media konkret maupun media abstrak yang sesuai gaya belajar murid.

b. Diferensiasi Proses

Terkait dengan pemahaman murid dalam memaknai materi.

c. Diferensiasi Produk

Berkaitan dengan tagihan pembelajaran berupa hasil karya yang dapat dilihat wujudnya seperti karangan foto, tulisan, video, dll.

Video 2: Lingkungan Belajar Berdiferensiasi dan Tiga Perspektif Penilaian

a. Lingkungan berlajar berdiferensiasi adalah menciptakan komunitas yang nyaman, aman, merasa dihargai, merasa diterima, saling melindungi, saling mendukung, dan bertanggungjawab dalam mencapai keefektifan kesuksesan belajar.

b. Tiga perspektif penilaian: assessment for learning, assessment of learning, dan assessment as learning.

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

a. Pemetaan kebutuhan murid seperti kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid.

b. Strategi diferensiasi yang terdiri dari diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.

c. Pembelajaran berdiferensiasi.

d. Lingkungan belajar berdiferensiasi.

e. Tiga perspektif penilaian.

f. Strategi penilaian formatif.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

a. Mengimbaskan aksi nyata.

b. Menyusun RPP berdiferensiasi.

b. Assessment.

Karena membutuhkan waktu yang harus diluangkan benar-benar.

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana mengaplikasikan tiga perspektif ini dalam penilaian kinerja murid dengan tepat?

Kreator: Rina Pebriana

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun