Mohon tunggu...
BHITA CAHYA KIARA
BHITA CAHYA KIARA Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta

hobi menonton film dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tahap, Karakteristik, Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

1 November 2024   14:41 Diperbarui: 1 November 2024   17:15 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif yaitu peningkatan ukuran dan struktur. Anak tidak saja menjadi besar secara fisik, tapi ukuran dan struktur organ dalam tubuh dan otak meningkat. Akibatnya ada pertumbuhan otak, anak tersebut memiliki kemampuan yang lebih besar untuk belajar, mengingat dan berpikir (Elizabeth B. Hurlock).

Perkembangan berkaitan dengan perubahan kualitatif dan kuantitatif, yaitu perubahan-perubahan psikofisis yang merupakan hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi yang bersifat psikis dan fisik seperti emosional, kognitif, dan sosial pada diri anak secara berkelanjutan, yang ditunjang oleh faktor keturunan dan faktor lingkungan melalui proses maturation dan proses learning. Maturation berarti suatu proses penyempurnakan, pematangan dari unsur-unsur atau alat-alat tubuh yang terjadi secara alami. Proses learning merupakan proses belajar, melalui pengalaman pada jangka waktu tertentu untuk menuju kedewasaan (Drs. J. Agoes Achir).

Pertumbuhan dan perkembangan anak menurut Jean Piaget:

- Tahap Sensormotorik 0-2 Tahun

Pada saat ini anak mulai memahami sekitar melalui tindakan fisik dan Sensormotorik. Pada saat ini anak dapat menyerap pengetahuan dan pemahaman sebanyak 80%. Contoh: Anak memegang pasir, memegang benda benda sekitar dll.

- Tahap Praoperasional 2-7 Tahun

Pada saat ini anak butuh pengakuan diri (ego sentris) terhadap lingkungan sekitar dengan menggunakan simbol simbol dan bahasa untuk merepresentasikan ide atau kepemilikan anak tersebut. Contoh: Anak percaya bahwa benda mati memiliki perasaan dan niat. Misalnya, mereka mungkin berpikir bahwa boneka mereka merasa sedih jika ditinggalkan sendirian.

- Tahap Operasional Konkret 7-11 Tahun

Pada saat ini anak mulai mengerti untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan sebuah berdasarkan kategori tertentu. Selain itu anak dapat mengurutkan berdasarkan ukuran dan sifat tertentu. Contoh: Anak mengurutkan suatu mainan kayu dari yang terpendek hingga yang terpanjang.

- Tahap Operasional Formal 11 Tahun ke atas

Pada tahap ini anak mampu melakukan penalaran dan hipotesis. Anak mampu berpikir tentang konsep abstrak dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan situasi yang komplek. Contoh: Anak dapat bernalar dan menyelesaikan soal matematika yang kompleks dengan menggunakan konsep abstrak seperti variabel x dan y dengan menggunakan rumus.

Ada beberapa karakteristik pertumbuhan dan perkembangan psiko-fisik anak menurut Kartini Kartono dalam buku Psikologi Anak, yaitu :

a. Umur 1 - 6 tahun : kecakapan moral berkembang, aktivitas dan ruang gerak mulai aktif, permainan bersifat individu, sudah mengerti ruang dan waktu, bersifat spontan dan ingin tahu, warna mempunyai pengaruh terhadap anak, suka mendengarkan dongeng.

b. Umur 6 - 8 tahun : koordinasi psiko motorik semakin berkembang, permainan sifatnya berkelompok, tidak terlalu tergantung pada orang tua, kontak dengan lingkungan luar semakin matang, menyadari kehadiran .

alam disekelilingnya, bentuk lebih berpengaruh daripada warna, rasa tanggung jawab mulai tumbuh, puncak kesenangan bermain adalah pada umur 8 tahun.

c. Umur 8 - 12 tahun : koordinasi psiko motorik semakin baik, permainan berkelompok, teratur, disiplin, kegiatan bermain merupakan kegiatan setelah belajar, menunjukkan minat pada hal-hal tertentu, sifat ingin tahu, coba-coba, menyelidiki, aktif, dapat memisahkan persepsi dengan tindakan yang menggunakan logika, dapat memahami peraturan.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak, yaitu :

a. faktor sebelum lahir, misalnya kekurangan nutrisi pada ibu dan janin. Anak sebaiknya mendapatkan nutrisi yang cukup pada saat di dalam janin, dengan ibu bayi makan makanan yang bergizi.

b. faktor ketika lahir, misalnya pendarahan pada kepala bayi yang dikarenakan tekanan dari dinding rahim ibu sewaktu ia dilahirkan

c. faktor sesudah lahir, misalnya infeksi pada otak dan selaput otak.

d. faktor psikologis, misalnya dititipkan dalam panti asuhan sehingga kurang mendapatkan perhatian dan cinta kasih.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, yaitu :

a. faktor Genetika sejak lahir

b. faktor lingkungan yang memberikan pengaruh positif dan negatif

c. kematangan fungsi-fungsi organis dan psikis

d. kebebasan anak dalam memilih sehingga tidak adanya paksaan

Chandra, S. (2011). TINJAUAN TENTANG ANAK, PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI, IQ, EQ, CQ DAN KONSEP RUANG BAGI ANAK. Pusat Penitipan dan Pendidikan Anak Usia Dini di Yogyakarta, 9-12.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun