Mark Zuckerberg: "...Dan kami menyebutnya Metaverse. Anda akan dapat melakukan hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan, berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, membuat, ..., Anda akan merasa seperti berada di ruangan yang sama, melakukan kontak mata, ..."
Metaverse telah menjadi perbincangan hangat baru-baru ini seusai Mark Zuckerberg mengganti nama Facebook menjadi Meta dan menghabiskan dana 10 miliar dolar AS atau setara dengan 140 triliun rupiah untuk Metaverse.
Metaverse akan menjadi versi internet berikutnya dimana kita tidak hanya dapat melihat dan berinteraksi namun juga dapat bergerak bahkan merasakan. Ini layaknya seperti kehidupan manusia pada umumnya namun bedanya ini digital (tidak nyata). Di masa depan, kemungkinan besar orang akan banyak hidup di sana. Sehingga belakangan ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan terkenal yang sudah duluan membeli tanah (lapak) di Metaverse.
APA ITU METAVERSE ?
Metaverse adalah sebuah dunia digital tiga dimensi yang dimana kita bisa hidup di dalamnya dan dapat melakukan banyak hal yang biasa kita lakukan di dunia nyata seperti berkumpul, bermain, belajar, bekerja, dan masih banyak lagi. Intinya, kita bisa berinteraksi secara alami dengan apa pun, siapa pun, kapan pun, dan di mana pun kita berada walaupun melakukannya dari jarak jauh.Â
Metaverse mencakup pengguna dengan headset Oculus VR atau kacamata augmented reality. Akan ada banyak peralatan yang lain lagi yang harus kita gunakan untuk menuju kesempurnaan dunia digital ini.
Konsep Metaverse bisa Anda dapatkan melalui film-film terkenal, seperti salah satunya adalah Ready Player One. Film ini menceritakan tentang kehidupan manusia yang sangat bergantung dengan dunia virtual reality, fokusnya pada game yang bernama OASIS. Di dalam film tersebut, OASIS sangat menggambarkan Metaverse yang sesungguhnya. Di sana, pemain OASIS bisa bersentuhan bahkan menyerang, menerima atau merasakan serangan, mencari duit dengan menyelesaikan quest atau level permainan, berbelanja, menikah dan lain-lain terkecuali menghasilkan keturunan serta makan dan minum. Film ini mendapatkan review positif yang banyak dari para kritikus. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai cara kerja Metaverse.
Sebenarnya, konsep Metaverse sudah ada sejak lama dalam kehidupan kita namun bedanya kita masih memainkannya dalam genggaman. Konsep ini mengacu pada game bergenre MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang merupakan game bermain peran yang dimainkan oleh banyak pemain secara massal untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui sambungan Internet dan LAN.
Misalnya, Sandbox, Roblox, Minecraft, Fortnite, Dragon Nest, Ragnarok Online, Final Fantasy, Grand Theft Auto Online, Genshin Impact, PUBG, dan masih banyak lagi.
.
.
FITUR-FITUR YANG ADA DI METAVERSE
Berikut adalah fitur-fitur yang dapat Anda gunakan di Metaverse.
1. AVATAR
Avatar adalah karakter yang kita gunakan atau bisa dikatakan karakter yang merepresentasikan diri kita dalam bentuk 3D yang hidup di Metaverse. Ekspresi Anda dan gerakan Anda mencakup pada Avatar yang digunakan.
Di Metaverse, Anda dapat menyesuaikan tampilan atau fashion style Avatar Anda sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat membeli item-item tersebut dari Toko. Contohnya adalah baju, celana, sepatu, topi, dan lain-lain. Di sinilah kesempatan bagi perusahaan-perusahaan big brand untuk menjual barang-barang mereka ke dunia digital. Seperti Adidas dan Nike yang telah menjual sepatu, baju, dan celana mereka ke salah satu dunia digital yang sekarang yaitu Sandbox.
2. HORIZON HOME
Horizon Home adalah rumah Anda serta lingkungannya. Ini layaknya seperti dunia nyata. Kita dapat memilih atau membuat tanah sendiri seperti taman, kantor, tempat bermain, pantai, pegunungan, luar angkasa atau tempat manapun yang ingin dituju.Â
Anda dapat mendesain rumah Anda agar terlihat seperti yang Anda inginkan. Anda juga dapat membeli atau menjual tanah. Anda juga dapat memasang billboard (baliho/papan iklan) di tanah yang telah Anda beli.Â
Contohnya adalah salah satu perusahaan big brand yaitu LG Electronics yang memasang billboard serta barang-barang mereka ke salah satu game yaitu Fortnite.
3. KUMPUL BERSAMA
Fitur yang satu ini adalah fitur yang akan banyak disukai oleh pengguna, yaitu Kumpul Bersama (hang out). Kita dapat berkumpul bersama teman, keluarga, ataupun rekan kerja untuk meeting, berpesta, ataupun sekedar nongkrong bersama.
4. ENTERTAINMENT
Anda dapat menonton film, konser, mengunjungi galeri seniman ternama, dan yang lainnya bersama teman-teman Anda dalam kondisi real time.
5. GAME
Game adalah hiburan yang paling diminati oleh semua kalangan usia. Sehingga wajar saja game disebut sebagai industri hiburan terbesar sejauh ini.
Konsep game pada film Ready Player One sangat diimpikan oleh para gamer.
Ada satu proyek besar yang sedang dibuat oleh Meta di Metaverse. Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa proyek itu adalah game klasik Rockstar Games, yakni Grand Theft Auto: San Andreas yang sedang dalam pengembangan untuk Quest 2.
6. OLAHRAGA
Alih-alih game telah membuat tubuh menjadi aktif bergerak, Metaverse juga menyediakan fitur latihan kebugaran jasmani seperti bersepeda, berlari, sepak bola, basket, bulutangkis, senam, dan masih banyak lagi.
7. BEKERJA
Banyak dari kita yang bekerja di kantor yang jauh, sehingga itu membuat kita sulit untuk berinteraksi dengan rekan kerja secara efisien dan efektif. Metaverse menyediakan fitur yang dapat mengatasi semua permasalahan itu.
Bayangkan jika Anda bisa berada di kantor tanpa harus bolak-balik. Anda dapat mengenakan celana pendek favorit Anda tanpa harus malu. Anda juga dapat menyelesaikan pekerjaan Anda di tempat yang Anda inginkan agar terhindar dari gangguan dan memperoleh ketenangan. Anda juga dapat pergi lebih cepat untuk presentasi kerja/meeting tanpa kata terlambat. Akhir tahun ini, Meta berencana untuk memperkenalkan kustomisasi ruangan meeting, sehingga Anda dapat menempatkan logo dan poster Anda sendiri di ruang kerja Anda.
8. PENDIDIKAN
Di Metaverse, Anda dapat belajar banyak hal tentang apapun, dimanapun, bahkan kapanpun yang Anda mau. Anda dapat berteleportasi ke zaman kuno untuk mempelajari sejarah dunia.
Apabila Anda seorang siswa atau mahasiswa teknik mesin kendaraan, Anda dapat belajar manual servis untuk kendaraan dengan lebih hidup. Atau katakanlah Anda seorang mahasiswa kedokteran atau dokter, Anda dapat mempelajari teknik-teknik baru dalam pembedahan secara langsung dengan aplikasi Osso VR.
9. BISNIS
Semua fitur yang ada di Metaverse tentunya tidak lepas dari bisnis. Sebelumnya kita sudah sedikit membahas bagaimana perusahaan-perusahaan big brand melakukan bisnisnya di dunia digital. Selain Adidas, Nike, dan LG Electronics, ada banyak perusahaan-perusahaan big brand yang telah berencana untuk membuka bisnis di Metaverse.
Perusahaan-perusahan itu adalah sebagai berikut:
• McDonald's, perusahaan ini akan buka cabang restoran di Metaverse. Apakah bisa bikin kenyang?
• Gucci, perusahaan ini sudah pernah berkolaborasi dengan berbagai macam game dengan membuat pakaian digital yang dapat dibeli dan dipakaikan oleh karakter virtual (avatar), yaitu ZEPETO dan Roblox. Gucci berencana untuk masuk ke Metaverse.
• Samsung sudah lebih dulu dengan menggelar peluncuran ponsel Galaxy S22 melalui Metaverse pekan lalu.
• YouTube juga berencana mengembangkan blockchain dan metaverse tahun ini.
• TikTok
• Microsoft
• Google
• Epic Games
• Tencent
dan lain-lain.
Model bisnis di Metaverse: NFT, billboard, Pop-up iklan, Voxel, Konstruksi, Real Estate, Game, Pakaian, dan lain-lain.
METAVERSE MENJADI VERSI INTERNET BERIKUTNYA
Walaupun gagasan tentang Metaverse masih belum sepenuhnya ada, Mark Zuckerberg menjanjikan bahwa Metaverse akan menjadi penerus internet seluler di masa depan.
Lalu pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah siap untuk menyambut proyek terbesar ini?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H