Mohon tunggu...
Beta Alviana Febrianti
Beta Alviana Febrianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Hidup hanya satu kali jadilah orang yang berarti:)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Mufrodat Tentang Benda-Benda Bersama Peserta Didik di Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi

5 Januari 2022   23:27 Diperbarui: 6 Januari 2022   23:41 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Mufrodat Tentang Benda-Benda di Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi

Dalam pembelajaran bahasa Arab mufradat merupakan salah satu komponen bahasa yang wajib untuk diajarkan kepada peserta didik. Mufradat disebut dengan kumpulan kosa kata tentang bahasa Arab. Penguasaan mufradat yang banyak dan mumpuni akan menentukan seseorang, khususnya peserta didik dalam hal menggunakan bahasa itu sendiri. Salah satu diantara hal yang perlu dilakukan yaitu mengucapkan segala sesuatu yang ada di sekitar, seperti benda-benda. 

PMM UMM kelompok 71 gelombang 18 melakukan pembelajaran mufradat tentang benda-benda bersama peserta didik di Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi.  Pembelajaran mufradat tentang benda-benda yaitu, sebagai berikut :

1. Kitaabun = Buku

2. Baabun = Pintu

3. Syubbaakun = Jendela

4. Qolamun = Pensil

5. Qolamur roshoshi = Pensil

6. Sabbuurotun = Papan tulis

7. Maktabun = Meja

8.  Khizanatun = Lemari

9. Mirwahatun = Kipas Angin

10. Kursiyyunn = Kursi

Pembelajaran mufradat ini dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik sebagai berikut :

1. Mendengarkan mufradat 

Mahasiswa PMM UMM meminta peserta didik untuk mendengarkan mufradat yang diucapkan. Apabila unsur bunyi dari kata itu sudah dikuasai oleh peserta didik, selanjutnya peserta didik akan mampu mendengarkan dengan benar.

2. Mengucapkan kata secara berulang-ulang

Mahasiswa PMM UMM meminta peserta didik untuk  mengucapkan bacaan mufradat yang telah didengarnya. Pengucapan kata ini diharapkan agar peserta didik dapat melafalkannya dengan baik dan benar dari segi makhorijul huruf panjang pendeknya serta membantu peserta didik untuk menghafal mufradat karena mereka telah mengucapkannya secara berulang-ulang. 

3. Mendapatkan makna kata.

Mahasiswa PMM UMM mengindari terjemahan dalam memberikan arti mufradat kepada peserta didik, sehingga mahasiswa PMM UMM memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menebak arti dari mufrodat kata benda tersebut. 

Progam ini bertujuan untuk memperkenalkan kosakata baru kepada peserta didik, melatih peserta didik untuk dapat melafalkan kosa kata dengan baik dan benar karena dengan perafalan yang baik dan benar  akan mengatarkan peserta didik kepada kemahiran dalam berbicara dan membaca dengan baik dan benar serta dapat mengapresiasi dan memfungsikan mufradat itu dalam hal berekspresi lisan (berbicara). 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun