Model Pembelajaran STAR (Systematic Training for Achieving Results) adalah pendekatan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir tinggi pada peserta didik. Beryl Hamdi Rayhan, seorang Guru Biologi SMA di Surabaya menjelaskan bahwa STAR bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis melalui pelatihan yang terstruktur dan sistematis.
Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai Model Pembelajaran STAR:
1. Systematic Training
Definisi: Proses pelatihan yang terencana dan terorganisir dengan baik.
Implementasi: Menggunakan metode dan teknik yang teruji untuk mengajarkan keterampilan berpikir tinggi. Ini termasuk penggunaan strategi pengajaran yang dirancang khusus untuk memfasilitasi pemahaman mendalam, aplikasi, dan analisis.
2. Achieving Results
Definisi: Fokus pada pencapaian hasil yang konkret dan terukur.
Implementasi: Menetapkan tujuan spesifik yang ingin dicapai dalam pengembangan keterampilan berpikir tinggi. Hasil tersebut bisa berupa peningkatan kemampuan dalam analisis, sintesis informasi, dan penyelesaian masalah yang kompleks.
3. Training Components
Keterampilan Berpikir Kritis: Mengajarkan peserta didik bagaimana mengevaluasi informasi secara objektif, mempertanyakan asumsi, dan membuat keputusan yang didasarkan pada bukti.
Keterampilan Berpikir Kreatif: Membantu peserta didik dalam menghasilkan ide-ide baru, memikirkan solusi alternatif, dan melihat masalah dari berbagai perspektif.