Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menjaga Kehormatan

24 Maret 2023   17:10 Diperbarui: 24 Maret 2023   17:13 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perbaikan huruf miring (italic) pada buku Arsip Agustus. (Koleksi Pribadi)

Menjaga kehormatan memang bukan sekadar ucapan saja, tetapi harus diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Setiap orang harus mampu menjaga kehormatan masing-masing melalui tindak tanduk setiap saat, baik dalam perkataan maupun perbuatannya. Apalagi bila dalam dunia bisnis, menjaga kehormatan mutlak diperlukan. Seorang pengusaha yang tak dapat menjaga kehormatannya, dapat dipastikan bisnisnya tak bakal berjalan lancar, bahkan mungkin berhenti di tengah jalan.

Semua yang dituliskan di atas bukan sekadar catatan tanpa makna, tetapi berdasarkan pengalaman yang dialami. Sebagai konsumen, setiap kali berhubungan dengan pelaku usaha, maka yang bakal menentukan apakah sang konsumen akan lanjut bertransaksi dengan pelaku usaha itu, adalah bagaimana si pelaku usaha dapat menjaga kehormatannya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan menjaga kehormatan bagi seorang pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya? Pertama dan terutama adalah kejujuran. Hal ini menyangkut produk atau jasa yang ditawarkan pelaku usaha itu. Misalnya, sang pelaku usaha menjual dompet dari kulit imitasi, maka haruslah jujur mengatakan bahwa produknya itu terbuat dari kulit imitasi, bukan mengaku-ngaku sebagai produk dari kulit asli.

Demikian pula seorang pelaku usaha yang menawarkan jasa mereparasi atau membetulkan mesin, katakanlah memperbaiki mobil atau perangkat komputer. Dia juga harus dengan terbuka mengatakan berapa hari yang dijanjikan untuk menyelesaikan perbaikan itu. Bukan membohongi dengan mengatakan bahwa hanya perlu sehari untuk membetulkan, padahal dia sendri tahu kalau untuk memperbaiki seperti itu perlu paling sedikit waktu tiga hari untuk mengerjakan perbaikannya.

Lalu bagaimana kalau sudah mengatakan bahwa akan selesai tiga hari, ternyata tidak dapat dipenuhi, karena sesuatu hal seperti ada bagian mesin yang membutuhkan waktu lebih lama perbaikannya? Ini juga harus jujur dikatakan. Hubungi konsumen sesegera mungkin dan berikan penjelasan bahwa perbaikan terpaksa memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan. Namun si pelaku usaha juga harus jujur, jangan karena ingin mendahulukan untuk memperbaiki barang dari konsumen lain yang datang belakangan, malah membuat konsumen yang sudah lebih dulu tiba jadi di-belakang-kan.

Selain kejujuran, yang tak kalah penting adalah komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Misalnya, seorang konsumen memesan membuat grafir nama pada pulpen yang dibelinya, maka pengerjaan grafir itu juga harus dilakukan sebaik mungkin, sesuai contoh yang diperlihatkan kepada konsumen. Jangan dikerjakan asal-asalan, karena ingin cepat selesai saja.

Perbaikan buku dengan mencantumkan foto sampul milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Koleksi Pribadi)
Perbaikan buku dengan mencantumkan foto sampul milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Koleksi Pribadi)
Terkait komitmen itu, ada pengalaman pribadi baru-baru ini ketika menerbitkan naskah buku berjudul "Arsip Agustus". Ini bukan pertama kalinya saya menerbitkan buku secara indie. Namun, saya segera tertarik begitu datang tawaran dari Adi Sumarna yang saya sebut dengan panggilan Coach Adi, karena sesama professional trainer yang tergabung sebuah ikatan intruktur bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain sebagai trainer, Coach Adi juga mempunyai usaha penerbitan Pustaka Amma Alamia yang beralamat di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Ketertarikan saya adalah karena Coach Adi menjanjikan untuk membantu menerbitkan buku dengan ISBN (International Standard Book Number), yang sekarang tidak terlalu mudah didapatkan setelah Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga di Indonesia yang berwewenang mengeluarkan nomor ISBN itu memperketat pemberiannya.

Maka saya segera mengirimkan naskah buku untuk diterbitkan melalui penerbitan Coach Adi tersebut. Setelah melalui proses yang cukup memakan waktu, akhirnya nomor ISBN diperoleh dan buku diterbitkan. Saya mengharapkan agar buku dapat diterima sebelum 22 Februari 2023 yang merupakan Hari Baden-Powell, Bapak Pandu/Pramuka Sedunia, karena naskah buku itu banyak memuat catatan saya terkait dengan kepramukaan.

Sayangnya, sampai 14 Februari 2023, belum juga saya terima hasil penataan letak yang harus saya lihat sebelum dicetak. Bisa jadi juga karena Coach Adi sibuk, dan pegawainya lupa memberitahu beliau. Baru sehari kemudian, hasil penataan letak itu saya terima melalui WA. Saya hanya melihat sekilas, karena saya masih berharap bisa terbit pada sebelum 22 Februari 2023. Rencananya, buku itu akan saya bawa juga ke pertemuan Pramuka Asia-Pasifik di Maldives yang berlangsung 21 sampai 26 Februari 2023.

Namun, rupanya untuk mencetak buku dalam jumlah cukup banyak memerlukan waktu. Saya sudah berangkat ke Maldives, ketika orang di rumah memberitahu ada paket besar datang. Ketika pulang kembali ke Indonesia, ternyata paket besar itu berisi buku-buku Arsip Agustus dengan nomor ISBN 978-623-8156-05-4.

Perbaikan huruf miring (italic) pada buku Arsip Agustus. (Koleksi Pribadi)
Perbaikan huruf miring (italic) pada buku Arsip Agustus. (Koleksi Pribadi)

Saya segera membukanya, dan ternyata ada beberapa kesalahan yang terlewat saya periksa. Pertama, saya meminta untuk dicantumkan foto sampul milik siapa, yang belum dimuat. Kedua, banyak bagian yang seharusnya dicetak dengan huruf miring (italic) sesuai naskah aslinya, ternyata tercetak dengan huruf biasa. Ketiga penata letak ternyata menambahkan pula ilustrasi-ilustrasi grafis yang sebenarnya tidak perlu.

Saya segera menghubungi Coach Adi. Setelah mengucapkan permohonan maafnya, Coach Adli langsung mengatakan siap mengganti dan mencetak ulang sesuai permintaan saya. Begitulah, seminggu kemudian buku-buku baru yang sudah benar cetakannya, tiba di rumah saya. Saya tak perlu membayar tambahan biaya apa pun. Coach Adi memang menunjukkan sikap pengusaha yang menjaga kehormatannya dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun