Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Freelancer - Mamanya si Ganteng

Nomine BEST In OPINION Kompasiana Awards 2022, 2023. Salah satu narasumber dalam "Kata Netizen" KompasTV, Juni 2021

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

4 Alasan Lebih Nyaman Berbelanja di Pasar Swalayan daripada Pasar Tradisional

10 Januari 2023   10:55 Diperbarui: 10 Januari 2023   16:41 1906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Shutterstock via Kompas.com) 

Kegiatan berbelanja kebutuhan rumah tangga bisa dilakukan di mana saja, di warung sebelah, pasar tradisional, ataupun di pasar swalayan. 

Buat setiap rumah tangga, berbelanja kebutuhan dapur juga kebutuhan rumah tangga merupakan sebuah rutinitas. Aktivitas ini harus dijalani setiap hari atau dalam beberapa hari sekali, atau mungkin juga dalam beberapa minggu sekali. 

Saya sendiri memiliki pilihan tempat berbelanja yang cukup banyak. Untuk kebutuhan bahan pangan basah setiap hari, seperti ikan, daging ayam, sayur, dan buah-buahan, saya tidak pusing. Banyak warung bertebaran di kawasan pemukiman tempat tinggal saya. Warung-warung tersebut meski hanya berskala rumahan, menyediakan bahan pangan segar yang cukup lengkap. 

Lain halnya bila kebetulan saya membutuhkan bahan pangan basah dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, dan variannnya beraneka ragam, saya akan lari ke pasar tradisional atau ke pasar swalayan. Keduanya berlokasi tidak jauh dari rumah. 

Sementara untuk kebutuhan bahan pangan kering dan kebutuhan rumah tangga lainnya, saya lebih suka berbelanja di pasar swalayan daripada pasar tradisional. 

Kebetulan, pasar swalayan tempat saya rutin bersambang, menyediakan ragam kebutuhan rumah tangga yang cukup lengkap. Bahan pangan baik kering maupun basah, segala macam kebutuhan rumah tangga, peralatan dapur, pakaian, sepatu, sandal, alat make up, produk perawatan kulit, kebutuhan sekolah hingga mainan anak tersedia di pasar swaakayn ini. 

Tidak hanya itu, pilihan saya ke pasar swalayan ini juga karena harga barang-barang yang dijual di sana, tidak ada bedanya dengan harga barang di pasar tradisional, bahkan sering kali lebih murah. 

Kalau ditanya, mana yang lebih nyaman antara berbelanja di pasar tradisional atau di pasaran swalayan, jujur saya akan katakan, buat saya, lebih nyaman berbelanja di pasar swalayan.

Namun, menang harus jeli memilih swalayan yang harga barangnya tidak berbeda dengan harga barang di pasar tradisional. 

Bersih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun