Media Relation merupakan kegiatan HUMAS untuk menjalin hubungan yang baik kepada media massa. Media relation merupakan kegiatan menjalin hubungan/relasi dengan media massa, wartawan atau pers untuk menjalin kerja sama atau hubungan baik oleh suatu organisasi, yang nantinya akan berpengaruh pada pemberitaan atau massage dalam media massa itu sendiri untuk menjaga kesan positif dari suatu organisasi yang dinaunginya.
Aktifitas melaksanakan hubungan media:
1. Kunjungan Media
2. Konferensi Pers
3. Pertemuan Media
4. Pemantauan Media
5. Pengarahan Media
6. Press Workshop
7. Media Clipping
Standar cara kerja public relation mencakup:
1. Pengumpulan fakta
2. Perencanaan dan penyusunan program
3. Melakukan rencana dengan tindakan komunikasi
4. Merumusakan permasalahan menurut hasil penelitian atau kajian
5. Evaluasi seluruh rangkaian kegiatan dan program public relation
Manfaat dari media relation sebagai berikut:
1. Membngun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa.
2. Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip menghormati dan menghargai, kejujuran serta kepercayaan.
3. Penyampaian/perolehan informasi akurta, jujur dan mampu memberikan pencerahan bagi publik.
Media relation adalah bagian dari PR yang berfokus kepada hubungab terhadap media untuk melkaukan publisitas atau merespon kepentingan organisasi.
Fungsi Media Relation
1. Menaikkan citra perusahaan.
2. Menolong perusahaan keluar dari isu negatif.
3. Menaikkan hubungan dari berbagai publik.
4. Menaikkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
5. Menciptakan image positif suatu perusahaan dimata masyarakat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI