Ruang Lingkup Public Relation saat ini semakin luas dan melibatkan banyak aspek yang berbeda. Public Relation tidak hanya diperlukan pada instansi, organisasi atau perusahaan, melainkan juga diperlukan pada individu. Ketika berinteraksi dengan masyarakat, saat itulah peran PR diperlukan.
Pada era globalisasi saat ini, banyak sekali perubahan yang telah terjadi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, bagaimana cara perusaan mampu menghadapi perubahan-perubahan tersebut.
Perubahaan juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena agar perusahaan dapat lebih berkembang. Dengan demikan, perusahaan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berjiwa inspiratif dan kreatif dalam menghadapi tantangan.
Perusahaan yang memiliki Public Relation dapat meminimalkan terjadinya ketegangan baik didalam perusahaan maupun diluar. Oleh karena itulah perusahaan harus senantiasa menjaga hubungab dengan public internal maupun eksternal.
Pengertian Public Relation
Public Relation adalah interaksi dalam menciptakan opini publik yang akan menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan suatu profesi yang cukup penting dalam mencapai tujuan organisasi dengan tepat dan secara terus menerus.
Public Relation bertujuan untuk menanamkan keinginan baik, menumbuhkan kepercayaan dan citra yang baik untuk suatu perusahaan.
Media Komunikasi Public Relation
1. IklanÂ
2. Internet
3. Media Cetak
4. Fotografi
5. Pers
Etika dalam kegiatan Public Relation
1. Menyampaikan komunikasi dengan bauk untuk public internal maupun eksternal.
2. Jujur.
3. Menjaga etika ketika berkomunikasi atau berinteraksi.
4. Memberikan reward untuk karyawan.
5. Mampu memberikan keputusan dengan pertimbangan yang bijaksana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H