Search Engine Optimization (SEO) merupakan sesuatu yang harus dikuasai di era digital in khususnya di binsis e-commerce. Pasalnya, agar produk yang ditawarkan dapat muncul di halaman pertama pencarian Google, pebisnis e-commerce harus bisa memanfaatkan SEO dengan baik. Oleh karena itu, Jill Kocher Brown selaku penulis dan expert di bidang SEO di Chicago pun memberikan tipsnya.
Analisis Keyword
Menurut Jill, yang harus dilakukan pertama kali adalah meriset tentang keyword yang sering digunakan. Idenya adalah untuk memahami pasar untuk kata kunci dan apa yang dicari konsumen terkait dengan penawaran Anda serta berapa jumlahnya. Kemudian gunakan informasi tersebut untuk mengukur kinerja penelusuran organik saat ini dan mengidentifikasi sasaran yang dapat dicapai.
Analisis Kinerja 2018
Selanjutnya, ukur kinerja hingga saat ini untuk 2018 dibandingkan dengan 2017. Sebagian pengukuran akan berada di Google Search Console, melihat kata kunci yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dibandingkan dengan riset kata kunci Anda. Ini adalah kinerja dasar Anda. Gunakan untuk menentukan sasaran yang masuk akal, serta untuk mengetahui kapan Anda mencapai sasaran tersebut.
Jangan terlalu terpaku pada angka pastinya, Google memperkirakannya di Keyword Planner. Anda mencari panduan kasar untuk kinerja saat ini agar memiliki sesuatu untuk mendasari sasaran Anda.
2019 adalah Tujuan
Langkah pertama untuk menciptakan strategi adalah memahami apa yang ingin Anda capai. Tanpa tujuan, strategi tidak memiliki arah. Oleh karena tu, di tahun 2019 Anda harus menyadari betul apa tujuan dari bisnis e-commerce Anda. Untuk mencapai tujuan, Anda bisa menggunakan kerangka S.M.A.R.T.
Specific/Spesifik
Anda harus tahu apakah yang sebenarnya ingin Anda capai, seperti meningkatkan kinerja, meningkatkan pendapatan, dll. Yang harus diperhatikan adalah apakah tujuan Anda spesifik dengan SEO itu.
Measurable/Terukur
Bagaimana Anda akan tahu jika Anda mencapainya? Tujuan membutuhkan tolak ukur untuk mengukur kemajuan.Â
Achievable/ Dapat Diraih
Apakah tujuan Anda mungkin atau dapat diraih? Ada garis tipis antara menetapkan sasaran yang mendorong Anda untuk meraih lebih banyak dan menjadikannya begitu tidak mungkin sehingga akan mengalami kemerosotan.
Relevant/Relevan
Apakah itu penting? Tujuannya perlu memiliki hubungan yang bermakna dengan profitabilitas. Pastikan sasaran berdampak langsung pada kinerja situs Anda.
Time-Bound
Dibatasi waktu. Kapan Anda akan mencapai tujuan Anda? Tujuan tanpa jangka waktu tidak mengandung urgensi.
Menggunakan metode S.M.A.R.T., dapat bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari traffic pencarian alami pada 2019 hingga 10 persen di atas 2018 pada e-commerce.
Menentukan Strategi SEO
Anda sekarang tahu di mana letak permintaan kata kunci dan bagaimana Anda melakukannya. Anda tahu apa yang ingin Anda capai. Strateginya hanyalah sebuah pernyataan tentang bagaimana Anda akan mencapai tujuan tersebut.
Itulah tips untuk membuat SEO lebih baik di 2019. Dengan mengetahui tips tersebut, tentu memulai bisnis e-commerce bukan hal yang mustahil dan sulit lagi. Apalagi sudah ada platform Emposh yang menyediakan website dan aplikasi bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis e-commerce, namun tidak mengetahui masalah pemrograman. Selain itu, Emposh merupakan white label e-commerce dan anak perusahaan dari PT Hensel Davest Indonesia (HDI).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H