Tugas memasarkan buku bukan tanggung jawab penerbit buku semata. Apalagi, penerbit terus mengeluarkan produknya secara berkala sehingga tak bisa melakukan marketing secara pukul rata. Salah satu kontribusi yang bisa dilakukan penulis dalam sebuah sistem marketing adalah promosi melalui media sosialnya.
Berikut beberapa hal strategis saat promosi buku di media sosial yang biasa saya lakukan:
Buat Konten MenarikÂ
Bagikan konten yang menarik dan relevan terkait dengan buku kita. Ini bisa berupa cuplikan menarik, kutipan inspiratif, ilustrasi, atau gambar yang terkait dengan tema buku.
Gunakan Visual yang MenarikÂ
Posting dengan gambar atau grafis yang menarik cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian. Pastikan gambar tersebut berkaitan dengan isi buku dan mampu menyampaikan pesan dengan jelas.
Tagar yang RelevanÂ
Gunakan tagar yang relevan dengan tema buku agar postingan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang tertarik pada topik tersebut.
Buat Video PendekÂ
Buat video pendek yang menjelaskan tentang buku, proses penulisan, atau bahkan membaca cuplikan bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian pengguna media sosial. Pelajari cara mengedit foto yang bisa mengesankan pembaca.
Adakan Kontes atau GiveawayÂ
Adakan kontes atau giveaway di media sosial dengan syarat-syarat yang melibatkan interaksi dengan buku kita, seperti berbagi postingan, mengajukan pertanyaan, atau mengungkapkan pendapat tentang tema buku.
Berinteraksi dengan Pembaca
Balas komentar dan pesan dari pembaca dengan ramah. Jalin interaksi dengan mereka, baik dalam hal pujian, pertanyaan, atau tanggapan terhadap buku kita.
Jadwalkan Posting dengan Tepat
Gunakan alat jadwal posting untuk memastikan konten  diposting pada waktu yang tepat, ketika audiens  paling aktif di platform tersebut.
Berbagi Ulasan dan RekomendasiÂ
Jika  menerima ulasan positif atau rekomendasi dari pembaca atau pihak lain, berbagilah di media sosial. Ini dapat memberikan bukti sosial bahwa buku kita sungguh layak dibaca.
Ceritakan Proses Penulisan
Berbagi cerita tentang proses penulisan, tantangan yang kita hadapi, dan inspirasi di balik buku dapat membuat audiens merasa lebih terhubung dengan karya kita.
Gunakan Berbagai PlatformÂ
Manfaatkan berbagai platform media sosial yang sesuai dengan audiens target kita, seperti Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, atau TikTok.
Lakukan promosi di media sosial ini secara konsisten, kreatif, dan autentik dalam pendekatan promosi kita, agar dapat membangun komunitas yang tertarik pada buku kita di media sosial.
Salam literasi!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H