Komunitas belajar adalah kelompok orang yang berkumpul dengan tujuan bersama untuk saling belajar, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan. Dalam komunitas ini, anggotanya dapat saling mendukung, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam proses pembelajaran. Komunitas belajar bisa terbentuk di berbagai konteks, seperti di sekolah, tempat kerja, atau bahkan secara online. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan individu maupun kelompok.
Materi : Pembentukan dan Optimalisasi Komunitas Belajar di SMKN 70 Jakarta
Pembicara : Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.
Tempat : SMKN 70 Jakarta, Di ruang Resto
Untuk Kelompok Orange ini memperestasikan tentang pemanfaatan aplikasi menggunakan AI untuk Guru,
kelompok Hijau membahas tentang Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Keberagaman di Kelas. Kualitas pembelajaran di sekolah sering kali menghadapi tantangan dalam merespons keberagaman kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar peserta didik. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi kemampuan kognitif, minat, motivasi, maupun latar belakang sosio-kultural. Pendekatan pembelajaran tradisional yang bersifat seragam tidak mampu mengakomodasi keberagaman ini, yang pada akhirnya berdampak pada kurang optimalnya perkembangan potensi peserta didik. RPP berdiferensiasi bertujuan untuk menjawab tantangan keberagaman di kelas dengan merancang proses pembelajaran yang fleksibel dan adaptif. Pembelajaran diferensiasi memungkinkan guru untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda melalui variasi strategi, materi, dan penilaian, sehingga setiap siswa dapat belajar dengan cara yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.
kelompok biru Sosialisasi model pembelajaran PBL. Problem based learning adalah suatu pembelajaran yang berbasis dengan sebuah metode untuk memperkenalkan peserta didik terhadap suatu kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas. Peserta didik diminta untuk mencari solusi mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi dalam proses pembelajaran.
kelompok  3 dengan  Menguatkan Kemampuan Guru dalam Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran Oleh Guru suatu kegiatan perenungan kembali proses pembelajaran yang telah berlangsung di kelas. Kegiatan ini dapat guru lakukan untuk membantu melakukan evaluasi pada proses pengajaran di kelas, membantu mengonfirmasikan pencapaian siswa, dan nantinya dapat menjadi bahan perbaikan guru kalau terdapat kekurangan dalam pembelajaran. Â
Manfaat kegiatan ini menurut  bapak/ibu .  Â
Menurut Guru PAI Sholeh : Terima kasih kegiatan komunitas belajar, ini sangat bagus sekali untuk meningkatkan kualitas kita sebagai guru dan juga meningkatkan pembelajaran di kelas dan di lingkungan kelas itu sangat bagus karena ini adalah suatu pembekalan diri supaya lebih meningkat kedepannya dan lebih terarah lagi fokus pada murid atau Fokus kepada siswa
Menurut Fazrin : Menurut saya hasil materi yang diberikan oleh pak Rahmat itu sangat bagus ya dengan tema pembentukan dan optimalisasi komunitas belajar ya kita juga sudah diarahkan oleh beliau dengan membuat kelompok-kelompok kecil dan isi kita pun sudah mempraktekkan bagaimana optimalisasi komoditas belajar dan dengan materi yang sudah diberikan kita sebagai guru akhirnya menambah wawasan lagi bahwa ternyata yang harus ditingkatkan itu adalah kreativitas dari guru maupun dari peserta didik ya karena menurut penelitian yang sudah disampaikan kreativitas itu presentasinya lebih besar ketimbang pengetahuan seperti itu
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H