Komunitas belajar adalah kelompok orang yang berkumpul dengan tujuan bersama untuk saling belajar, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan. Dalam komunitas ini, anggotanya dapat saling mendukung, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam proses pembelajaran. Komunitas belajar bisa terbentuk di berbagai konteks, seperti di sekolah, tempat kerja, atau bahkan secara online. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan individu maupun kelompok.
Materi : Pembentukan dan Optimalisasi Komunitas Belajar di SMKN 70 Jakarta
Pembicara : Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.
Tempat : SMKN 70 Jakarta, Di ruang Resto
Untuk Kelompok Orange ini memperestasikan tentang pemanfaatan aplikasi menggunakan AI untuk Guru,
kelompok Hijau membahas tentang Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Keberagaman di Kelas. Kualitas pembelajaran di sekolah sering kali menghadapi tantangan dalam merespons keberagaman kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar peserta didik. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi kemampuan kognitif, minat, motivasi, maupun latar belakang sosio-kultural. Pendekatan pembelajaran tradisional yang bersifat seragam tidak mampu mengakomodasi keberagaman ini, yang pada akhirnya berdampak pada kurang optimalnya perkembangan potensi peserta didik. RPP berdiferensiasi bertujuan untuk menjawab tantangan keberagaman di kelas dengan merancang proses pembelajaran yang fleksibel dan adaptif. Pembelajaran diferensiasi memungkinkan guru untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda melalui variasi strategi, materi, dan penilaian, sehingga setiap siswa dapat belajar dengan cara yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.
kelompok biru Sosialisasi model pembelajaran PBL. Problem based learning adalah suatu pembelajaran yang berbasis dengan sebuah metode untuk memperkenalkan peserta didik terhadap suatu kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas. Peserta didik diminta untuk mencari solusi mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi dalam proses pembelajaran.
kelompok  3 dengan  Menguatkan Kemampuan Guru dalam Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran Oleh Guru suatu kegiatan perenungan kembali proses pembelajaran yang telah berlangsung di kelas. Kegiatan ini dapat guru lakukan untuk membantu melakukan evaluasi pada proses pengajaran di kelas, membantu mengonfirmasikan pencapaian siswa, dan nantinya dapat menjadi bahan perbaikan guru kalau terdapat kekurangan dalam pembelajaran. Â