Mohon tunggu...
Benedictus Adithia
Benedictus Adithia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Ben mendefinisikan dirinya sebagai multiplatform storyteller, mencoba mengemas sebuah isu menjadi laporan mendalam berbasis jurnalistik menggunakan pendekatan informasi data sumber terbuka. Follow me on Instagram: @benedictus._

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Artikel Utama

Gimana Pengalaman Saya Diperbolehkan Menggunakan AI untuk Tugas dan Ujian?

29 Oktober 2023   16:43 Diperbarui: 30 Oktober 2023   07:56 1094
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penggunaan AI ChatGPT. (Pexels/Matheus Bertelli)

Penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pendidikan telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir. 

Terdapat pandangan konservatif akan kemunculan AI di kalangan para dosen. Namun, ada sedikit kisah menarik dari pengalaman saya baru-baru ini saat mengerjakan UTS.

Dalam kasus saya, beberapa dosen telah mengizinkan penggunaan AI dalam ujian dan tugas dengan sejumlah syarat yang harus dipatuhi. 

Alih-alih melarang AI sepenuhnya, dosen saya berpendapat bahwa AI memiliki potensi untuk memberikan manfaat besar jika diatur dengan baik.

Mereka yang setuju dengan penggunaan AI juga berpandangan bahwa mau tidak mau, suka tidak suka AI akan terus berkembang dan jika kampus tidak beradaptasi, maka penggunaan AI oleh mahasiswa malah tidak bisa dikontrol nantinya.

Dalam tulisan ini, saya akan membahas beberapa sudut pandang tentang penggunaan AI dalam pendidikan, serta kebijakan yang diterapkan oleh dosen saya.

Syarat Penggunaan AI dalam Pendidikan

Meskipun terdapat banyak manfaat dari penggunaan AI dalam pembelajaran, dosen saya tetap menerapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi. 

Saya rasa dosen ini merupakan dosen yang melek teknologi. Menurut saya keputusan ini adalah pendekatan yang bijak, karena AI, seperti semua teknologi, dapat disalahgunakan jika tidak diatur dengan benar.

Jadi, alih-alih melarang atau demonstrasi untuk menghilangkan AI dosen saya menerapkan beberapa persyaratan.

Berikut adalah beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh dosen saya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun