Mohon tunggu...
Wulan Setyawati Hermawan
Wulan Setyawati Hermawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

choose to grow, self. 🌼

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Rahasia Keberhasilan Menantea, Buka 125 Toko di Masa Pandemi

1 Desember 2021   09:00 Diperbarui: 1 Desember 2021   12:33 14424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: instagram.com/menantea.toko

Pengelolaan Instagram Menantea Toko memiliki pengaruh kuat terhadap penjualannya. Mengadopsi konsep kedai teh yang unik dan dekat dengan konsumen membuat Menantea berhasil membuka 125 cabang hanya dalam waktu tujuh bulan di masa pandemi.

Bagi kamu pecinta minuman teh, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Menantea. 

April 2021 silam, di tengah pandemi Covid-19, Menantea Toko resmi dibuka. Pemilik dari kedai teh ini adalah Youtuber Jerome Polin dan kakaknya, Jehian Panangian. Cerita dibalik terbentuknya Menantea cukup menarik hati masyarakat Indonesia.

Awalnya, Jerome meminta kepada kakaknya untuk membuka sebuah toko. Hal ini didukung dengan Jerome yang meminta para pengikutnya di Instagram untuk mengirimkan pesan dukungan untuk membuka toko ke nomor WhatsApp milik Jehian. Antusiasme dari masyarakat membuat kakak-beradik ini berupaya merealisasikan toko pertama mereka.

Perlu diketahui, kala itu Jerome dan Jehian berada di negara yang berbeda. Jehian berada di Indonesia, sedangkan Jerome sedang mengenyam pendidikan di Negeri Sakura. Media sosial menjadi jembatan komunikasi antara kayak-beradik ini.

Instagram Menantea

Sumber: instagram.com/menantea.toko
Sumber: instagram.com/menantea.toko

Dalam membangun Menantea, Jerome dan Jehian memanfaatkan Instagram dan membuat akun dengan nama @menantea.toko. Akun tersebut dikelola langsung oleh Jerome dan Jehian. Lucunya nama “Menantea” bukanlah brand yang telah dikenalkan, melainkan berarti menanti atau menunggu toko yang akan dibuka.

Sebelum resmi dibuka, dalam satu hari akun @menantea.toko telah mencapai 100 ribu pengikut. Keterbukaan dengan masyarakat dan storytelling yang disampaikan menjadi salah satu rahasia dan daya tarik dari brand.

Menantea juga memiliki panggilan khusus untuk admin sekaligus pengikut yang membedakan dengan toko lainnya.

Admin dari Menantea Toko kerap dipanggil dengan “Mintea”. Jerome sendiri disebut sebagai “Mintea 1”, sedangkan Jehian sebagai “Mintea 2”. Adapun panggilan untuk pengikutnya adalah “Neteazen”, dan admin lain dipanggil sebagai “Minteabaru”.

Dengan memanfaatkan Instagram, masyarakat menjadi lebih aware dengan brand Menantea. Hal ini mengingat masyarakat yang semakin akrab dengan media sosial dan banyaknya pengguna Instagram aktif di Indonesia. 

Selain akun @menantea.toko, Menantea juga memiliki akun lain yang disesuaikan berdasarkan daerah keberadaannya, seperti @menantea.toko.diyogyakarta, @menantea.toko.ntb, dll. Adanya akun untuk setiap daerah membantu calon konsumen untuk menuai informasi secara lebih rinci, mengingat Menantea memiliki begitu banyak cabang.

Antusias masyarakat yang tinggi, membuat Menantea berhasil membuka 125 toko di seluruh penjuru Indonesia hanya dalam kurun waktu tujuh bulan saja (April-November). 

Bio Instagram dari @menantea.toko juga informatif dengan memberi tahu terkait lokasi toko Menantea yang dapat diperoleh dengan melihat following dari akunnya. 

Penggunaan hashtag yang dilakukan oleh Menantea juga menjadi salah satu cara membangun awareness masyarakat. #TehBuahPalingEnak menjadi brand identity dari Menantea Toko. Adapun #SelaluMenantea menunjukkan kehangatan antara toko dan konsumennya.

Hashtag digunakan oleh Menantea pada setiap unggahan di feeds Instagramnya.

Untuk melihat lebih lanjut rahasia keberhasilan Menantea, yuk intip pengelolaan media sosial mereka!

Highlight Instagram

Sumber: instagram.com/menantea.toko
Sumber: instagram.com/menantea.toko

Highlight merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna Instagram menyimpan cerita yang telah dibagikan sebelumnya. Dalam kata lain, highlight menjadi gudang memori yang dapat disusun dengan rapi oleh pemilik akun.

Informasi yang disampaikan di highlight penting untuk diperhatikan karena menjadi perhatian utama ketika mengakses profil, karena berada di bagian atas laman Instagram.

Menantea Toko mencantumkan begitu banyak highlight pada profil Instagramnya. Konten yang disajikan begitu beragam dan informatif, mulai dari sejarah, informasi franchise, promo, menu, kontak untuk komplain, quiz dan games, review dari Neteazen maupun influencers, dan sebagainya.

Secara keseluruhan, pengelolaan highlight dari @menantea.toko begitu informatif, menarik, dan membantu calon konsumen. 

Feeds Instagram

Sumber: instagram.com/menantea.toko
Sumber: instagram.com/menantea.toko

Hingga saat ini, @menantea.toko telah mengunggah 142 postingan. Sekilas, konten yang diunggah oleh Menantea Toko begitu abstrak. Namun jika dilihat lebih lanjut, konten yang dibagikan merupakan konten yang dikemas secara interaktif dan informatif.

Menantea dominan menggunakan warna hijau dan kuning dalam membuat konten. Hal ini selaras dengan logo dan konsep dari toko. Pada dasarnya, warna hijau menggambarkan kesegaran dan ketenangan, sedangkan warna kuning menggambarkan keceriaan dan energik.

Secara visual, konten yang diunggah menarik perhatian dan tidak monoton. Ada berbagai inovasi yang diberikan oleh kedai teh ini pada akun Instagramnya. Tak heran pada 13 November 2021, Menantea mendapatkan penghargaan “The Most Inovative Brands” di IFRA 2021.

Penghargaan tersebut tentunya menjadi kebanggaan bagi Menantea. Melihat konten yang diolah, hal yang ingin disampaikan oleh Menantea Toko yakni sebagai kedai teh yang unik, hangat, lucu, energik, dan terbuka dengan para pengikutnya.

Caption dan Komentar

Sumber: https://www.instagram.com/p/CWlCAvaBMhN/?utm_source=ig_web_copy_link 
Sumber: https://www.instagram.com/p/CWlCAvaBMhN/?utm_source=ig_web_copy_link 

Caption dan komentar menjadi salah satu hal krusial dalam pengelolaan media sosial, namun kerap terabaikan.

Jika dilihat pada gambar diatas, pengelolaan caption dan komentar dari pihak Menantea sangat baik, informatif, dan interaktif. 

Caption tertera merupakan deskripsi dari unggahan yang mempromosikan menu “Menantea Sunset”. Deskripsi dikemas dengan singkat dan menarik perhatian. Gaya bahasa dan pembawaan tidak kaku dan menggunakan banyak emoji yang membuat unggahan semakin eye catching.

Lebih jauh, admin juga memberikan pin pada beberapa komentar. Hal ini jarang dilakukan pada pengelolaan media sosial. Biasanya komentar yang dipin oleh @menantea.toko merupakan komentar yang lucu dan menarik. 

Admin dari kedai teh ini juga rajin dalam membalas komentar dari warganet. Sehingga kedekatan dan kehangatan dari akun Instagram begitu terasa. 

Tak jarang pula pemilik toko turut memberikan komentar pada unggahan @menantea.toko yang menarik perhatian.

Setelah melihat pengelolaan media sosial dari Menantea, dapat ditangkap bahwa kesan yang ingin disampaikan yakni sebagai kedai teh yang unik, hangat, lucu, dan energik. Keunikan Menantea menjadi daya tarik khusus dan inovasi baru pada industri terkait.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun