Perkembangan internet di era digital sekarang ini sangat mempengaruhi industri media di dunia. Selain itu, perubahan media tradisional ke digital juga mempengaruhi dunia pendidikan sekarang ini dan dunia hiburan lewat berbagai aplikasi. Cepatnya arus perubahan media era digital ini juga menimbulkan perubahan pesat dalam peningkatan konten multimedia.
Pengertian Multimedia dan Media
Apa itu multimedia? Kita akan ulas satu per satu lewat penjelasan berikut ini. Multimedia, Â dari kata "multi" yang artinya gabungan dan "media" memiliki arti suatu alat dalam menyampaikan informasi. Jadi multimedia merupakan suatu kombinasi media dari konten informasi hingga proses dalam membuat informasi ( contohnya suara, tulisan, gambar, video,animasi, dan grafik ) untuk menyampaikan informasi dan menghibur pengguna media.
Lalu, apa arti dari media? Media merupakan suatu alat yang digunakan untuk merepresentasikan atau melakukan suatu hal tertentu, mengirimkan medium, atau bentuk komunikasi massa, seperti koran, majalah atau televisi. Media juga memiliki arti alat distribusi dan presentasi informasi, seperti tulisan, gambar, musik, suara , dan lain sebagainya.
Kategori Multimedia
Penjelasan lebih jauh, multimedia memiliki beberapa kategori yang terdiri dari linear dan non-linear. Suatu projek multimedia ketika diidentifikasi tidak interaktif dan pengguna tidak memiliki kontrol lebih terhadap konten yang dipertontonkan, contohnya sebuah film dan menonton demo. Sedangkan dikatakan projek multimedia jika interaktif, pengguna bisa ikut mengontrol konten media yang dipertontonkan, dan pengguna memberikan kontrol navigasi seperti salah satu contohnya adalah sebuah games.
Multimedia memiliki peran penting dalam dunia bisnis (mempresentasikan sales atau marketing), pendidikan (mencari informasi di internet), hiburan (film jumanji in the jungle, games mobile legend), rumah(program televisi; Indonesia Idol, Dahsyat Musik dengan mengirimkan SMS Interaktif, dan lain-lain) , dan tempat publik (ATM dan CCTV).
Nah, tadi beberapa penjelasan mengenai multimedia dan media secara sekilas. Berikut beberapa produk dari multimedia, seperti produk pengarahan, produk referensi, database referensi, produk pendidikan dan pelatihan, hiburan dan games. Multimedia juga dapat diaplikasikan dalam industri media. Lewat industri kreatif, multimedia bisa digunakan untuk jurnalisme, untuk mengkomersialkan games, dan untuk hiburan serta seni.
Aplikasi dan Konvergensi Multimedia
Multimedia juga bisa diaplikasikan dalam industri hiburan melalui film dan animasi seperti salah satunya adalah film Jumanji In The Jungle yang tahun ini rilis dan bisa di tonton di seluruh Indonnesia. Jumanji dipertontonkan dengan apik lewat berbagi animasi seperti hewan-hewan yang berinteraksi dengan manusia di dalam hutan dan mempertontonkan film seperti layaknya bermain dalam video games. Pengaplikasian multimedia dalam dunia pendidikan sekarang ini juga sangat pesat. Salah satunya adalah E-Library yang saat ini digunakan oleh institusi pendidikan tinggi untuk mencari berbagai referensi.
Ketatnya persaingan industri media di era digital ini tentu mempengaruhi konten multimedia. Persaingan yang ketat ini menimbulkan konvergensi media. Konvergensi media menyebabkan media saling terhubung. Salah satu contohnya adalah media Kompas. Media Kompas sangat terlihat sekali dalam melakukan konvergensi media. Tak hanya Kompas TV melainkan juga terdapat Kompas Sonora, Kompas versi cetak dan juga Kompas versi online.
Sistem multimedia memiliki beberapa karakteristik seperti harus dikontrol oleh komputer agar penggunakan bisa melihat dan mendengar menggunakan PC sistem multimedia. Multimedia juga harus terintegrasi, media berlanjut dan berkombinasi untuk presentasi informasi dan sharing. Informasi juga harus ditangani dan dipresentasikan  secara digital seperti tulisan, suara, animasi, dan grafik. Pengguna juga bisa menavigasi, membuat, berinteraksi, dan berkomunikasi.
Keuntungan dan Kekurangan Multimedia
Berikut ini beberapa keuntungan yang ada dalam multimedia seperti kemudahan dalam menggunakan karena sangat efektif bagi pemula, menstimulasi pancaindera, mendorong partisipasi dalam keterlibatan dan mengeksplorasi, meningkatkan gagasan dan informasi. Selain keuntungan, multimedia sendiri juga memiliki kekurangan seperti saat desain atau animasi yang dipertontonkan kurang menarik akan menimbulkan kebosanan pengguna yang melihat sehingga pesan tidak akan bisa tersampaikan dengan baik, seseorang yang mengalami keterbatasan seperti cacat fisik, dan tuntunan komputer yang tidak memadai.
Itu beberapa penjelasan mengenai multimedia. Secara realita, orang saat ini bisa memproduksi informasi. Banyak orang sekarang ini bisa membuat animasi dan grafik. Tak hanya itu, vlogging di era digital ini juga sedang menjadi tren. Vlogging merupakan salah satu output dari multimedia berupa suara, tulisan, dan gambar. Animasi yang ditambahkan dalam pembuatan video juga akan menarik pengguna untuk menonton. Jika animasi dan video ditontonkan dengan menarik, pesan akan tersampaikan dengan jelas dan terkesan tidak membosankan untuk menonton.
Oleh karena itu, di era yang digital ini kita dapat membuat konten multimedia dengan mudah dan tidak mahal. Hanya dengan menggunakan handphone, orang bisa membuat konten multimedia karena tersedianya berbagai aplikasi seperti video, audio, gambar, dan editing video yang bisa di download melalui aplikasi playstore. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat konten multimedia dan bergabung dalam industri kreatif?
https://www.slideshare.net/mandalina/introduction-to-multimedia-1122179
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H