Mohon tunggu...
feri anto
feri anto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menulis untuk Indonesia

Karena menulis adalah perjalanan hati dan petualangan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Interview Session: Tommy Pratomo, Isi Theme Character Song di Game Final Fantasi VII

9 Maret 2024   11:30 Diperbarui: 9 Maret 2024   12:35 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri bersama Tommy Pratomo

Musik merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia.Keberadaan musik sejatinya bukan cuma sebagai penghibur dikala sepi,tapi juga untuk menemani kekosongan jiwa manusia.Sejalan dengan perkembangannya musikpun memasuki ranah digital. 

Bila dulu musik hanya dinikmati lewat piringan hitam, kaset,dan cd,kini kita bisa menemui musik di internet / daring melalui agregator musik, diantaranya; Apple Music,Spotify,Hulu dan Youtube dsb. Kehadiran musik ternyata juga dipakai sebagai pelengkap dalam video game.

Karena tanpa musik,sebuah video game akan terlihat sepi. Dibutuhkan kejelian tinggi dalam membuat musik dalam video game. Tommy Pratomo sebagai saksofonist muda indonesia, kemarin berkesempatan untuk ikut andil dalam game legendaris Final Fantasy VII.

Ketika mendengarkan musik theme character song pada adegan Solemn Gus, kita dibawa pada pribadi karakter yang bossy dan angkuh. Lagu pada segmen ini mampu membawa kita untuk lebih dekat pada pencitraan Solemn Gus yang seenaknya sendiri. Nuansa musik yang catchy juga membuat visual, serta emosi kita larut,seolah kita diajak menunggu dan terbawa pada keadaan canggung nan tak terduga yang ditampilkan oleh Solemn Gus, si pria berambut perak ini.

Awal kejadian Tommy bisa ikut mengisi part musik di game Final Fantasy VII terbilang unik.
"Gue ngisi theme character song buat Solemn Gus,jadi ada karakter yang dia lumayan ngehe nih...namanya Solemn Gus,ya gua ngisi di theme character songnya dia nih...lalu kalau ditanya gimana prosesnya ini panjang banget.

Bisa ditarik kebelakang ketika tahun 2018 nih...semuanya terjadi karena gara-gara sebuah sepatu men...serius...gw kan orangnya suka sepatu kan...gw suka sepatu Air Jordan...waktu itu tahu 2018...gw pergi ke Jepang gw lagi lihat-lihat Jordan...terus ada satu sepatu Air Jordan namanya...Blacks Cement (Air Jordan 3).Gw nemu disebuah toko,namanya Atmos Ike Bukuro di Tokyo".

Tommy berkenalan dengan seorang sneakerhead bernama Alex. Alex lalu mengenalkan Tommy dengan grup musiknya. "Singkat cerita ternyata...si penjaga sepatu ini,seorang musisi juga dia punya sampingannya musik dan lain-lainlah...namanya Alex.

Ternyata si Alex ini punya grup musik...jalanlah gua dengan grup ini....awalnya sih cuma konten collaboration instagram...konten-konten untuk Youtube for fun...sampai akhirnya salah satu dari mereka...mereka punya grup namanya Gkids Club....mereka lima orang...sekarang udah tinggal berlima sih...salah satu dari mereka berlima ini namanya Yoshinori Nakamura", jelas Tommy.

Tommy diajak rekaman bersama Yoshinori Nakamura. Mereka saling mengeksplorasi bakat musikalnya,sekalipun mereka berbeda negara. "Dia ini sekarang yang bekerja di game-game endscoring,movie,segala macem. Dia yang kerja bareng Square Enix.Singkat cerita dari segala macem projek yang ada.

Gw waktu itu baru ada ditahap awal,sekitar ada lima tahun main musik.Mereka juga grupnya baru mulai established,jalan kita bikin projek segala macem,rekaman.Kita itu semua kirim-kiriman tahun 2018.Dan gw mulai kesana itu lagi tahun 2019 atau 2020", ujar Tommy lagi.

Memasuki awal tahun 2019, Tommy mulai banyak projek dengan Yoshinori Nakamura terutama menyangkut repertoar musik asal Jepang. "Tahun 2019 kayanya,nah tahun 2020 gw mulai banyak dapet rekaman sama mereka.Kan waktu itu gak bisa terbang kan...karena pandemi,nah banyak kerjaan yang dikerjain dari Indonesia.

Repertoar-repertoar yang jepang-jepang awalnya dari situ semua,awalnya dari situ. Awalnya dari kolaborasi aja,sampai awal agustus tahun lalu,dia bilang eh...kayak biasa aja", pungkas Tommy yang hobi mendengarkan ini.
Tommy baru tahu kalau Yoshinori mengajak dirinya rekaman musik untuk game Final Fantasy setelah mereka selesai rekaman.

"Mereka tanya ke gw....Yoshinori chat ke gw...tanggal sekian bisa rekaman nggak...? Oh bisa kata gw...biasa kita kan deal segala macem...and then kita rekamn tuh...udah selesai semuanya gw seperti biasa namanya musisi kan nggak tahu..kan...buat apa...paling nanya tanggal rilisnya kapan...karena kan kita mainnnya deadline kan...rilisnya bulan ini atau bulan kapan ya...rilisnya untuk Februari...yaudah rilisnya kita kerjain,habis itu selesai.

Baru dia bilang...eh ini nanti buat dipakainya di game Final Fantasy ye....".
Dirinya kaget dan tidak menyangka,kalau akan diajak rekaman di game legendaris Final Fantasy. Maka ia langsung memberitakan kabar baik di media sosila miliknya. 

"Hah...kata gue...waktu itu kan pake perjanjian ya...untuk nggak bongkar sama sekali...makanya waktu itu disini (didada) pengennya cerita sama orang kan...tapi kan....gak bisa kan...yaudah...makanya banyak yang ngira gw ke jepang jalan-jalan mulu nih....padahal ada kerjan nih...dari situ baru bisa gw publish dari situ....
Tanggal 29 Februari 2024...terus kemarin dibikin konten segala macem...gw nggak tahu kapan lagi gw bisa ngisi...game selegend Final Fantasy VII kan...yaudah terjadilah itu.

Terus bikin dikonten post instagram,sekarang yang nonton mungki udah 15ribu viewer.
Terus lumayan heboh sih...orang-orang excitednya kayak gitu...awalnya dari sepatu jadi ngisi game legend", ujar Tommy antusias.

Ia mengaku banyak hal yang bisa dipelajari dari Yoshinori Nakamura. Terutama mengenai kultur musik di jepang. Bagi Tommy, itu bagaikan sebuah chapter baru yang siap dijelajahi.
"Pengalaman berkesannya banyak sih..kayak mereka ini kan grup hip-hop. Tapi aslinya mereka,ngerjain juga banyak artis di Jepang sebagai produser. 

Mereka juga ngerjain scoring,Norinya sendiri juga ngerjain Ost Team, jadi banyak banget ilmu-ilmu yang kayak gw nggak pernah dapet.Karena kan culture musik indo sama jepang beda kan....culture kerjanya juga beda".
Tiap produser mempunyai citarasa musikal yang berbeda-beda. 

Ini Tommy rasakan ketika berkolaborasi bersama Yoshinori Nakamura dan grup musiknya.
"Kayak loe denger japanese pop sama indo pop,ya soundnya pun beda gitu....jadi apa yang gue kerjain di indo,bahkan kalau gw suka rekaman dirumah gw.

Pas dikirim kesana bunyinya beda gitu....jadi raw...ketika rilis bunyinya bisa beda gitu....itu menandakan....yang gw mainin, begitu dipegang sama produser yang berbeda tuh emang.....tastenya bisa beda juga...pengalamannya juga gitu sih....banyak banget...kayak aransemennya stel aransemennya...kebiasaan mereka dalam....aransemen...buat gue itu fresh", jelas pria yang beberapa waktu lalu memilih transportasi umum dibanding kendaraan pribadi ini.

Tommy lalu mencontohkan ketika ia tengah menyelesaikan rekaman musik pop, lalu setelah itu mengerjakan rilisan musik dari jepang.
"Kayak habis ngerjain musik-musik pop disini,terus ngerjain beberapa musik rilisan dari dia, itu pasti refresh banget...begitu juga sebaliknya. Begitu dengerin dia mulu...terus ngerjain yang indonesain pop, ya fresh juga gitu.

Jadi emang beda banget sih...belajar banyak hal gitu....", ujar Tommy menjelaskan.

Berbicara mengenai proses kreatifnya, Tommy hanya diminta mengisi bar kosong saja. Yoshinori membebaskan Tommy untuk berkreasi. Ia lalu membacakan chatnya dengan Yoshinori Nakamura. 

"Dia Cuma kasih bar kosong...musiknya doang....jadi dia (masih ada kok gw chatnya-Tommy membacakan isi chatnya)..ini termasuk keren man.....
Chat Yoshinori...dia cuma bilang....Okey,can you send me the midi guide...if possible alright...thanks.Dia cuman kirimin referensi...jadi referensinya kayak gini....okey,kapan ? next week katanya...gw kebanyakan tek-tokannya lewat Line.

Terus dia cuman bilang that's be true...I want to trace the sample and just....your new id starts from bar eleven (11).Udah gitu aja,jadi gue kayak bener-bener kreatif aja sendiri. Arrangement ya gua...Yoshinori membebaskan gw untuk bikin yang gw mau", jelas Tommy.
Tommy diberi kepercayaan penuh oleh Yoshinori, untuk menggarap part saksofon.

"Dan gilanya dia percaya-percaya aja....ini data yang gw kirim,sama yang di gamenya...nggak ada yang berubah.
Jadi apa adanya yang gw rekam aja gitu....gitu...dia bisa dipercaya sebesar itu untuk ngerekam sama Square Enix,sampe dia ngasih kepercayaan ke gw.Kan nggak gampang...Square Enix bahkan nggak tahu gw.

Square Soft nggak tahu gw.
Yang gw tangkep malah bukan gwnya....yang gw tangkep itu malah....ngeliat poin of view dari gw.Biar orang yang ngeliat gw,tapi gw ngeliatnya berati si Yoshinori yang gw kerja bareng.....dia dipercaya sebesar itu sama....Square Soft.

Sama Square Enix sama Final Fantasy...sampe apa yang gw bikin aja....mungkin bahasa kasarnya gini kali ya....Square Enix ke Yoshinori terus ke gw (Tomi membuat perumpamaan). Yoshinori kayak bilang ke Square Enix....udah tenang aja Tomi bagian gw", kata Tommy.

Sebelum mengerjakan projek musik game Final Fantasy VII, Tommy pernah diajak Yoshinori ikut mengisi musik di drama 'The Civils Defender'. Ia merekam musiknya dibulan September 2023 saat ada di studio musik.
"Civil Defender ini aah...gw rekam di Ike Bukuro, Tokyo. Itu September 2023 kalau nggak salah ya....ini juga impromptu banget....tiba-tiba lagi di studio kayak....eh kita ada lagu ini nih...loe ada ide nggak...ini di sofa nih....komputer disitu (Tomi mencoba menjelaskan situasinya kala itu). 

Gw ada ide nih..gmn kalau...kayak begini....begini...itu gw sama Yoshinori and the gank,sama Kane segala macem....terus ya udah kan gw bawa saksofon dong,karena habis rekaman juga gw kan....yaudah kita rekam....jadi itu yang rilis sebenarnya like a demo (seperti lagu demo),tapi semenjak gw hampir lima tahun belakangan,ketika udah tahu gmn recordingnya".

Ketika Tommy rekaman, ia selalu berusaha menangkap momentum yang terjadi.

"Gimana mood,ketika gw ngetake demopun...gw udah....full effort.Karena gw tau moodnya nggak akan balik gitu....misalkan notnya bener nih...tapi moodnya nggak enak...mendingan...bilangnya demo, tapi dihajar serius gitu beneran....mean it pas record....mood sedih,mood happy pasti beda kan...karena kita nangkep momentum waktu rekaman", jelas Tommy menyudahi wawancara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun