Mohon tunggu...
Belya Cerallita
Belya Cerallita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 MBTI Telkom University

Mahasiswi jurusan MBTI dari Telkom University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tel.UMKM: Pemberdayaan UMKM Berbasis Platform Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat

11 April 2023   00:15 Diperbarui: 11 April 2023   00:24 588
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tel.UMKM: Pemberdayaan UMKM Berbasis Platform Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Sekitar Telkom University

Disusun dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah Pancasila MB - 46 - 03

Disusun oleh:


Anjawati M.                                                  1401223227

Azmi Azmeika Gunawan                        1401220293

Belya Cerallita                                             1401223478

Faliha Raihana Silmy                               1401223018

Rizkiananda Perawiratama                   1401220136



TEL.UMKM: PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS PLATFORM DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN KEMANDIRIAN EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITAR KAMPUS TELKOM UNIVERSITY

A. Ringkasan 

Essay ini membahas tel.umkm, sebuah platform digital berbasis nilai-nilai Pancasila yang akan mendukung perkembangan UMKM di sekitar Telkom University dan relevansinya dengan SDGs poin 1: No Poverty.

B. Latar Belakang

Kemiskinan masih menjadi masalah yang belum terselesaikan di Indonesia, tak terkecuali di sekitar Universitas Telkom. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2020, tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai angka 9,22%, dengan tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Barat sebesar 7,99%, dan di Kota-Kabupaten Bandung, tempat Universitas Telkom berada, sebesar 6,89%. (BPS, 2020)

Di sisi lain, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar Telkom University menghadapi berbagai tantangan dalam hal pengembangan bisnis, terutama dalam perluasan jangkauan pasar dan peningkatan kualitas produk. Adanya keterbatasan akses ke berbagai layanan dan platform menjadi kendala dalam pengembangan bisnis UMKM. Padahal, menurut jurnal yang diterbitkan oleh International Journal of Business and Management Invention, sektor UMKM memegang peran yang sangat penting dalam perekonomian. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Astuti dan Rahmawati (2020), sektor UMKM memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, peningkatan daya saing, serta distribusi pendapatan yang lebih merata. Selain itu, sektor UMKM juga dianggap sebagai motor penggerak perekonomian karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi, dan memperkuat iklim usaha di tingkat lokal.

Berdasar pada konteks tersebut, tel.umkm hadir untuk membantu mendukung UMKM di sekitar Universitas Telkom dalam mencapai SDGs poin 1, yaitu mengentaskan kemiskinan. Dengan menyediakan platform berupa sosial media untuk memperluas jangkauan pemasaran dan peningkatan kualitas produk, diharapkan UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan yang ada.

Urgensi dari pembuatan platform digital ini sangat penting karena UMKM memiliki peran krusial dalam pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Oleh karena itu, adanya tel.umkm dapat membantu UMKM di sekitar Universitas Telkom untuk bertahan dan berkembang di segala situasi yang ada, sekaligus membantu menciptakan serta mempertahankan lapangan kerja sehingga mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di daerah sekitar Universitas Telkom.

C. Cara Pengambilan Data

Cara pengambilan data pada esai ini dilakukan melalui pengadaan survei kuesioner yang disebarkan melalui platform Google Forms. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Riketta, Li, dan Frederick (2015), survei kuesioner dianggap sebagai metode yang efektif dan efisien dalam mengumpulkan data dari responden. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel responden yang terdiri dari 400 karyawan dari berbagai organisasi dan industri di Amerika Serikat. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei kuesioner dapat meningkatkan akurasi data dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang tepat. Selain itu, metode ini juga memungkinkan peneliti untuk menjangkau responden yang lebih banyak secara cepat dan efisien. (Riketta, Li, & Frederick, 2015)

Selain itu, metode survei kuesioner ini dipilih karena dapat menjangkau responden yang lebih banyak secara cepat dan efisien, serta dapat meningkatkan akurasi data dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang tepat. 

Adapun hal yang melatarbelakangi alasan penggunaan Google Forms sebagai alat pengambilan data dalam esai ini adalah, menurut penelitian yang dilakukan oleh Fricker, Galesic, Tourangeau, dan Yan (2018), penggunaan Google Forms dalam survei kuesioner terbukti efektif karena memungkinkan peneliti untuk dengan mudah mengirimkan kuesioner ke responden dan mengumpulkan data dengan cepat dan mudah. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Forms dapat meningkatkan response rate, mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan dalam pengumpulan data, serta memudahkan analisis data yang telah terkumpul.

Kuesioner yang disebarkan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam penulisan esai ini. Kuesioner terdiri dari beberapa pernyataan terkait pengetahuan responden tentang UMKM di sekitar Telkom University, perilaku belanja mereka terhadap produk UMKM, serta kecenderungan responden dalam menggunakan platform digital sebagai sarana untuk memperoleh informasi terkait produk UMKM di sekitar Telkom University, sebagai berikut:

1. Anda tahu banyak tentang UMKM di sekitar Telkom University.

2. Anda sering membeli produk UMKM di sekitar Telkom University.

3. Anda tertarik menggunakan platform digital untuk menggali informasi sebelum membeli produk UMKM di sekitar Telkom University.

4. Anda tertarik dengan adanya fitur rekomendasi produk UMKM di sekitar Telkom University dengan informasi detail terkait harga, lokasi, dan kualitas.

5. Anda tertarik untuk membantu UMKM di sekitar Telkom University dengan membeli produk mereka sesuai kebutuhan.

Dalam survei yang dilakukan, panduan lengkap terkait pengisian kuesioner juga disertakan untuk memastikan bahwa responden dapat memahami dengan jelas setiap pertanyaan dan memberikan jawaban yang sesuai dengan persepsi mereka. Dalam panduan tersebut, terdapat penjelasan singkat tentang tujuan penelitian, pentingnya partisipasi responden dalam penelitian, serta tata cara mengisi kuesioner dengan benar.

Dengan menggunakan metode survei kuesioner melalui platform Google Forms beserta panduan lengkap dalam pengisian kuesioner, diharapkan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diandalkan dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan UMKM di sekitar Telkom University melalui platform digital tel.umkm.

D. Analisa Hasil

Hasil data terkait minat dan kebutuhan potensial pasar mahasiswa terhadap UMKM di sekitar Telkom University dapat dianalisis dengan mempertimbangkan pentingnya Pancasila sebagai landasan bernegara bagi Bangsa Indonesia. Kami telah melakukan survei terkait isu ini kepada 26 responden yang merupakan mahasiswa Telkom University yang tersebar di 5 Fakultas berbeda, dengan hasil sebagai berikut:

Dokpri
Dokpri

Deskripsi:

  • 88.5% responden tahu banyak tentang UMKM di sekitar Telkom University.

  • 88.5% responden sering membeli produk UMKM di sekitar Telkom University

  • 92.3% responden tertarik menggunakan platform digital untuk menggali informasi sebelum membeli produk UMKM di sekitar Telkom University.

  • 100% responden tertarik dengan adanya fitur rekomendasi produk UMKM di sekitar Telkom University dengan informasi detail terkait harga, lokasi, dan kualitas.

  • 100% responden tertarik untuk membantu UMKM di sekitar Telkom University dengan membeli produk mereka sesuai kebutuhan.

Berdasarkan hasil analisis data dari survei yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden, yakni mahasiswa Telkom University memiliki pengetahuan yang baik, serta sering membeli produk dari UMKM di sekitar Telkom University. Selain itu, mayoritas responden juga tertarik menggunakan platform digital untuk menggali informasi sebelum membeli produk UMKM pun dengan fitur rekomendasi produk beserta informasi detail terkait harga, lokasi, dan kualitas. Terakhir, hasil analisis menunjukkan bahwa 100% responden tertarik untuk membantu UMKM di sekitar Telkom University dengan membeli produk mereka sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kami percaya adanya tel.umkm dapat membantu memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam membeli produk UMKM di sekitar Telkom University sekaligus mendukung pengembangan bisnis UMKM secara berkelanjutan. 

E. Kesimpulan

 Berdasarkan latar belakang dan alasan pentingnya diadakannya platform digital tel.umkm yang didukung oleh nilai-nilai Pancasila untuk mendukung UMKM di sekitar Universitas Telkom, dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dalam pengembangan platform digital untuk UMKM, diharapkan dapat terciptanya lingkungan bisnis yang sehat dan berkelanjutan, serta dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian, upaya pemberdayaan UMKM melalui platform digital tel.umkm dapat menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar kampus Telkom University. Selain itu, platform tel.umkm sangatlah penting untuk membantu memajukan UMKM di tengah tantangan yang dihadapi seperti keterbatasan akses pasar dan pelatihan bisnis. Platform tel.umkm juga sangat relevan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam mencapai SDGs poin 1 yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk. Oleh karena itu, tel.umkm yang didukung oleh nilai-nilai Pancasila dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun