Mohon tunggu...
Bella Aprialim
Bella Aprialim Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kupas Tuntas Konten

8 Mei 2018   12:58 Diperbarui: 8 Mei 2018   13:13 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Grab Indonesia memiliki akun Instagram @grabid dan akun Twitter @grabID. Konten yang dimuat relatif sama antara kedua akun tersebut. Unggahan yang ada di Instagram umumnya ada pula di Twitter. Hanya saja beberapa unggahan yang memerlukan caption panjang tidak ada di Twitter, begitu juga dengan video dan gambar. Konten di kedua akun memuat mengenai aktivitas dan profil mitra pengendara Grab, promo yang ditawarkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Grab, misalnya "Grab Gerak" yang berkolaborasi dengan Rexona. 

Selain itu, akun juga mengunggah mengenai challenge atau kuis yang sedang diadakan Grab dan selanjutnya para pemenang. Cukup banyak netizen yang merespon baik strategi Grab ini dengan ikut berpartisipasi mengikuti challenge atau kuis tersebut.

Kedua akun terlihat sudah mempunyai rencana yang ingin dicanangkan di media sosial. Terbukti dari ucapan yang bertema hari-hari besar yang sedang diperingati, seperti Hari Kartini, akun mengunggah video atau foto beserta cerita tentang sosok wanita hebat yang patut diteladani. Akun media sosial ini juga mengikuti informasi yang lagi hits dengan mengunggah konten mengenai final Indonesian Idol dan Avengers. 

Grab bahkan memberi kuis dan ikut mempromosikan voting SMS Maria serta Abdul sedangkan poster Avengers di edit menjadi meme wajah mitra pengendara Grab. Ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh media soial Grab. Selain itu, penggunaan hastag yang khas seperti, #DekatDenganGrab, #CeritaNgeGrab, #PerubahanMulaiDariYangKecil, #GrabYourStyle, #GrabTakesYouThere, #GrabOCFalfamart, #GrabFJB, #GrabFJBMakassar, #GrabGerak, #GrabBikeUntukIndonesia, #GrabKatyConcert, #IdolMitraGrab, #IloveGrabExpress, #DekatDenganGrabExpress, dan lain sebagainya.

BANGUN BRAND

Melalui Instagram dan Twitter Grab Indonesia mengajak netizen menggunakan Grab pada momen tertentu, misalnya di Hari Valentine dapat mengirimkan bunga, coklat, atau bentuk kasih sayang lainnya kepada orang yang disayang. Ada pula ucapan hari raya agama, seperti Paskah dan Nyepi. Namun sayangnya tidak memberi ucapan untuk Hari Pendidikan dan Hari Buruh. 

Keduanya memanfaatkan media sosial untuk pemasaran mengenai layanan Grab. Akan tetapi, Twitter lebih sering mengunggah mengenai cerita unik dan menarik dari mitra pengemudi Grab bersama pelanggan. Tak jarang keduanya menggunakan kalimat pertanyaan yang dilontarkan untuk para netizen. Cara ini cukup berhasil karena banyak netizen yang memberi respon. Pada intinya, kedua media sosial Grab tersebut ingin membangun hubungan yang lebih baik dan bersifat interaktif dengan para mitra pengendara serta pelanggan Grab.

Instagram dan Twitter Grab Indonesia juga memuat konten promosi yang bersifat iklan sosial dengan menunjukkan aksinya yang peduli pada penyandang disabilitas. Tidak hanya memberi kesempatan bagi disabilitas untuk menjadi mitra pengendara Grab melainkan menunjukkan kepedulian pengendara pada disabilitas dengan menyediakan fasilitas penumpang Grab Bike yang memadai. 

Seperti kursi khusus disabilitas pada motor pengendara sehingga memudahkan disabilitas. Grab Indonesia terbukti memiliki strategi pengembangan media sosial melalui desain yang menarik pada hampir setiap unggahannya di Instagram yang sebagian besar juga terpampang di Twitter. Desain yang digunakan umumnya konsisten dalam menunjukkan identitas Grab yang identik dengan warna hijau.

Secara keseluruhan, manajer media sosial Grab Indonesia sudah cukup baik bekerja sesuai dengan job description nya. Poin yang terpenting yang sudah dilakukan media sosial Grab Indonesia adalah mampu menciptkan nilai-nilai kebermanfaatan yang menarik bagi konsumen dan netizen. Namun masih ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi untuk lebih dikembangkan. 

Seperti perencanaan konten atau timeline yang terstruktur. Hal ini karena masih terdapat beberapa hari penting yang perlu diunggah namun tidak dilakukan oleh media sosial Grab. Jika ini dilakukan maka akan menambah nilai Grab Indonesia pada benak konsumen dan netizen di media sosialnya sehingga manajer media sosial Grab Indonesia pun dapat melakukan job description yang lengkap.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun