Mohon tunggu...
Fransisca Dafrosa
Fransisca Dafrosa Mohon Tunggu... Lainnya - Guru

saya orang yang sedang belajar menulis Fiksiana.Humaniora.Lyfe

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenalkan Kembali Nilai-Nilai Sumpah Pemuda di Sekolah: Kurikulum atau Ekstrakurikuler?

28 Oktober 2024   16:46 Diperbarui: 28 Oktober 2024   17:12 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pernahkah kita berpikir, bagaimana caranya membuat generasi muda memahami dan mencintai Indonesia dengan sepenuh hati? Bagaimana caranya agar rasa bangga terhadap keberagaman bangsa ini tidak hanya menjadi slogan, tetapi benar-benar tertanam dalam diri mereka? Di tengah derasnya arus globalisasi dan pengaruh budaya luar, nilai-nilai Sumpah Pemuda terasa lebih relevan untuk dibahas kembali. Pertanyaannya, seberapa penting pengintegrasian nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam pendidikan saat ini? Dan, mana yang lebih efektif: melalui kurikulum atau lewat kegiatan ekstrakurikuler?

Mengapa Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Penting untuk Dikenalkan di Sekolah?

Sumpah Pemuda yang digaungkan pada 28 Oktober 1928 bukan sekadar teks sejarah; ia adalah jiwa perjuangan yang menyatukan Indonesia. Nilai-nilai utama dalam Sumpah Pemuda---persatuan, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air---seharusnya menjadi pondasi bagi setiap generasi muda. Dalam konteks pendidikan, ini berarti bukan sekadar mengenalkan sejarahnya, tetapi juga menghidupkan kembali semangat persatuan dan kebanggaan menjadi bagian dari bangsa yang kaya akan budaya dan keberagaman.

Namun, apakah siswa saat ini benar-benar memahami makna Sumpah Pemuda? 

Integrasi Nilai Sumpah Pemuda di Kurikulum: Sejauh Mana Efektif?

Kurikulum adalah media utama dalam pendidikan formal. Banyak sekolah yang telah mencoba mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme melalui mata pelajaran seperti PPKn, Sejarah, atau Bahasa Indonesia. Di dalam kurikulum, pembahasan Sumpah Pemuda sudah ada, namun seringkali pembahasannya terbatas pada konteks sejarah, tanpa menyoroti aspek yang lebih mendalam seperti relevansi nilai-nilai tersebut dengan kehidupan siswa sehari-hari.

Beberapa sekolah berinovasi dengan mengembangkan kurikulum berbasis proyek (Project Based Learning) yang memungkinkan siswa mempelajari Sumpah Pemuda dengan cara lebih aplikatif. Misalnya, siswa diminta membuat proyek yang berhubungan dengan keberagaman budaya di Indonesia atau bekerja sama dengan siswa dari latar belakang berbeda dalam proyek lintas sekolah. Di sini, siswa bukan hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkan nilai persatuan dan gotong royong.

Namun, keterbatasan waktu dan beban materi yang padat dalam kurikulum kerap menjadi kendala. Guru sering terjebak dalam "penyampaian materi" ketimbang diskusi atau eksplorasi lebih mendalam. Mengingat keterbatasan ini, apakah efektif mengandalkan kurikulum sebagai satu-satunya media untuk mengenalkan nilai Sumpah Pemuda?

Ekstrakurikuler: Media Alternatif yang Lebih Fleksibel

Di sisi lain, kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah yang lebih fleksibel untuk menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Di sini, siswa tidak dibatasi oleh waktu yang singkat atau beban akademik. Beberapa ekstrakurikuler yang bisa menjadi sarana efektif adalah Pramuka, Paskibra, dan OSIS. Ekstrakurikuler ini mengandung banyak nilai kebangsaan, mulai dari kedisiplinan hingga kerjasama tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun