Mohon tunggu...
Belacqua Virginia
Belacqua Virginia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Hanya menuangkan imajinasi, dan pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manusia sebagai Mahluk Sosial dan Ekonomi

19 September 2024   15:04 Diperbarui: 19 September 2024   15:12 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi dapat diartikan manusia tidak dapat hidup sendiri, memiliki kebutuhan yang tak terbatas, dan akan melakukan apapun agar kebutuhannya terpenuhi. 

Ciri-ciri mahkluk ekonomi bermoral sebagai berikut:

1. Melakukan tindak rasional

2. Fokus memenuhi kebutuhan sendiri

3. Sulit merasa puas

4. Adanya preferensi pribadi

5. Pengambilan keputusan dalam rangka memenuhi kebutuhan sesuai tujuan.

Sosialisasi dapat berarti proses interaksi yang dilakukan secara terus menerus sehingga membentuk kepribadian. 

Agen sosialisasi dibagi menjadi 4, yaitu:

1. Keluarga

Keluarga termasuk agen terpenting yang akan memengaruhi bentuk kepribadian anak.

2. Sekolah

Sekolah termasuk agen sekunder yang akan memengaruhi nilai kedisiplinan.

3. Kelompok sepermainan

Kelompok sepermainan termasuk agen sekunder yang akan memengaruhi kebiasaan belajar, cara berpakaian, selera musik, selera berpakaian.

4. Media massa

Media massa merupakan sarana komunikasi yang digunakan oleh masyarakat luas. Media massa akan memengaruhi ide, perilaku anak.

Proses sosialisasi menurut analisis teori Jean Praget dibagi menjadi 4, yaitu:

1. Sensoritor (0-2 tahun)

Masa dimana anak belajar menyentuh, sampai memanipulasi benda.

2. Pra-operasional (2-7 tahun) 

Masa dimana anak menguasai bahasa, dan mendeskripsikan benda menggunakan kata yang mereka ketahui

3. Operasional konkret (7-11 tahun) 

Masa dimana anak memahami pengertian logis, seperti hubungan timbal balik.

4. Operasional formal (11-15 tahun)

Masa dimana anak memasuki tahap remaja, dan mampu memahami ide-ide rumit.

Sekian sedikit ringkasan dari saya, saat mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial berlangsung. Semoga bermanfaat 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun