Mohon tunggu...
Bernadeta Berlian P
Bernadeta Berlian P Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY 2018

just let me gracefully pass this semester

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

CNBC Indonesia sebagai New Media

8 September 2020   12:38 Diperbarui: 8 September 2020   13:32 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kehadiran internet membuat proses persebaran informasi semakin cepat, agar dapat terus bersaing menghadirkan berita/konten terbaru, media massa kini berlomba-lomba membuat berbagai konten komunikasi yang menarik dan interaktif bagi pembacanya melalui portal media online-nya. Istilah new media atau media baru digunakan untuk menggambarkan media yang menghadirkan konten komunikasi berbasis elektronik yang dibuat berdasar permintaan dan terintergrasi dengan internet, sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat dimanapun dan kapanpun.

Martin Lister (dalam Widodo, 2020, h.14-16) kemudian memaparkan enam karakteristik new media, yakni :

Digital

Sebelum informasi terdigitalisasi, penyimpanan informasi masih disimpan dalam bentuk fisik seperti surat kabar, catatan, serta kaset rekaman. Namun sejak tahun 1990-an pertumbuhan teknologi digital memungkinkan informasi kini dapat disimpan, dikonversi, dan ditransmisikan dalam kode biner. Hal ini memberikan sejumlah keuntungan seperti kemudahan dalam mengakses/mengunduh kembali serta besar data yang dapat dikompresi.

Digitalisasi juga menghadirkan adanya konvergensi informasi yakni penggabungan konten dalam bentuk teks, audio dan visual. Saat ini, berbagai situs new media juga melakukan perpaduan konten seperti informasi teks dan audio-visual.

Interactivity

Internet yang memungkinkan interaksi saat ini dapat dilakukan secara real-time dan dua arah membuat konsumen kini dapat lebih aktif terlibat dalam media baru. Interaktivitas konsumen dapat dilihat melalui fitur komentar, like, dan share.

Hypertextual

Hypertextual sederhananya dapat dipahami sebagai link atau tautan yang berisi rujukan teks atau menuju halaman referensi. Hypertext merupakan fitur umum dari media baru yang memungkinkan pembaca dapat dengan leluasa memilih konten berita yang ingin diakses.

Jaringan (Global)

Media digital yang terintergrasi dengan internet memungkinkan pembaca dapat mengakses berita secara global, jadi tidak hanya dapat mengetahui berita lokal secara cepat tetapi kita juga dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain dan memperluas wawasan serta menambah pengetahuan pembaca.

Virtual

Virtual dapat dikatakan sebagai suatu kondisi dimana sesuatu terlihat seperti nyata dan mengandung unsur audio-visual. Media baru menghadirkan suatu realitas berbeda dari tatap muka ke dalam suatu realitas hidup. Media baru sebagai realitas virtual memungkinkan pengguna untuk dapat menampilkan diri mereka sesuka hatinya, seperti media sosial yang membebaskan pengguna dalam merepresentasikan dirinya di dunia maya.

Simulated

Simulasi merupakan lanjutan dari karakter 'virtual', di mana simulasi berusaha memberikan pengalaman nyata yang lebih mendalam ke dalam suatu kehidupan virtual. Contohnya seperti kacamata VR (virtual reality) yang dapat digunakan untuk bermain game simulasi seperti mengemudi, bermain tennis, atau bahkan melukis!

CNBC Indonesia sebagai new media

Dilansir dari halaman profil cnbcindonesia.com, CNBC Indonesia menyadari bahwa pembacanya telah membentuk berbagai lapisan kelompok pembaca dan memiliki kepentingan berbeda dalam mengkonsumsi informasi. Sebagai salah satu media baru, CNBC Indonesia pun tidak hanya menyampaikan kontennya melalui situs website tetapi juga melalui media sosial dan berbagai macam platform lainnya. Tidak hanya itu, CNBC Indonesia juga berusaha menyajikan informasi tentang berbagai peristiwa ekonomi dengan sederhana dan mudah dipahami lewat teks, grafis, gambar bergerak, dan juga videografis.

Sudahkah CNBC Indonesia memenuhi enam karakteristik new Media?

  • Sudah melakukan digitalisasi

Dalam berita yang diunggah di halaman website cnbcindonesia.com, berjudul "SMIC Sedang Dikaji Masuk dalam Daftar Blokir AS" menggunakan penggabungan informasi dalam bentuk teks, audio, dan video.

  • Terdapat kolom komentar dan bagikan (share)

Pada setiap halaman berita yang diunggah di website CNBC Indonesia terdapat fitur komentar dan bagikan (share) di bagian bawah halaman, tepat di bawah berita.

  • Memiliki hypertext atau link tautan

Di bagian bawah halaman berita selalu terdapat rekomendasi berita terkait dan berita lainnya.

  • Tidak hanya menyajikan berita nasional tapi juga internasional

Tidak hanya juga melulu membahas tentang peristiwa ekonomi dari berbagai perspektif, CNBC  Indonesia juga menyajikan berita lainnya yang berskala global, contohnya postingan berita yang berjudul "Trump Akan Blokir TikTok di AS"

  • Berbasis virtual

CNBC Indonesia memiliki fitur CNBC TV pada halaman situsnya yang menyiarkan live streaming program bisnis unggulan seperti Squawk Box, Profit, Iconomics, Investime, Closing Bell, dan Number's Bite secara eksklusif setiap harinya.

  • Menyajikan simulasi data secara real-time

Pada situs website CNBC Indonesia menyajikan sejumlah data real-time yang selalu diperbaharui setiap 10 menitnya, data-data tersebut berupa perubahan data saham, komoditas, kurs pajak, dan mata uang.

sumber

cnnindonesia.com

widodo, yohanes. (2020). Jurnalisme Multimedia. Yogyakarta : Program Studi Ilmu Komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun