Mohon tunggu...
Bayu Mustaqim Wicaksono
Bayu Mustaqim Wicaksono Mohon Tunggu... Teknisi - Bayu

Mempelajari kapal, mengerjakan pesawat, menyukai kereta api, menggunakan sepeda, dan memilih mobil sebagai alternatif terakhir alat transportasi.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Menahan Godaan Belanja Ramadan

28 Mei 2018   17:07 Diperbarui: 28 Mei 2018   17:16 462
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Barang-barang yang terbuang. (Hans)

Dari sudut pandang pembeli, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan penjual musiman saat Ramadan sangat bermanfaat. Setelah sekian jam berpuasa menahan lapar dan dahaga, kita bisa menemukan aneka hidangan lezat untuk berbuka.

Sebelum berbuka puasa memang ada sebuah fenomena. Gorengan terlihat lebih kriuk dan gurih. Es buah lebih berwarna dan menggoda. Bubur sumsum begitu kental kuah gula merahnya, hingga bisa mengalir tak putus dari sendok saji. Bahkan, sirup dan teh manis ditambah es batu pun sudah membuat sensasi segar di kerongkongan. Apalagi ditambah embun-embun di sekeliling gelasnya. Grrr.

Dalam keadaan berpuasa kadang perut lebih berkuasa daripada logika. Seakan semua makanan itu harus terhidang dan disantap saat berbuka. Padahal, saat azan magrib tiba, minum air sirup saja sudah terasa penuh perut ini. Akhirnya, bisa saja makanan berlimpah itu menjadi terbuang.

Itulah akibat bila kita justru mementingkan hasrat semata. Padahal, bukankah menahan diri merupakan hakikat puasa yang sesungguhnya?

Perilaku belanja tak terkendali itulah yang umumnya menyebabkan pengeluaran di bulan puasa terasa lebih boros. Banyak hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan dibeli juga karena keinginan. Makanan berbuka puasa itu adalah contoh nyatanya.

Sebagai introspeksi, saya mengingat kembali masa-masa berbuka puasa saat di kampus. Minuman dan makanan yang dihidangkan, apapun itu jenisnya dan berapapun jumlahnya ternyata cukup mengenyangkan. Mengapa bila kita memiliki kemampuan untuk membeli, begitu sulit untuk menahan diri.

Penjual memang mengemas barang dagangannya sedemikian rupa. Menyilapkan mata, mempermainkan rasa, dan mengecoh logika. Penjual pakaian contohnya. Beberapa metode menggenjot penjualannya adalah dengan memberi diskon, kesempatan beli 2 gratis 1, atau tawaran beli seharga X dapat voucher senilai Y. Ujung-ujungnya kita terlena dan tertarik untuk terus berbelanja.

Bingung diskon (?) - ILUSTRASI. (Geralt)
Bingung diskon (?) - ILUSTRASI. (Geralt)
Memang sih harga per satuan barangnya menjadi lebih sedikit. Tetapi harga akumulasinya menjadi bengkak. Orang-orang yang niat awalnya hanya lihat-lihat pun bisa pulang ke rumah dengan belanjaan banyak.

Untuk menghindari hal seperti itu, ada beberapa hal yang bisa dipakai. Kontra-strategi. Pertama, pastikan kita sudah jelas dan yakin barang mana saja yang akan dibeli. Jangan ambil keputusan seketika untuk membeli. Karena dalam kondisi seperti itu umumnya sulit untuk membedakan kebutuhan dan keinginan.

Apabila ada barang yang dikira bagus, catat saja dulu. Kemudian pikirkan kebutuhan terkait barang tersebut di tempat lain. Untuk pakaian dan kebutuhan fashion lainnya bisa dipikirkan di rumah, karena sifat barangnya yang bisa tahan lama tetapi modenya cepat berganti.

Kedua, siapkan uang secukupnya. Jangan banwa uang tunai terlalu banyak. Dengan begitu, daya beli kita akan terbatasi oleh ketiadaan uang. Prinsipnya, semakin banyak uang yang dipegang, semakin banyak pula uang yang mungkin dibelanjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun