Dampak dari pandemi Covid 19 selama 2 tahun terakhir telah mengubah cara berkegiatan masyarakat pada umumnya. Terbatasnya ruang gerak langsung secara perlahan beralih ke ruang gerak dalam dunia maya. Secara perlahan pula masyarakat menjadi terbiasa berurusan dengan teknologi informatika.
Lifestyle Kekinian
Ragam kegiatan selama pandemi menjadi berpindah dalam dunia maya. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, urussan niaga sampai urusan pembelian pangan dan layanan kesehatan. Selama kurun waktu tersebut sebagian besar masyarakat "dipaksa" melek teknologi informatika.
Bagi yang tinggal di wilayah kota, perubahan berkegiatan dalam jaringan bukan sesuatu yang baru. Namun ini berbeda untuk masyarakat nun jauh di wiayah terpencil dan belum terjangkau layanan internet.
Namun kehidupan harus terus berjalan. Bagi siswa sekolah harus tetap belajar walaupun terbatas dalam jaringan. Begitu juga yang bekerja di perusahaan yang harus tetap menjalankan kewajiban penugasannya walau dari rumah yang dikenal dengan istilah WFH. Tak ketinggalan layanan produk pembelian langsung dan layanan jasa yang tetap dapat melayani pembeli melalui ragam platform aplikasi dunia maya.
Internetnya Indonesia
Saat ini ketika situasi pandemi mulai terkendali, kegiatan luar ruang sudah berjalan sebagaimana mestinya. Hanya saja tetap harus mengutamakan protokol kesehatan. Namun yang pasti masyarakat pada umumnya sudah terbiasa dan nyaman dengan cara berkegiatan melalui dunia maya.
Bahkan beberapa kegiatan yang melibatkan orang dalam skala besar seperti pertemuan rapat atau meeting saat ini diberikan dua pilihan. Adapun pilihannya, apakah meeting akan diselenggarakan online atau offline. Media yang digunakan untuk meeting juga mempunyai pilihan dari berbagai ragam aplikasi pertemuan.
Manfaat Internet
Dahulu sebelum pandemi, manfaat internet terbatas hanya urusan pekerjaan di perusahaan. Paling umum fungsi internet sebagai jaringan lalu lintas surat elektronik atau email. Sisanya sebagai jaringan untuk menjalankan platform media sosial dan kanal tayangan hiburan. Beberapa lembaga keuangan atau bank memanfaatkan internet untuk catatan real time arus keluar masuk uang. Â
Saat ini manfaat internet dirasakan sangat penting, bahkan kepentingannya melebihi dari isi sebuah dompet. Internet melekat dengan perangkat elektronik atau smartphone pengguna. Hampir 24 jam seseorang masa kini tidak pernah lepas dari mengenggam telepon pintar. Hal ini terjadi karena kapasitas telepon pintar lebih dari cukup untuk dapat mengakomodir kebutuhan pengguna
Kegiatan Menggunakan Internet
Kegiatan seseorang yang tidak bisa lepas dari smartphone menjadi lifestyle kekinian yang tak terbantahkan. Namun itu dapat berjalan jika smartphone tersambung dengan jaringan internet memadai. Berikut uraian lifestyele kekinian yang berhubungan dengan jaringan internet.
1. Pembayaran Online
Kegiatan jual beli yang menggunakan uang tunai saat ini mengalami perubahan. Uang tunai tidak lagi digunakan secara fisik untuk ditukarkan dengan barang. Nilai uang tunai dapat ditransaksikan melalui aplikasi dalam telepon pintar.
Bahkan pedagang sayuran di pasar tradisional juga sudah familiar dengan cara ini. Banyak pedagang yang menyediakan kode pindai yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembayaran melalui telepon pintar. Untuk dapat menggunakan metode pembayaran seperti ini tentu harus terhubung dengan jaringan internet.
2. Pendidikan Daring
Selama pandemi Covid 19, semua jenjang pendidikan dialihkan dalam jaringan. Dibutuhkan kuota jaringan internet supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Awal penerapan kegiatan banyak yang mengalami kendala. Baik penggunaan perangkat elektronik, cara mengoperasikan sampai keterbatasan jarngan internet.
Namun seperti kata pepatah, " Alah bisa karena biasa." Saat ini semua personal dalam ranah pendidikan baik siswa maupun pengajar sudah terbiasa berkegiatan belajar mengajar dalam jaringan. Ragam aplikasi pembelajaran yang user friendly banyak dibuat untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar.
3. Pelaku Niaga
Kegiatan niaga menjadi salah satu yang bergerak cepat memanfaatkan teknologi informatika. Situasi saat pandemi menjadi pintu gerbang bagi pelaku usaha atau bisnis untuk merubah cara berniaga menjadi dalam jaringan.
Saat ini sudah tak terhitung lagi ragam aplikasi niaga dengan tujuan menarik minat pembelian pelanggan. Mulai dari aplikasi belanja online, aplikasi pembelian makanan siap saji sampai aplikasi pembelian bahan bangunan.
Tak ketinggalan layanan jasa ikut menggunakan ragam aplikasi untuk melayani kebutuhan pelanggan seperti; aplikasi layanan kesehatan, layanan kursus singkat, layanan penyewaan kendaraan sampai layanan jasa kebersihan rumah dan gedung.
4. Wisata Virtual
Umumnya orang berwisata dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun selama pandemi terdapat pembatasan kegiatan luar ruang. Ruang gerak terbatas tentu saja membuat pelaku perjalanan wisata tidak leluasa bepergian.
Dampak pada pelaku wisata akibat pembatasan kegiatan adalah menurunnya sumber pemasukan. Untuk mengatasi hal ini, beberapa pelaku perjalanan wisata mencoba mengemas layanan wisata menjadi virtual dalam jaringan.
Kemasan wisata virtual yang ditawarkan pada masyarakat menjadi obat untuk mengatasi kerinduan berwisata sekaligus mengusir rasa jenuh akibat pembatasan kegiatan.
Untuk dapat menikmati layanan wisata virtual mutlak dibutuhkan jaringan internet yang memadai. Pengalaman berwisata virtual dengan dukungan jaringan internet yang lancar tentu menjadi pengalaman yang seru dan mengasyikan.
5.Sajian Entertainment
Layanan hiburan seperti tayangan film, tontonan konten kreator sampai bermain game tersaji dalam jaringan. Selain pengguna harus mempunyai perangkat elektronik tentu saja harus didukung dengan jaringan internet memadai.
6. Digitalisasi Dokumen
Dahulu orang mendokumentasikan dokumen dengan cara mencatat secara manual segala informasi dokumen pada sebuah buku untuk disimpan. Penyimpanan buku menggunakan almari kayu atau besi yang terkunci.Â
Saat ini terdapat cara mendokumentasikan dokumen dengan cara digital. Cara ini diharapkan supaya informasi penting dapat terdokumentasi dengan baik.
IndiHome
Jaringan pita lebar IndiHome adalah produk dari Telkom Indonesia yang sudah melayani pelanggan dari Sabang sampai Merauke. Market share jumlah pelanggan IndiHome sendiri sebesar 87% atau sekitar 8,1 juta. Â Layanan IndiHome mencakup telepon, internet dan TV Interaktif.
Layanan telepon dan internet IndiHome dengan jaringan pita lebar menggunakan fiber optic yang terbentang sepanjang 166.343 km dari Sabang sampai Merauke atau setara 4 kali keliling bumi. Kecepatan transfer data IndiHome tersedia mulai dari 10 Mbps sampai dengan 300 Mbps.
Pilihan kecepatan data IndiHome tersedia dalam bentuk paket sesuai kebutuhan pelanggan. Pilihan kecepatan data disesuaikan dengan banyaknya perangkat yang akan menggunakan jaringan IndiHome. Untuk penggunaan perangkat dengan user 1 - 3 orang tersedia kecepatan jaringan sebesar 10 Mbps. Sedangkan kecepatan maksimal 300 Mbps untuk penggunaan sebanyak 25 - 30 perangkat.
Layanan Entertain IndiHome
Selain jaringan telepon dan internet, IndiHome mempunyai layanan jaringan untuk TV Interaktif. Terdapat Film dan Tayangan Unggulan IndiHome TV yang dapat dinikmati pelanggan sebagai hiburan.
Layanan TV Interaktif IndiHome mempunyai fitur unggulan berupa mundur, pause atau putar ulang tayangan TV yang berjalan. Selain itu kapasitas penyimpanan yang besar mampu merekam tayangan TV untuk ditonton kembali. Jika pengguna ketinggalan tayangan TV maka dapat memutar ulang acara live sampai dengan 7 hari ke belakang.
Tersedia juga hiburan untuk menyanyikan lagu tunggal atau karaoke pada IndiHoe TV. Supaya pelanggan dapat menikmati tayangan IndiHome TV secara premium dimana saja maka konten dapat dinikmati pada aplikasi UseeTV GO. Aplikasi ini dapat diunduh tanpa berbayar.
IndiHome untuk MengajarÂ
Saya pribadi menggunakan jaringan internet IndiHome tepat saat awal pembatasan kegiatan akibat pandemic Covid 19 dimulai. Sebagai seorang pengajar, otomatis kegiatan pengajaran saya harus beralih dalam jaringan. Mengingat frekuensi kegiatan dalam jaringan yang tinggi serta kebutuhan akan  jaringan internet stabil, maka saya memutuskan untuk mulai berlangganan internet IndiHome. Kebetulan sekali area tempat tinggal saya termasuk dalam jangkauan layanan IndiHome.
Proses pendaftaran dimulai dari website IndiHome. Tak selang berapa lama petugas IndiHome datang untuk mensurvei ketersediaan jaringan dalam area wilayah tempat tinggal saya. Beberapa hari kemudian datang petugas teknisi memasang perangkat IndiHome.
Layanan jaringan IndiHome yang saya butuhkan adalah layanan internet untuk memperlancar tugas mengajar. Pilihan saya jatuh pada kecepatan transfer data sebesar 20 Mbps. Setelah menyelesaikan administrasi tidak berapa lama saya bisa menggunakan layanan internet dari IndiHome.
Kesan Menggunakan IndiHome
Kesan yang saya dapatkan setelah menggunakan jaringan internet IndiHome adalah kecepatan transfer data sangat baik dan jaringan internet IndiHome tahan terhadap perubahan cuaca. Kebetulan tempat tinggal saya rawan dengan petir jika hujan deras datang. Namun jaringan internet IndiHome tidak terganggu sama sekali dengan sambaran petir yang bersahutan.Â
Selain itu ketika sedang menggunakan jaringan internet IndiHome melalui aplikasi pembelajaran, share screen materi berjalan lancar tanpa nge-lag sama sekali. Hal ini tentu mempermudah tugas saya ketika melakukan pengajaran. Siswa yang mengikuti materi pengajaran saya menjadi nyaman dan mudah memahami penjelasan tanpa adanya kendala gangguan jaringan. Hasil akhirnya kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan dan lancar.
Mempermudah Kegiatan Rumah Tangga
Fungsi lainnya dari jaringan internet IndiHome tentu saja untuk mempermudah kegiatan rumah tangga sehari-hari. Sejak awal pandemic Covid-19 sampai hari ini sudah tak terhitung lagi  tingkat ketergantungan saya pribadi terhadapa layanan online.
Mulai dari memesan bahan pangan untuk diolah menjadi masakan sampai membeli makanan siap saji. Mulai dari memesan obat dan alat kesehatan sampai mendatangkan layanan kebersihan rumah. Semua saya lakukan menggunakan aplikasi layanan yang terhubung dengan jaringan internet IndiHome.
Penutup
Ragam kegiatan digital saat ini sudah menjadi cara berkegiatan kekinian. Kebutuhan akan jaringan atau akses internet stabil saat ini naik kelas menjadi kebutuhan utama setelah sandang, papan dan pangan. Sebagai manusia pembelajar tugas kita adalah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.Â
Adanya jaringan internet IndiHome diharapkan dapat menjadi sarana pendorong yang menjembatani kebutuhan pengguna dalam berkegiatan digital.Â
Semoga jaringan internet IndiHome dapat terus melebarkan layanan digitalnya hingga menjangkau seluruh pelosok negeri. Semua demi pemerataan akses internet supaya dapat mendapatkan manfaat dalam berkegiatan digital. Jadi tunggu apalagi segera menggunakan jaringan internet IndiHome sebagai Internetnya Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H