Pandemi yang sudah memasuki tahun kedua telah membuat perubahan cara berkegiatan bagi sebagian besar masyarakat. Beralihnya kegiatan dari dunia nyata ke dunia maya berdampak pada bertambahnya penguasaan digital pada setiap bidang.
Saat ini hampir semua bidang memanfaatkan teknologi informasi melalui jaringan internet untuk berkegiatan. Mulai dari dunia pendidikan, layanan publik, transportasi umum, perniagaan, layanan kesehatan, aneka layanan jasa sampai kegiatan komunitas. Semua bidang memanfaatkan jaringan internet untuk berinteraksi dalam dunia maya.
Komunitas
Sebagai mahluk sosial manusia tidak bisa berkegiatan seorang diri. Manusia membutuhkan orang lain sebagai sharing partner dan jejaring untuk tetap dapat eksis dalam berkegiatan.
Komunitas adalah wadah sekumpulan orang yang mempunyai minat, hobi atau ketertarikan yang sama terhadap suatu hal tertentu. Contohnya komunitas buku dan blogger, komunitas kuliner, komunitas sepeda dan sebagainya.
Saat ini makna komunititas menjadi semakin luas. Tak jarang kebersamaan atas nama profesi menghasilkan sebuah komunitas baru. Contohnya komunitas ojek online, komunitas anak kereta, komunitas seniman, komunitas jalan-jalan, komunitas kuliner daerah dan sebagainya.
Sebelum pandemi banyak bermunculan komunitas yang berkegiatan luar ruang. Namun semenjak pandemi banyak komunitas berkegiatan melalui dunia maya.
Produktifitas dan Komunitas
Dampak pandemi menyebabkan tujuan kegiatan komunitas semakin luas. Jika dulu kegiatan komunitas hanya sekedar berkumpul sambil menjalankan hobi saja namun saat ini sudah mengarah pada produktifitas. Seperti kata pepatahÂ
Sambil menyelam minum air.Â
Sambil menjalankan hobi "cuan"pun dapat.
Keunggulan Komunitas yang Terdaftar
Ragam kegiatan komunitas dapat diikuti setiap individu dengan mempertimbangkan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan sebaiknya memilih  komunitas yang mempunyai aspek legalitas. Komunitas adalah organisasi perkumpulan. Oleh karena itu membutuhkan SK Badan Hukum Organisasi Perkumpulan dari Kemenkumham RI.
Jika masih ragu dengan keabsahan suatu komunitas, maka dapat memilih komunitas yang masuk dalam kegiatan CSR perusahaan besar. Salah satu contoh Program Akhir Tahun IndiHome yang membuka diri dengan menggandeng ragam komunitas untuk dapat berkarya bersama.
IndiHome sebagai penyedia layanan provider internet terbesar di Indonesia mempunyai fitur komunitas bernama Sobat IndiHome. Tujuannya menjadi wadah tempat berkumpulnya ragam komunitas dengan kegiatan yang bersifat elaborasi dan kolaborasi. Selain memperluas jaringan juga meningkatkan skill dan pengetahuan baik secara offline maupun online.
Sebagai perusahaan publik IndiHome memfasilitasi ragam kegiatan komunitas. Terlebih saat pandemi seperti sekarang ini. Banyak anak muda berkegiatan dari rumah saja. Kegiatan yang sering dilakukan adalah membuat dan mengunggah konten kekinian yang inspiratif. Tidak hanya sekedar mengunggah konten namun juga bisa mengumpulkan poin untuk memperoleh pendapatan.
Anak Muda dan Komunitas
Program Sobat IndiHome menyasar anak muda yang aktif berkegiatan sebagai freelancer, anak kuliahan dan pelajar. Harapannya dapat menyebarkan image brand meningkatkan loyalitas pelanggan dan berbagi inspirasi serta peluang.
Untuk menghindari keseragaman komunitas, maka diberikan batasan komunitas berdasarkan wilayah. Misalnya Komunitas Blogger Jakarta, Komunitas Blogger Bandung, Komunitas Ojek Online Jakarta, Komunitas Ojek Online Bandung dan sebagainya. Pendaftaran komunitas harus mendapat persetujuan dari Liaison Officer Digital (LOD) setempat. Jika sudah terdaftar maka individu bisa bergabung pada komunitas tersebut.
Penutup
Jika melihat program akhir tahun dari IndiHome berkaitan dengan kegiatan produktif melalui komunitas maka dapat disimpulkan kegiatan virtual ini sangat bermanfaat. Jadi tunggu apalagi kumpulkan poinnya ya SOBI, tetap kreatif, jaga kesehatan dan tetap semangat untuk memperoleh pendapatan tambahan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI