Mohon tunggu...
Bayu Angga Dwi Cahyono
Bayu Angga Dwi Cahyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PPG PRAJABATAN GELOMBANG 2 TAHUN 2024

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas pekuliahan Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

T1-8. Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

27 Desember 2024   09:16 Diperbarui: 27 Desember 2024   09:16 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
peInput Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit Foto))

Heyy para Guru Profesional!

Salam Pendidikan!

Semangat Indonesia

Nama saya Bayu Angga Dwi Cahyono bisa dipanggil Bayu atau Angga, saya merupakan Mahasiswa PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 LPTK Universitas Jember Bidang Studi PGSD.

Melalui beranda inspirasi ini, saya ingin memberikan hasil pikiran dan tanggapan saya yang merupakan tugas mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia yakni pada topik 1 dimensi Aksi Nyata.

Refleksi saya tulis dengan menggunakan alur MERDEKA. Alur ini terdiri dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata. Refleksi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada diri saya dan orang lain, khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai guru profesional di seluruh Indonesia. Antara lain, saya dapat memberitahu Anda:

Mulai Dari Diri (Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?)

Sebelum mempelajari topik perspektif sosiokultural, saya menyadari bahwa pemahaman saya mengenai perspektif sosiokultural dalam lingkup Pendidikan Indonesia sangatlah terbatas. Banyak isu-isu yang mungkin tidak saya ketahui. Saya di awal masih meraba-raba nantinya apa yang akan dibahas antara keterkaitan perspektif sosiokultural dengan dunia Pendidikan. Hal itu dipengaruhi karena ketidaktahuan saya secara mendalam mengenai topik ini. Namun, pada topik ini, saya juga memikirkan bagaimana pengaruh dan implementasi perspektif faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dapat berdampak dalam dunia Pendidikan (dalam hal ini proses pembelajaran) di Indonesia. Selain itu, Saya juga memikirkan bagaimana ilmu yang diperoleh nantinya saat mempelajari perspektif sosiokultural dapat saya terapkan Ketika saya berada pada situasi di mana saya menghadapi peserta didik dengan latar belakang, sosial, budaya yang berbeda-beda.

Eksplorasi Konsep (Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?)

Pada topik ini saya menemukan adanya pengaruh faktor sosial budaya, ekonomi, dan politik dalam proses Pendidikan dari sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan. Pendidikan yang diberikan tidak untuk mencerdaskan Masyarakat Indonesia akan tetapi membentuk mereka menjadi seseorang yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintahan Jepang maupun Belanda. Adanya teori sosiokultural ini membantu saya sebagai calon guru profesional untuk memahami berbagai keragaman yang ada baik dari konteks sosial dan kebudayaan yang ada di dalam perkembangan Pendidikan. Oleh karena itu, kita harus tetap meyakini bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik akan terus mempengaruhi perkembangan Pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun