Rancangan Program yang saya lakukan pada sebagai bentuk Aksi Nyata pada modul 3.3Â ini bertajuk "TEGUR" Temanku juga Guruku. Adapun tujuan dari dilaksanakannya program ini antara lain :
- Meningkatnya pemahaman murid tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas.
- Sejalan dengan meningkatnya pemahaman murid terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru meningkat pula prestasi belajar yang dimiliki oleh murid.
- Menumbuhkan lingkungan sekolah yang positif, dimana murid mampu untuk dapat saling berbagi pengetahuan
- Menumbuhkan kemandirian dalam diri murid untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh murid.
- Meningkatkan semangat berkolaborasi dan semangat gotong royong di dalam diri murid.
FACTS ( Peristiwa )
Latar Belakang
Menciptakan murid yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan pendidikan yang saat ini sedang digenjot untuk dapat tercapai. Karakter Profil Pelajar Pancasila sendiri memiliki 6 dimensi sikap, yaitu Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Gotong Royong dan Berkebhinekaan Global. Dengan dilaksanakannya Program "TEGUR" (Temanku juga Guruku) ini melatih murid untuk bisa mandiri mencari solusi dari permasalahan belajar yang mereka hadapi tanpa harus menunggu instruksi dari guru. Selain itu program ini juga meningkatkan kemampuan gotong royong murid, dimana murid bisa saling membantu temannya yang menemui kesulitan dalam proses pembelajaran di dalam kelasnya.
Program "TEGUR" (Temanku juga Guruku) ini tercipta berdasarkan hasil musyawarah antara guru dan murid di dalam kelas. Dari hasil musyawarah, murid cenderung lebih nyaman ketika meminta bantuan kepada temannya dalam menghadapi permasalahan pembelajaran yang mereka hadapi. Disamping itu murid juga diberikan kebebasan untuk memilih teman yang hendak mereka mintai bantuan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang mereka hadapi.
Program ini dilaksanakan di luar jam pembelajaran, sehingga tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Program ini selain dilaksanakan di dalam kelasnya, juga dilaksanakan oleh guru lain di masing-masing kelasnya. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang memiliki budaya positif dimana murid bisa saling bergotong royong dan berkolaborasi untuk meningkatkan prestasi belajar mereka.
Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata yang dilaksanakan oleh Calon Guru Penggerak yaitu Program "TEGUR" ( Temanku juga Guruku ). Program ini merupakan hasil musyawarah yang dilakukan oleh Calon Guru Penggerak bersama dengan murid dan telah dirancang menggunakan tahapan-tahapan dari BAGJA. Murid lebih merasa nyaman ketika meminta bantuan kepada temannya ketika mereka menemukan kesulitan dalam proses pembelajaran. Beberapa Langkah yang Calon Guru Penggerak Lakukan dalam melaksanakan program "TEGUR" ini yaitu :
Berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat.Â
Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menyamakan langkah yang akan dilakukan dari Program "TEGUR" dikarenakan Program ini bersifat menyeluruh dari murid kelas 1 sampai kelas 6
Gambar 1. Calon Guru Penggerak berkolaborasi dengan Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat menyamakan Persepsi dan Langkah Pelaksanaan Program "TEGUR"
Melakukan sosialisasi kepada murid
Guru memberikan pengarahan kepada murid tentang pentingnya sikap gotong royong untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar murid yang memiliki kemampuan lebih, mau untuk memberikan bantuan kepada temannya yang menemukan permasalahan dalam pembelajaran.
Â
Â
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan di luar jam pembelajaran di dalam kelas, sehingga tidak mengganggung jalannya proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Kegiatan ini dilakukan dengan siswa yang merasa menemukan kesulitan akan mencari temannya yang dirasa dapat membantunya menyelesaikan kesulitan yang dihadapi. Dalam pemilihan teman yang akan membantu, siswa diberikan kebebasan dalam memilih teman, sehingga diharapkan siswa dapat merasa nyaman ketika melakukan diskusi/sharing dengan temannya.
Hasil Aksi Nyata
Hasil yang dicapai setelah pelaksanaan program aksi nyata "TEGUR" ini antara lain :
- Meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi murid, serta meningkatnya pemahaman murid tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas.
- Prestasi belajar murid di dalam kelas mengalami peningkatan, disamping itu murid juga tidak merasa takut lagi apabila ingin mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang memiliki budaya positif, dimana murid mampu membantu dan berbagi pengetahuan dengan teman-temannya.
- Meningkatnya semangat berkolaborasi dan semangat gotong royong di dalam diri murid.
FEELINGS ( Perasaan )
Setelah melaksanakan program "TEGUR" ini saya merasa senang karena saya dapat merencanakan dan menerapkan program yang berdampak kepada murid. Murid juga dapat belajar untuk menyampaikan pendapatnya terkait program yang akan dilaksanakan di sekolah, program "TEGUR" ini merupakan suatu program hasil musyawarah antara guru dan murid. Dengan terlaksananya program ini, murid yang menemukan kesulitan dalam proses pembelajaran dapat terbantu oleh temannya. Dan murid yang memberikan bantuan tersebut, secara tidak langsung sudah menambah pengetahuan yang dimilikinya. Semangat gotong royong dalam proses pembelajaran yang sebelumnya belum nampak, mulai muncul ketika murid mulai bergerak kepada temannya untuk meminta bantuan memecahkan permasalahan pembelajaran yang mereka hadapi.
FINDINGS ( Pembelajaran yang Diperoleh )
Secara keseluruhan hasil yang didapat dari terlaksananya program "TEGUR" ini menunjukan perubahan sikap yang positif di dalam diri murid, khususnya dalam hal kemandirian dan jiwa gotong royong mereka. Disamping itu, prestasi belajar yang mereka dapatkan di dalam kelas juga mengalami peningkatan. Dengan terlaksananya Program "TEGUR" ini menyadarkan saya bahwa apabila dalam penyusunan program sekolah kita libatkan murid maka murid juga akan melaksanakan program tersebut secara sungguh-sungguh. Disamping itu murid ternyata bisa lebih nyaman mendiskusikan permasalahan pembelajaran yang mereka temui dengan teman sebayanya dibanding dengan orang tua mereka di rumah. Dengan meningkatnya kemampuan murid dalam hal kemandirian dan berkolaborasi dengan temannya tentunya akan membentuk murid yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila Mandiri dan Bergotong Royong. Serta akan mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman bagi murid dan memiliki budaya positif.
FUTURE (Rencana Perbaikan di Masa Mendatang)
Dalam setiap pelaksanaan program, diharapkan kita untuk bisa melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program yang telah kita lakukan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, kami menyusun rencana perbaikan dari program yang kami laksanakan, sehingga untuk kedepannya program tersebut dapat berjalan dengan maksimal. Adapun hasil dari evaluasi kami terhadap program "TEGUR" yang telah kami laksanakan adalah, kegiatan tersebut hendaknya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan dilaksanakannya program ini secara berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila di dalam diri murid di SD Negeri Kalirejo. Harapan lain dari berjalannya program ini secara berkelanjutan adalah murid merasa nyaman ketika berada di dalam lingkungan sekolah, dan juga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H