Membaca berita di media sosial tentang pasien BPJS yang sering bermasalah dengan pihak Rumah Sakit, saya suka geleng-geleng kepala. Mereka mengeluh atas perlakukan dan pelayanan pihak RS yang suka menganaktirikan pasien yang menggunakan BPJS.Â
Mulai dari pelayanan yang tidak ramah, disuruh nunggu hingga berjam-jam bahkan sampai "katanya" ada pasien BPJS tidak dilayani dengan sigap sehingga akhirnya meninggal dunia.
Berita-berita tersebut berseliweran di jejaringan median sosial yang kemudian dibumbui dengan komentar-komentar netizen yang pedas menyerang pihak RS tanpa mau mendengar sumber yang berbeda. Sejujurnya, saya sendiri tidak mudah langsung percaya dengan berita tersebut. Karena sebagai pengguna BPJS, hingga detik ini saya tidak pernah bermasalah dengan pihak rumah sakit mana pun ketika saya berobat.
Seperti yang saya alami sejak sebulan lalu, saya harus rajin kontrol ke RS.Hermina Karawang, kebetulan saya mendapat rujukan dari klinik untuk dilakukan tindakan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ortopedi yang ada di RS. Hermina.Â
Mungkin bukan kali ini saya berurusan dengan rumah sakit ini. Waktu terpapar covid tahun 2021 lalu, saya sempat mendekam alias diisolasi selama 10 hari di rumah sakit ini. Mulai dirujuk rawat inap hingga diperbolehkan kembali pulang ke rumah setelah 10 hari dilakukan isolasi dan perawatan.
Selama diisolasi, saya merasakan pelayanan rumah sakit benar-benar patut diacungin jempol. Mulai dari security, tim medis, dokter, suster hingga cleaning service, semua melakukan tugasnya dengan baik dan ramah. Ini bukan endorse ya. Tapi benar-benar ingin mengungkapkan rasa terimakasih atas pelayanan kepada pasien dengan sepenuh hati.
Setelah terbebas dari covid, saya sudah tidak pernah lagi berurusan dengan rumah sakit Hermina karena kondisi tubuh saya tidak pernah mengalami sakit yang mengharuskan di rawat di RS. Sampai pada akhirnya di bulan Desember 2023 lalu, lengan saya mengalami rasa sakit yang meradang.Â
Sempat menduga kalau itu hanya keseleo biasa tapi ternyata setelah berminggu-minggu berobat ke klinik tidak reda juga. Akhirnya saya dirujuk untuk konsultasi ke dokter ortopedi di RS Hermina.
Setelah sekian lama tidak menginjakkan kaki di rumah sakit itu, saya pun akhirnya berkunjung untuk berobat. Ternyata pelayanannya masih tetap baik. Dari pintu masuk disambut security yang ramah dan sopan. Ramah dan sopannya itu benar-benar terpancar dari raut wajahnya.Â