Era industri 4.0 adalah era dimana peran teknologi informasi menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Di era industri 4.0 ditambah dengan era digital saat ini menuntut bisnis untuk kreatif dan inovatif. Terlebih, kebiasaan pelanggan yang berubah drastis dengan lebih banyak dari mereka lebih senang membeli online.
Menyikapi tingginya tingkat persaingan yang ada di sektor bisnis saat ini, pemanfaatan teknologi informasi akan sangat membantu operasional bisnis. Tidak hanya dalam membantu dalam hal efektivitas kerja, namun juga membantu dalam hal kecepatan pengambilan keputusan bisnis. Dari problematika itulah yang menjadi dasar dari pengembangan aplikasi bisnis Barantum CRM & Call Center.
"Sebagai solusi sistem digital, Barantum CRM Omnichannel bisa diintegrasi ke berbagai saluran komunikasi, seperti email, WhatsApp, Telegram, Instagram, Facebook, dsb. Sehingga bisnis bisa membalas pesan dari seluruh channel hanya di satu halaman saja," ucap Handri Kosada, Chief Executive Officer Barantum.
Tak hanya itu, Barantum CRM & Call Center menawarkan solusi manajemen tim sales perusahaan dalam berbagai sektor. "Barantum CRM ini bertujuan untuk mengontrol proses penjualan dan penyajian laporan penjualan bisnis lebih akurat," kata Handri.
Harapannya, semua perusahaan yang menggunakan jasa dan solusi Barantum dapat memiliki 'senjata' paling ampuh untuk menaklukkan pasar penjualan sesuai dengan segmennya masing-masing.
Penggunaan CRM ini memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan operasional bisnis dengan kolaborasi internal bisnis lebih efektif, cepat dalam memberikan pelayanan dan menyelesaikan masalah pelanggan, hingga memangkas proses manual yang kerap memakan waktu.
"Untuk memudahkan operasional bisnis, kami memiliki Barantum CRM mobile. Aplikasi ini dapat diakses kapan pun dan dimana pun sehingga aktivitas sales lebih efektif," ucap Handri.
Handri menyadari bahwa kecepatan informasi dalam bisnis dan penjualan sangat diperlukan. Dengan penyampaian informasi yang praktis dan cepat, bisnis akan lebih diuntungkan karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan.
"Di era industri 4.0 ini, Barantum CRM bisa menjadi solusi bisnis untuk meningkatkan penjualan, menjalin komunikasi hubungan pelanggan, hingga mempertahankan pelanggan," jelas Handri. "Ditambah, fiturnya yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan," tambahnya.
"Proses perusahaan menuju digitalisasi pasti akan terbantu dengan adanya Barantum CRM ini. Apalagi fitur-fitur yang semakin berkembang dan kemampuannya yang telah berevolusi untuk mengatasi berbagai skenario kendala dalam bisnis," kata Handri.
Handri mengungkapkan, "Kami telah dipercaya oleh ribuan pelanggan dari berbagai sektor industri. Dan, kami akan terus melakukan inovasi seiring berkembangnya teknologi digital."
Adanya ribuan pelanggan yang mempercayakan bisnisnya memakai Barantum CRM ini menunjukkan bahwa Barantum memiliki pengalaman dalam implementasi CRM dan terus melakukan mengimprovisasi sejalan dengan perkembangan era digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H