Tingkatkan Omzet Penjualan Bisnismu Dengan CRM
CRM (Customer Relationship Mangement) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Dengan Customer Relationship Mangement membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan.
Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan sistem CRM. Sebaiknya, Anda memilih sistem CRM yang tepat untuk bisnis Anda, yang fiturnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda seperti Barantum CRM.
Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Manfaat CRM untuk Bisnis Anda
1. Menjangkau banyak pelanggan
Sistem CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.
2. Kepuasaan pelanggan meningkat
Pelanggan akan merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.
Dengan penggunaan CRM, aktivitas pelanggan Anda akan terekam sehingga sales dapat mengetahui produk atau jasa apa saja yang diperlukan oleh pelanggan.
3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan
Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.
Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.
Dengan menggunakan aplikasi CRM, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah karena operasional bisnis Anda yang lebih efektif dan efisien.
4. Meningkatkan efisiensi kerja
Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.
Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.
Fitur-Fitur CRM yang Dapat Optimalkan Bisnis Anda
Untuk membantu memilih Customer Relationship Mangement yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan bisnis.
Dengan penggunaan CRM ini, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur CRM yang mengoptimalkan bisnis Anda, termasuk dalam pelayanan dan penjualan bisnis.
1. Terintegrasi API
Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.
2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis
Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.
3. Manajemen tugas lacak KPI
Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.
4. GPS tracking
Memiliki fitur Live GPS yang dapat memonitor keberadaan sales saat sedang visit ke lokasi pelanggan.
5. Mobile app
Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena software dapat diakses dimanapun karyawan Anda berada.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H