Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Omzet Meningkat Ribuan Kali Lipat dengan CRM? Cek Fakta Manfaatnya

21 Juni 2022   16:25 Diperbarui: 23 Juni 2022   08:30 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem CRM (sumber: forbes.com)

Tingkatkan Omzet Penjualan Bisnismu Dengan CRM

CRM (Customer Relationship Mangement) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Dengan Customer Relationship Mangement membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan.

Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan sistem CRM. Sebaiknya, Anda memilih sistem CRM yang tepat untuk bisnis Anda, yang fiturnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda seperti Barantum CRM.

Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

1. Menjangkau banyak pelanggan

Sistem CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Pelanggan akan merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Dengan penggunaan CRM, aktivitas pelanggan Anda akan terekam sehingga sales dapat mengetahui produk atau jasa apa saja yang diperlukan oleh pelanggan.

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Dengan menggunakan aplikasi CRM, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah karena operasional bisnis Anda yang lebih efektif dan efisien.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.

Fitur-Fitur CRM yang Dapat Optimalkan Bisnis Anda

Untuk membantu memilih Customer Relationship Mangement yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan bisnis.

Dengan penggunaan CRM ini, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur CRM yang mengoptimalkan bisnis Anda, termasuk dalam pelayanan dan penjualan bisnis.

1. Terintegrasi API

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat memonitor keberadaan sales saat sedang visit ke lokasi pelanggan.

5. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena software dapat diakses dimanapun karyawan Anda berada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun