Mohon tunggu...
barak narwastupermai
barak narwastupermai Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar sekolah

Hobi main game

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pengaruh Game Online terhadap Hasil Belajar dan Perstasi Akademik Siswa

21 Oktober 2024   10:18 Diperbarui: 21 Oktober 2024   12:56 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

* Pendahuluan:

   * Latar Belakang: Jelaskan tentang maraknya penggunaan game online di kalangan siswa, serta kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap prestasi belajar.

   * Rumusan Masalah: Buatlah pertanyaan penelitian yang jelas dan spesifik, misalnya: Apakah ada hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online dengan nilai ujian siswa?

   * Tujuan Penelitian: Jelaskan tujuan utama penelitian, yaitu untuk mengetahui pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa.

   * Manfaat Penelitian: Jelaskan manfaat penelitian, baik secara teoritis maupun praktis.

 * Tinjauan Pustaka:

   * Teori Belajar: Jelaskan teori-teori belajar yang relevan, seperti teori motivasi, teori kognitif, dan sebagainya.

   * Penelitian Terdahulu: Lakukan kajian terhadap penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik ini.

   * Kerangka Konseptual: Buatlah model konseptual yang menggambarkan hubungan antara variabel-variabel penelitian.

 * Metode Penelitian:

   * Jenis Penelitian: Tentukan jenis penelitian yang akan digunakan (kuantitatif, kualitatif, atau campuran).

   * Populasi dan Sampel: Tentukan populasi dan sampel penelitian yang representatif.

   * Teknik Pengumpulan Data: Jelaskan teknik pengumpulan data yang akan digunakan, misalnya kuesioner, wawancara, atau dokumentasi.

   * Instrumen Penelitian: Jelaskan instrumen penelitian yang akan digunakan, seperti kuesioner untuk mengukur intensitas bermain game online dan prestasi akademik.

   * Teknik Analisis Data: Jelaskan teknik analisis data yang akan digunakan, misalnya statistik deskriptif, uji korelasi, atau uji regresi.

 * Hasil Penelitian:

   * Presentasi Data: Sajikan data dalam bentuk tabel, grafik, atau narasi.

   * Analisis Data: Analisis data berdasarkan hipotesis yang diajukan.

   * Pembahasan: Jelaskan hasil analisis data dan hubungkan dengan teori dan penelitian terdahulu.

 * Kesimpulan dan Saran:

   * Kesimpulan: Tarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian.

   * Implikasi: Jelaskan implikasi hasil penelitian bagi dunia pendidikan.

   * Saran: Berikan saran untuk penelitian selanjutnya dan upaya mengatasi masalah yang ditemukan.

Poin-poin Penting:

 * Definisi Operasional: Jelaskan secara jelas apa yang dimaksud dengan "game online", "intensitas bermain", dan "prestasi akademik".

 * Variabel Penelitian: Identifikasi variabel independen (intensitas bermain game online) dan variabel dependen (prestasi akademik).

 * Kontrol Variabel: Pertimbangkan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian, seperti jenis kelamin, usia, status sosial ekonomi, dan latar belakang keluarga.

 * Etika Penelitian: Pastikan penelitian Anda mengikuti prinsip-prinsip etika penelitian.

Contoh Pertanyaan Penelitian:

 * Bagaimana pengaruh durasi bermain game online terhadap kemampuan konsentrasi siswa dalam belajar?

 * Apakah ada perbedaan prestasi akademik antara siswa yang sering bermain game online dengan siswa yang jarang bermain game online?

 * Jenis game online apa yang paling banyak dimainkan oleh siswa dan bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar?

Tips Tambahan:

 * Konsultasi dengan Dosen: Diskusikan rencana penelitian Anda dengan dosen pembimbing.

 * Gunakan Alat Bantu Penelitian: Manfaatkan software statistik seperti SPSS atau R untuk menganalisis data.

 * Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa: Pastikan penulisan laporan penelitian Anda baik dan mudah dipahami.

Ingin saya bantu mengembangkan bagian tertentu dari penelitian ini? Misalnya, saya bisa membantu Anda:

 * Mencari referensi penelitian terdahulu

 * Menyusun kuesioner

 * Menentukan teknik analisis data yang tepat

Silakan berikan pertanyaan spesifik Anda.

Disclaimer: Ini hanyalah kerangka umum. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan minat penelitian Anda.

Contoh Hasil Penelitian (Hipotetis):

 * Hasil: Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara intensitas bermain game online dengan nilai rata-rata siswa. Semakin sering siswa bermain game online, semakin rendah nilai rata-rata yang diperoleh.

 * Pembahasan: Hasil ini menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dapat mengurangi waktu belajar siswa, sehingga berdampak pada penurunan prestasi akademik.

Metodologi Penelitian

1. Jenis Penelitian

 * Kuantitatif: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh antara variabel independen (intensitas bermain game online) dan variabel dependen (prestasi akademik). Pendekatan kuantitatif memungkinkan kita untuk menganalisis data secara numerik dan menggeneralisasi hasil penelitian.

2. Desain Penelitian

 * Korelasional: Desain penelitian korelasional akan digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas bermain game online dan prestasi akademik. Desain ini memungkinkan kita untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan antara kedua variabel tersebut.

3. Populasi dan Sampel

 * Populasi: Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di [Nama Kota/Kabupaten].

 * Sampel: Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak [Jumlah Sampel] siswa dari populasi yang telah ditentukan.

4. Variabel Penelitian

 * Variabel Independen: Intensitas bermain game online (diukur dalam jam per hari).

 * Variabel Dependen: Prestasi akademik (diukur melalui nilai rapor semester terakhir).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun