Mohon tunggu...
Rizky Nur Zamzamy
Rizky Nur Zamzamy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pendiri dan Pemateri Pesantren Kilat Copywriting

Rizky Nur Zamzamy adalah Pendiri dan Pemateri Pesantren Kilat Copywriting (PKC), sebuah Workshop Copywriting Intensif dan Komprehensif yang dilakukan secara online melalui Grup Telegram. PKC merupakan Cara Instan Belajar Copywriting Dari Awam Sampai Paham. Info lengkap tentang PKC ada di: https://bit.ly/infopkc7

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Belajar "Copywriting" dari Allah dan Rasulullah Muhammad SAW

9 Mei 2020   16:42 Diperbarui: 9 Mei 2020   16:33 612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bismillaahirrohmaanirrohiiim

Alhamdulillah Awalu wal Akhiru
Allahummasholy 'Ala Sayyidina Muhammad wa 'Ala 'Aly Sayyidina Muhammad

Robishrohli Shodri Wayassirli Amri Wahlul Uqdatammilisaani Yafqohu Qouli

'Amma Ba'du...

Alhamdulillah pada hari ini berkat Rahmat ALLAH kita dapat bertemu secara online di sini.

Sholawat dan Salam kita sampaikan kepada Rasulullah Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya, seluruh kerabat dan sahabatnya sampai akhir zaman, mudah-mudahan termasuk kita semua.

Mudah-mudahan kita semua termasuk golongan orang yang memperoleh Syafa'at beliau di akhirat nanti.

'Aaaamiiiin Ya Robbal'alamiiiin...

Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi apa-apa yang sebenarnya sangat jelas ada di depan mata sebagai Sumber Berbagai Ilmu, termasuk Ilmu Copywriting, yaitu: Al-Quran yang berisi Firman ALLAH SWT dan Al-Hadits alias Sunnah Rosul yang berisi ujar-ujar Rasulullah Muhammad SAW.

Al-Quran dan Assunnah itu berisi pesan-pesan. Pesan untuk apa?

Agar Hamba-hamba ALLAH yaitu Ummat Manusia bertaqwa  kepada ALLAH dan Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam arti mengerjakan semua yang ALLAH perintahkan dan meninggalkan semua yang ALLAH larang.

Dalam menyampaikan pesan-pesan tersebut di Al-Quran, ALLAH SWT menyampaikannya dengan sangat indah dan powerful melalui:

1. Menceritakan Kisah-Kisah

Misalnya kisah para Nabi mulai dari Nabi Adam A.S. sampai dengan Nabi Muhammad SAW.

Kisah orang-orang yang beriman, seperti kisah Siti Maryam, Lukman dan 3 orang yang tidur selama 300 tahun di dalam gua, dan lain-lain.

Kisah orang-orang yang sesat, seperti Kabil, Raja Namrud, Fir'aun, Qorun, dan lain-lain.

Dari sini yang bisa kita pelajari adalah dalam kita menyampaikan pesan-pesan pemasaran kita melalui Copywriting, kita perlu juga menceritakan kisah-kisah alias Story Telling.

Misalnya: Kisah bagaimana perjuangan kita memulai Brand kita. Kisah sukanya. Kisah dukanya. Kisah lucunya.

Mungkin sebelum berhasil, mengalami jatuh bangun dulu. Mungkin ada semacam "story of miracle" di situ atau semacam pertolongan ALLAH dengan sabab seseorang atau sesuatu.


Semua kisah-kisah di atas, bila disampaikan dengan Story Telling yang baik, maka akan jadi Brand Story yang bagus yang akan sangat besar manfaatnya dalam Anda membangun Brand.

Itu yang pertama.

2. Menyampaikan dengan menggunakan Perumpamaan

Dalam menyampaikan pesan di Al-Quran, ALLAH seringkali menggunakan berbagai perumpamaan.

"Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat."

Di atas itu salah satu contoh perumpamaan yang ada di Surah Al-Baqarah, Ayat 265.

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Di atas itu contoh lain lagi dari perumpamaan. Ada di Surah Al-Baqarah, Ayat 261.

"Tidakkah kalian memperhatikan bagaimana Allah menjadikan perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik yang akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit. Pohon tersebut senantiasa memberikan buahnya setiap musim dengan izin Tuhannya dan Allah menjadikan perumpamaan-perumpamaan untuk manusia agar mereka ingat." (QS. Ibrahim[14]: 24-25)

Di atas itu contoh lain lagi, dari perumpamaan yang ada di Al-Quran.

Terapannya dalam Ilmu Copywriting adalah kemaslah pesan-pesan pemasaran Anda dengan memakai berbagai macam perumpamaan.

Di materi-materi Kelas Online Pesantren Kilat Copywriting saya menyampaikan banyak Tips atau Formula Copywriting yang berkaitan dengan perumpamaan, misalnya:

- Metafora

- Personifikasi, dan
- Simile

Karena perumpamaan itu membuat sebuah pesan sampai dengan jauh lebih kuat. Jauh lebih jernih.

Dua poin di atas adalah sedikit dari apa yang bisa kita pelajari dari ALLAH khususnya melalui Al-Quran tentang Ilmu Copywriting.

Di bawah ini adalah salah satu yang bisa kita pelajari dari Rasulullah Muhammad SAW tentang ilmu yang sama.

3. Dalam Hadits, Rasulullah Pernah Memakai Pola Kalimat: "TIDAKLAH..., KECUALI...". Kita Tiru Polanya.

Rasulullah Muhammad SAW dalam menyampaikan dakwah-dakwahnya seringkali memakai struktur-struktur kalimat yang sangat powerful untuk meyampaikan pesan.

Struktur-struktur atau pola-pola kalimat yang powerful ini, beberapa di antaranya pernah saya sampaikan dalam Kulgram (Kuliah di Grup Telegram) yang berjudul "Belajar Copywriting dari Rasulullah Muhammad SAW" yang kemudian saya jadikan video materi Kelas Online Pesantren Kilat Copywriting.

Namun pola "TIDAKLAH..., KECUALI..." ini belum tercantum di sana.

Rasulullah pernah mengatakan "Tidaklah aku diturunkan ke dunia, kecuali untuk menyempurnakan akhlak."

Dengan pola seperti ini, isi pesan "untuk menyempurnakan akhlak" jadi sampai dengan sangat tajam.

Bagaimana terapannya untuk Brand kita?

Di bawah ini adalah salah satu contohnya:

"Tidaklah Materi-Materi Pesantren Kilat Copywriting (PKC) Dibuat, Kecuali untuk Menjadikan Copywriting Anda Hebat."

Demikianlah hari ini saya sharing "3 Jurus Copywriting" yang saya pelajari dari ALLAH (Al-Quran) dan Rasulullah Muhammad SAW.

Tentu saja masih banyak mutiara dan berlian Copywriting yang tersimpan di Al-Quran dan Al-Hadits. Mau menggali kekayaan itu atau tidak? 

Sepenuhnya tergantung kita.

Semoga bermanfaat.

Aaaamiiiin Ya Robbal'alamiiiin...

Alhamdulillah Awalu wal Akhiru

Allahummasholy 'Ala Sayyidina Muhammad wa 'Ala 'Aly Sayyidina Muhammad.

N.B.:

Bila ada yang ingin ditanyakan atau ingin diskusi tentang Copywriting, silakan join Grup Telegram (tidak berbayar) PKC Publik di:

https://t.me/pkcpublik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun