Mohon tunggu...
Rizky Nur Zamzamy
Rizky Nur Zamzamy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pendiri dan Pemateri Pesantren Kilat Copywriting

Rizky Nur Zamzamy adalah Pendiri dan Pemateri Pesantren Kilat Copywriting (PKC), sebuah Workshop Copywriting Intensif dan Komprehensif yang dilakukan secara online melalui Grup Telegram. PKC merupakan Cara Instan Belajar Copywriting Dari Awam Sampai Paham. Info lengkap tentang PKC ada di: https://bit.ly/infopkc7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Copywriting di Digital Marketing, Seberapa Penting?

5 Mei 2020   10:41 Diperbarui: 5 Mei 2020   10:43 752
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Copywriting di Digital Marketing yang dilakukan oleh mulai dari (sebagian besar) Pabrikan Kelas Kakap sampai UKM Kelas Teri, ternyata belum dianggap penting sama sekali.

Ini nampak dari kinerja aktivitas Digital Marketing mereka yang sampai kepada saya. Baik itu postingan di Sosial Media atau iklan di Google Network. 

Banyak postingan mereka di Instagram yang sekadar menampilkan foto produk, sebut saja busana pria atau wanita, lalu Copywritingnya hanya "650k". Jadi komunikasinya cuma "ini loh produk saya dan harganya Rp 650 ribu."

Boleh jadi mereka dapat order dengan postingan model begitu. Bisa juga tidak.

Kalau dengan begitu saja dapat order, bisa dipastikan order mereka akan meningkat pesat bila Copywritingnya misalnya dibuat seperti ini "Pantas Buat Dipakai untuk Menghadap Pak Jokowi. Cuma Rp 650 ribu."

Itu headlinenya. 

Deskripsinya bisa menguatkan daya tarik dengan menyampaikan keunggulan-keunggulan produk yang memang dicari pelanggan. 

Berkat Copywriting di atas yang disampaikan bukan sekedar produk dan harganya, melainkan juga manfaat emosional dan rasional sekaligus. Dengan demikian diharapkan daya jual postingan tadi jadi meningkat pesat.

Selain pentingnya peran Copywriting di postingan media sosial, simak di bawah ini peran penting Copywriting di berbagai aktivitas Digital Marketing lainnya dalam meningkatkan sales dan membangun Brand.

1. Copywriting di Pemilihan Nama Brand.

Di era Digital sekarang ini, bahkan saat Anda memilih nama untuk Brand Anda, Anda sudah harus mempertimbangkan aspek Digital Marketingnya. Misalnya, bagaimana bila nama Brand Anda dikasih ".com" di belakangnya? Apakah cukup seksi dan mudah diingat oleh khalayak sasaran Anda? Dan apakah cukup relevan dengan produk atau jasa yang Anda jual? 

Anda perlu Ilmu Copywriting untuk mencapai ketiga hal ini. 

2. Copywriting di Website

Metadata yang ada di tiap website akan berfungsi lebih baik guna mendatangkan pengunjung dari Search Engine, bila ditulis dengan Copywriting yang baik. 

Ini menyangkut Judul, Kata Kunci dan Deskripsi serta lain-lain hal yang ada di metadata yang secara kasat mata tidak terlihat oleh pengunjung.

Selain itu, Copywriting juga sangat penting bagi website buat menarik minat pengunjung untuk mengeksplor website Anda lebih lanjut dan "melakukan aksi tertentu," seperti: memasukkan nama dan alamat email untuk menerima info lebih lanjut dari Anda, atau klik link "Buy Now" untuk membeli produk Anda. 

Website yang memiliki Sales Letter yang ditulis dengan Copywriting yang baik bisa dipastikan selalu punya daya jual yang jauh lebih tinggi dibanding dengan yang tidak.

3. Copywriting di Email Marketing

Email sejak dulu sampai saat ini masih jadi senjata ampuh bagi para Digital Marketer Nasional maupun Internasional. 

Copywriting di Email Marketing berfungsi untuk meningkatkan "Open Rate" (Seberapa banyak email kita dibaca) dan "Click Through Rate" (Sebarapa banyak link yang ada di email diklik). 

Copywriting yang baik pada Judul Email akan meningkatkan Open Rate. Copywriting yang baik pada isi email akan meningkatkan Click Through Rate.

4. Copywriting di Iklan Online

Bila Anda beriklan di Jaringan Google, (Google Adwords, Google Display Network, YouTube) atau di Jaringan Facebook (Facebook Ads dan Instagram Ads), maka Copywriting berperan sangat penting di semua bentuk iklan yang Anda pilih.

Link Ads, Banner Ads, Digital Posters dan Video Ads Anda tidak akan memberi hasil maksimal, bila Copywritingnya amburadul.

Copywriting yang tepat untuk Judul, Deskripsi dan Dialogue dari iklan-iklan online Anda akan menuai response yang bisa jadi melebihi harapan.

5. Copywriting di Chat Machine Marketing

Bila Anda menggunakan Line dan Grup WhatsApp serta Telegram dalam rangka memasarkan Brand Anda, maka tipe Copywriting seperti apa yang berhasil? Apakah yang tiap kali posting selalu posting iklan? Atau selalu posting info atau tips yang bermanfaat buat member? Atau kombinasi yang tepat dan seimbang antara keduanya? 

Bila Anda terlalu "ngiklan" member lain tentu bakal menggerutu. Seringnya Anda posting yang bermanfaat untuk Member Grup akan menimbulkan respek mereka dan membuat Anda dipandang sebagai "Ahli" atau "Master" di bidang Anda. 

Setelah persepsi "Ahli" ini Anda peroleh baru Anda "jualan" dengan Copywriting yang cadas, hasilnya pasti lebih mantul! 

Selain di kelima aktivitas tadi, aktivitas Digital Marketing lainnya juga perlu Copywriting yang menjual, seperti: Story Telling, Blogging, Forum Marketing, dan lain-lain.

Bila Anda saat ini pengusaha pabrikan atau praktisi UKM yang merasa belum memanfaatkan Copywriting dalam aktivitas Digital Marketing Anda dan Anda memiliki dana memadai, bersegeralah untuk mempekerjakan Copywriter yang handal.

Bila dana belum memadai? Dan Anda sendiri yang melakukan aktivitas Digital Marketing untuk memasarkan Brand Anda? Bila demikian, maka sangat penting bagi Anda untuk menguasai Ilmu Copywriting. 

Mengapa?

Karena Copywriting buat Digital Marketing sepenting aki buat mobil.

Tidak ada Digital Marketing yang hebat, tanpa Copywriting yang dahsyat.

N.B.:

Bila Anda memiliki pertanyaan atau ingin berdiskusi tentang Copywriting, silakan join Grup Telegram Pesantren Kilat Copywriting di: t.me/pkcpublik.

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun