Mohon tunggu...
Bang Den
Bang Den Mohon Tunggu... Internet Mareketer -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manfaat SSL untuk Toko Online dan Website

20 November 2015   04:56 Diperbarui: 20 November 2015   08:31 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era moedern seperti ini, mungkin sudah tidak asing lagi jika kita menggunakan internet sebagai sarana kehidupan sehari-hari kita. Dengan adanya internet ini banyak pula manfaat positif yang dapat kita manfaatkan, contohnya adalah mendatangkan penghasilan dari berjualan online, mendapatkan informasi yang lebih cepat, dapat berkomunikasi kepada semua orang tanpa ada batasan jarak, dan masih banyak lainnya. Namun perlu diketahui dengan adanya internet di era modern seperti ini masih memiliki efek negatif seperti halnya, dapat mengakses situs porno, judi online, kriminalitas dunia maya atau disebut dengan cyber crime, dll.

Kali ini saya akan mengulik tentang SSL (Scure Socket Layers) Certificates, E-commerce (Toko Online) dan Cyber Crime sebagai topik utama pada artikel ini.

Riset Toko Online Di Indonesia

Perlu Anda ketahui untuk pertumbuhan toko online di Indonesia sendiri terbilang sangat fantastis jauh dari apa yang pernah dikira-kira. Kami mengambil data research dari Menkominfo pada tahun 2013 pertumbuhan toko online di Indonesia sudah menyentuh angka transaksi sebesar Rp130 triliun. Pada awal tahun perusahaan E-Commerce 2012 mencatat transaksi toko online berada pada 41% di dominasi dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Di perjalanan waktu dalam kurun enam bulan pertumbuhan pembeli di kota-kota besar tersebut turun menjadi 22%. Menurut lembaga riset ICD dengan membaca data di atas menyimpulkan bahwasannya kotak-kota kecil tidak mau ketinggalan dengan berbelanja online.

Lembaga riset ICD pun memperkirakan pertumbuhan toko online di Indonesia dengan rentan tahun 2012-2015 akan mencapai pertumbuhan sebesar 42%. Angka tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti Malaysia 14%, Thailand 22%, dan Filipina 28%. Tentu saja nilai pertumbuhan sebanyak itu dapat menggoda para investor asing maupun dalam negeri untuk beramai-ramai menanamkan modalnya pada E-Commerce Indonesia. Karena menurut mereka ini merupakan tambang emas untuk meraup untung sebanyak-banyaknya.

Prilaku Konsumen Indonesia

Dengan besaran presentase pertumbuhan toko online di Indonesia seperti yang sudah disebutkan di atas tidak terlepas dari prilaku konsumen sendiri untuk menumbuhkan bisnis online tersebut. Prilaku konsumen di Indonesia menurut saya masih kurang dalam hal kepercayaan jika membeli barang yang tidak mereka lihat secara langsung. Hal ini yang dapat menghambat pertumbuhan pasar online di Indonesia. Hal tersebut merupakan titik wajar yang dipunyai oleh setiap manusia yang memiliki rasa was-was. Maka dari itu saya menghimbau kepada semua pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara online untuk menerapkan sistem aman pada media penjualannya.

Dengan menciptakan keamanan saat berbelanja kemungkinan besar akan timbul rasa kepercayaan terhadap konsumen untuk membeli produk-produk yang dijual secara online. Maka dari itu utamakan kenyamanan dan pelayanan terhadap pelanggan untuk mendpatkan income yang lebih besar lagi.

Saya memiliki beberapa saran untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli saat mengunjungi situs atau toko online yang Anda miliki.

  1. Berikan informasi secara jelas mengenai toko online Anda dan keberadaan Anda. Jika perlu menggunakan badan hukum sebagai naungan toko online Anda, boleh menjadikannya CV atau PT.
  2. Gunakan website sebagai sarana toko online jangan hanya menggunakan sosmed sebagai toko online Anda. Karena hal tersebut akan membatasi konsumen untuk menggali lebih dalam informasi mengenai toko online Anda.
  3. Gunakan domain berbayar. Jika perlu menggunakan domain yang disediakan oleh PANDI seperti .co.id dan .id yang mengharuskan Anda untuk menyerahkan beberapa dokumen mengenai bisnis Anda yang akan divalidasi oleh pihak PANDI untuk mendapatkan domain tersebut.
  4. Gunakan tampilan website yang bagus, rapi, eye catching, dan berikan informasi yang jelas terhadap produk yang Anda jual.
  5. Gunakan sistem belanja mode aman. Mulai dari pemilihan produk hingga proses check out.
  6. Terapkan beberapa metode pembayaran, minimal dua metode pembayaran. Bertujuan untuk memudahkan pembayaran konsumen.
  7. Gunakan SSL (Scure Socket Layers) Certificates sebagai jaringan website Anda.

Menurut saya dengan beberapa poin di atas sudah cukup jelas dan dapat Anda mengerti. Namun untuk SSL (Scure Socket Layers) Certificates menurut saya masih banyak yang belum mengerti untuk penerapan pada toko online. Baik saya akan jelaskan sedikit mengenai Sertifikat SSL.

Pengertian dan Manfaat SSL

Seperti halnya yang dilansir Rumah SSL, SSL Certificates adalah metode teknologi terbaru dan tercanggih untuk mengenkripsi data sensitif dan bersifat privacy, seperti halnya informasi pribadi, email pribadi, data kartu kredit, alamat, password, dan data-data yang dianggap dianggap krusial. SSL tersebut akan bekerja sebagai polisi di tengah-tengah jalur koneksi Anda kepada konsumen. Setiap data yang keluar masuk akan selalu diperiksa dan dienkripsi dengan logika dan algoritma yang sangat rumit tentunya.

Dengan menggunakan SSL Certificates ini dapat meminimalisirkan beberapa kemungkinan pencurian data pelanggan oleh Hacker dan penipuan terhadap konsumen. Dengan penginstallan SSL Certificates Anda harus diwajibkan melalui beberapa tahap verifikasi untuk mendapatkan sertifikat online tersebut. Dengan adanya prosedur tersebut akan menekan jumlah toko online palsu atau penipuan berkedok toko online.

 

Ada beberapa macam sertifikat SSL yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Macam-macam SSL Certificates diantaranya:

  • DV atau Domain Validation.
  • OV atau Organization Validation.
  • EV atau Extended Validation.

Apa Bedanya dan Manakah Yang Cocok?

Untuk Anda yang mempunyai toko online sekelas usaha pribadi atau UKM cukup menggunakan SSL DV (Domain Validation). Dimana domain toko online Anda akan divalidasi kebenarannya untuk kepemilikannya, minimal menggunakan KTP sebagai penanggung jawab. Lalu untuk usaha atau bisnis menengah? Jika kelas usaha atau bisnis Anda kelas menengah. Silahkan menggunakan SSL OV (Organization Validation). Dimana Anda akan dimintai beberapa dokumen resmi kepemilikan bisnis yang terdaftar di lembaga Kepemerintahan Indonesia. Lalu SSL EV (Extended Validation) ditujukan untuk bisnis yang kelasnya menengah ke atas atau memang sudah benar-benar memiliki bisnis yang terpercaya. Karena tahapan SSL EV merupakan tahapan yang sangat ketat untuk memvalidasi keabsahan bisnis Anda.

Berikut Merupakan Perbedaan SSL

SSL Domain Validation.

Akan tampak tulisan warna hijau pada urlnya, menggunakan icon gembok pada ujung url, dan menggunakan https, tidak lagi menggunakan http.

SSL Organization Validation.

Tidak jauh beda dengan Domain Validation hanya saja ketika mengklik icon gembok hijau akan muncul keterangan Secure Server CA tidak lagi menggunakan keterangan Domain Validation CA.

SSL Extended Validation.

SSL EV cukup istimewa, selain menggunakan url https, icon gembok berwarna hijau, dan tulisan berwarna hijau pada awalan protokol. EV memiliki fitur green bar, dimana pada kolom url di browser akan tampak background hijau yang menampilkan informasi keabsahan website tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan atau Membelinya?

Untuk mendapatkan SSL anda dapat membelinya dari beberapa provider penjual SSL. Banyak sekali penjual SSL dengan harga murah di halaman pencarian google seperti NameCheap, GoDaddy, Domainesia, Jagoan hosting, dll. Seperti halnya salah satu website yang saya jumpai di halam mesin pencarian dan menurut saya menawarkan harga termurah, yaitu RumahSSL.com yang menjual SSL dengan harga murah dan mempunyai banyak pilihan SSL dari berbagai vendor terkenal. Saya pun sempat kroscek sebentar untuk menanyakan SSL kepada RumahSSL.com dan mereka menjelaskan dengan detail. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk bertanya SSL mana yang cocok untuk website toko online Anda.

Sekian dulu tips dan trik yang saya berikan mengenai manfaat dan pengaruh SSL terhadap toko online. Semoga artikel saya dapat membantu Anda dan dapat memberikan Anda wawasan yang lebih bagi yang belum mengetahuinya. Saya juga memohon maaf apabila ada salah kata pengetikan dan maksud dari makna artikel. Saya tidak bermaksud untuk apa-apa hanya saja ingin memberikan informasi untuk calon pelaku bisnis online baru. Jika salah tolong diingatkan.

Terima Kasih

========================

Dikutip dari beberapa sumber:

http://blogs.wsj.com/indonesiarealtime/2014/08/30/just-looking-indonesia-still-not-down-with-online-shopping/

http://www.icd-research.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Transport_Layer_Security

https://www.rumahssl.com/pengertian-tentang-ssl-scure-socket-layers/

http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/

https://www.globalsign.com/en/ssl-information-center/types-of-ssl-certificate/

https://www.pandi.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun