Momentum bulan suci ramadhan dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar pelaku wisata.Â
Kolaborasi yang selama ini sudah terjalin hanya sebatas hubungan bisnis.Â
Tetapi dalam kegiatan famtrip DPD HPI Jateng terasa sangat berbeda, lebih hangat dan kekeluargaan.Â
Komunikasi yang dijalin tidak terpengaruh kesibukan karena pada saat puasa tidak begitu banyak aktivitas.Â
Sehingga bisa menganalisa kerjasama selama ini untuk memperbaiki dan meningkatkan lebih baik lagi.Â
Peningkatan kerjasama perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja kedua belah pihak dan memperbaiki kekurangan-kekurangan.Â
Pasca pandemi banyak mitra pariwisata yang mengalami kemunduran dalam usaha bahkan ada yang sampai menutup usahanya.Â
Atau ada juga yang masih bertahan tetapi ganti management atau kepemilikan. Tentunya perlu ada pembicaraan lagi dalam point-point kerjasama.Â
Para pelaku wisata optimis badai akan segera berlalu sehingga geliat pariwisata akan kembali cerah.Â
Apalagi pemerintah memberikan izin kepada masyarakat untuk melakukan mudik lebaran.Â
Sehingga diharapkan tempat-tempat wisata akan ramai dikunjungi wisatawan saat libur lebaran.Â
Maraknya destinasi wisata akan berimbas pada ramainya pusat oleh-oleh, rumah makan, hotel sampai pemandu wisata.Â
Diharapkan geliat ekonomi masyarakat akan bangkit seiring ramainya aktivitas wisata.Â
(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)Â