Pengelolaan Program yang berdampak Positif bagi Murid
Bambang Sumariyono
Kab. Blora
Pada penulisan refleksi dwi mingguan kali ini tentang Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid, saya menuliskan jurnal dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Ada empat bagian yang akan saya tuliskan dalam refleksi ini.
AssalamualaIkum warahmatullahi wabarakatuh
1. Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 merupakan modul terakhir dari kegiatan pendidikan dan pelatihan calon guru penggerak Angkatan 11 ini. Sama seperti modul sebelumnya, kegiatan pembelajaran pada materi modul 3.3 ini juga dilakukan dalam waktu dua minggu. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 5 November 2024. Modul 3.3 berisikan materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Setelah mempelajari modul ini saya berusaha untuk mempelajari, memahami dan melaksanakan materi modul 3.3 ini dengan maksimal dan berusaha memberikan yang terbaik.. Meskipun demikian dalam 3.3 ini masih terdapat beberapa materi masih belum saya mengerti dan pahami, terutama tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya murid di sekolah saya.
Pada saat ruang kolaborasi, saya berusaha mendengarkan dengan focus dan berusaha untuk menggali informasi dengan fasilitator yaitu bapak Andri Sutikno serta dengan teman teman CGP lainnya melalui tanya jawab. Saat sesi ruang kolaborasi kedua, kami dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan tingkatan dalam mengajar dan diminta untuk membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Program yang direncanakan ini juga melihat aset yang dimiliki oleh sekolah serta mampu menumbuhkan kepemimpinan murid dengan melibatkan suara, pilihan, dan kepemilikian. Saya satu kelompok dengan Ibu Ika Wilansari, S.Pd, Bapak Azis Maulana Iksan ,S.Pd. Saat masuk alur demonstrasi kontekstual tanggal 11 s.d 12 November 2024, kami diminta untuk membuat sebuah program secara individu. Program ini nantinya yang akan dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3. Hambatan yang saya alami dalam mempelajari modul 3.3 ini antara lain, saya masih belum memahami materi. Namun setelah mendapatkan penguatan dari fasilitator dan instruktur, saya dapat memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan CGP Angkatan 11 dan saya untuk memperkuat pengetahuan saya mengenai materi di modul 3.3 ini.
3.3.d. Forum Komunikasi Modul 3.3.
Kegiatan pada hari Selasa, 5 November 2024 3.3.d. Forum Komunikasi Modul 3.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :Â
3.3.e. Mulai dari Diri - Modul 3.3
Kegiatan pada hari Selasa, 5 November 2024 3.3.e. Mulai dari Diri - Modul 3.3 , menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :Â
3.3.f. Eksplorasi Konsep - Modul 3.3
Kegiatan pada hari Rabu, 6 November 2024 3.3.f. Eksplorasi Konsep - Modul 3.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :Â
3.3.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 3.3
Kegiatan pada hari Kamis, 7 November 2024 3.3.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 3.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
3.3.g. Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Diskusi Kelompok
Kegiatan pada hari Senin, 11 November 2024 3.1.g.1 3.3.g. Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Diskusi Kelompok Tatap muka virtual yang dilaksanakan pada , pukul 13.00 -- 16.00 WIB
3.3.g.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Presentasi Kelompok
Kegiatan pada hari Selasa,12 November 2024 3.3.g.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.3 Presentasi Kelompok Tatap muka virtual yang dilaksanakan pada , pukul 13.00 -- 16.00 WIB
3.3.g.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 3.3
Kegiatan pada hari Rabu, 13 November 2024 3.3.g.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 3.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :Â
https://drive.google.com/file/d/1YGl0GO9Wtyzo8qf4JmJAgF_ba_hbtsYu/view?usp=sharing
2. Feelings (Perasaan)
Saya merasa sangat bahagia dan antusias serta bersemangat ketika mengikuti pembelajaran dalam modul ini. Selain materinya yang sangat menarik dan menantang, modul ini juga merupakan modul terakhir yang harus saya pelajari. Artinya, saya harus bersiap untuk mengimplementasikannya di kelas atau di sekolah saya. Selain itu, saya juga merasa senang karena banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini.
Saya juga merasa senang dan tertarik ketika pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak saya dan saya merefeksikan pada bagian mulai dari diri dapat terjawab dengan baik dan jelas. Ada hal menarik yang terjadi pada pembelajaran di modul ini, yaitu saat saya harus menyelesaikan tugas demonstrasi kontekstual. Dalam tugas ini, CGP diminta untuk membuat sebuah program secara mandiri. Program yang saya buat yaitu Bakmi Semur (Bakat Minat Seuai Kreatifitas Murid). Perasaan senang sekali ketika saya dapat merancang sebuah program dan melibatkan murid didalamnya.
3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini sebagai berikut, yaitu pada saat saya menyusun sebuah program sebaiknya kita melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan, baik pada saat murid memberikan suara, pilihan dan kepemilikan dalam pelaksanaan, dan evaluasi program, baik dapat dilibatkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk berpendapat (suara) dan menentukan pilihannya sehingga mereka akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dari program yang akan dikembangkan.
Yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah adalah pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency. Pentingnya dukungan dari semua pihak/komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan dapat menggunakan Tahapan BAGJA dengan menambahkan unsur suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
Dalam proses pembelajaran modul ini, tentunya saya juga memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Pengalaman saya dalam merancang sebuah program yang melibatkan murid dan mengimplementasikannya dengan tahapan BAGJA merupakan hal baru bagi saya. Modul 3.3 ini dalam menjadikan murid sebagai Student Agency.
4. Future (Penerapan)
Dalam modul ini saya ingin dapat melaksanakan program yang telah saya rancang dengan murid tersebut. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar pancasila. Dan saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada rekan-rekan sejawat.
Bergerak, Tergerak , Menggerakkan
Wassalamualaikum wr wb.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H