3.3.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 3.3
Bambang Sumariyono
CGP A 11 Kab. Blora
Tujuan Pembelajaran Khusus: Melalui diskusi secara asinkron, CGP dapat menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan  intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah
Pertanyaan Pemantik
1. Apa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid?
Jawaban :
- - Karekteristik lingkungan belajar dibangun oleh guru dalam menyusun program/kegiatan (mengacu pada 7 karekteristik lingkungan)
- - Jenis program/kegiatan yang disusun (intrakulikuler,kokurkuler, atau ekstra kurikuler).
- - Sejauh mana aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dipromosikan atau didorong dalam kegiatan atau tersebut.
2. Seperti apakah gambaran program/kegiatan yang dapat mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid?
Jawaban :
- - Untuk menumbuhkan kepemimpinan murid dalam proses pembelajaran, ketiga aspek tersebut perlu dipertimbangkan pilihan murid menjadi penting agar murid dapat mengambil
- kepemilikan atas pembelajaran mereka. Melalui pilihan dan kepemilikan, suara murid dapat diwujudkan. ketiga aspek tersebut disematkan dengan hati hati dalam lingkungan belajar. lingkungan belajar yang seperti ini akan membuat seluruh anggota komunitas untuk ikut terlibat dalam prosesnya.
- Jenis Program/Kegiatan Program
- "Gerakan Literasi Sekolah"
- Program ini merupakan kegiatan intrakurikuler karena bertujuan meningkatkan minat baca, kemandirian, dan berpikir kritis.
3. Lingkungan seperti apa yang menurut Bapak/Ibu dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?