3.2.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Tentang Hasil analisis menonton video praktik baik analisis menonton video praktik baik
Oleh :
BAMBANG SUMARIYONO
(CGP Angkatan 11 Kabupaten Blora)
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Berdasarkan video yang  terdap pada tautan https://youtu.be/YMflitCt1yI, saya dapat menyimpulkan bahwa visi sekolah yang paling memungkinkan dari dari video tersebut adalah "Mewujudkan peserta didik yang religius, kreatif, inovatif dan berdaya saing global".
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan dari guru tersebut adalah mewujudkan kelas yang Prakarsa perubahan dari guru tersebut adalah mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam upaya meningkatkan semangat belajar murid.
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Apa yang harus dilakukan dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk meningkatkan semangat belajar murid?
Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
- B (Buat pertanyaan)Â
Pertanyaan :
Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk meningkatkan semangat belajar murid?
Tindakan :
- Guru menggali informasi dari berbagai sumber tentang cara meningkatkan semangat belajar murid.
- Guru berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat tentang pentinggnya kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi murid
- Guru berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat tentang bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dalam Upaya meningkatkan semangat belajar murid.
- A (Ambil pelajaran)
Pertanyaan :
- Bagaimana meng Bagaimana mengatur kelas yang nyam atur kelas yang nyaman dan menyena an dan menyenangkan?
- Kelas mana di sekolah ini yang sudah berhasil membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan?
Tindakan :
- Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari murid dari pendapat dan pengalaman murid tentang apa saja hal-hal yang dapat meningkatkan semangat belajar.
- Guru mencari kelas yang sudah mewujudkan kelas impian murid.
- Murid diajak untuk mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.
- G (Gali mimpi)
Pertanyaan :
- Apakah yang dibayangkan murid tentang  kelas impian kelas mereka?
- Kelas impian seperti apa yang di inginkan oleh murid?
- Kelas impian seperti apa yang dapat meningkatkan semangat belajar murid?
Tindakan :
- Murid diminta untuk memejamkan mata dan membayangkan tentang kelas impian mereka
- Murid menggambarkan kelas yang nyaman sesuai yang mereka bayangkan.
- Murid mempresentasikan gambaran gambaran kelas yang  nyaman.
- J (Jabarkan Rencana)
Pertanyaan :
- Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian murid?
- Apa yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mewujudkan kelas Impian sesuai keinginan murid?
Tindakan :
- Guru berdiskusi serta berkolaborasi dalam menuliskan hasil pemikiran dan membuat catatan target yang ingin dicapai tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian murid.
- Murid diajak berkontribusi menentukan kebutuhan dalam mewujudkan kelas impian yang dapat menjadi kelas impian yang dapat menjadi penyemangat belajar.
- Murid dibentuk menjadi beberapa kelompok.
- Murid diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok.
- A (Atur Eksekusi)
Pertanyaan :
- Kapan waktu untuk memulai dan siapa yang dilibatkan dalam penyusunan kelas yang nyaman dan menyenangkan ?
- Siapa yang mengarahkan/memantau serta mendampingi dalam pelaksanaan dan memecahkan kesulitan dalam pelaksanaan mewujudkan kelas  nyaman dan menyenangkan ?
Tindakan :
- Guru mengeksekusi tindakan dengan membentuk murid ke dalam beberapa kelompok kerja dengan tugas yang telah ditetapkan. Pembagian tugas kelompok terdiri dari kelompok yang bertugas membersihkan kelas, membuat hiasan dinding, menyusun bangku, menata buku, dan memasang hiasan pada dinding.
- Guru melakukan pendampingan serta membantu murid apabila menemukan kendala.
- Guru memberikan apresiasi kepada semua murid setelah selesai membuat ruang kelas yang nyaman dan membuat ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
- Guru menerapkan pendekatan berbasis aset karena guru focus memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh kelas dan sekolah.
- Guru membayangkan kesusksesan yang akan diraih di masa depan.
- Guru mampu mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya yang ada dan mampu membuat rencana berdasarkan visi dan dan mampu membuat rencana berdasarkan visi dan kekuatan yang ada.
- Guru mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti yang di impikan dan di inginkan oleh murid.
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H