3.2.f.1. Eksplorasi Konsep - Pertanyaan Pemantik
1. Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah, Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?
Kita bisa menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset untuk mengelola sumber daya sekolah.
Kita juga bisa mengganti kata komunitas menjadi sekolah karena sekolah juga merupakan komunitas.
Lebih dari itu, lingkungan sekolah sebenarnya merupakan miniatur sebuah tatanan masyarakat di suatu daerah.
Dengan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset, kita dapat menggunakan kekuatan kita sebagai aset untuk mengatasi solusi yang dihadapi.
Sehingga bukan hanya membicarakan kelemahan maupun kekurangan yang membuat kita pesimis dan kurang kreatif.
2. Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan pendekatan PKBA?
Contoh pengelolaan sumber daya sekolah dengan pendekatan PKBA adalah : Sekolah yang telah memiliki sarana-prasana seperti jaringan internet, fasilitas ruang kelas, laboratorium, lapangan, tempat ibadah yang luas dan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman dapat dimanfaatkan secara optimal dan dijadikan sumber belajar dan sarana pendukung dalam mengelola pembelajaran kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan belajar siswa.
3. Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan pendekatan PKBA?
Selama ini yang saya lihat, di sekolah saya masih sering membicarakan kekurangan dan kelemahan sehingga lupa bahwa sebenarnya kita mempunyai kekuatan yang merupakan aset untuk dibangun.
Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset berfokus pada potensi aset/sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas.
4. Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset?
Sebagai pembelajar seumur hidup serta pemimpin pembelajaran, guru perlu belajar dan berusaha dalam memakai pendekatan yang kaya untuk sekolah.
Selain itu, semua bagian sekolah juga perlu mengadopsi pengembangan sekolah berbasis aset guna mengelola sumber daya yang ada.
Terdapat enam metode yang menjadi pendekatan Sekolah Berbasis Aset dalam mengelola sumber daya sekolah, yakni diantaranya:
1) Fokus terhadap aset dan kekuatan
2) Memikirkan mengenai pencapaian yang telah dibuat serta kekuatan guna mencapai pencapaian tersebut.
3) Membayangkan masa depan
4) Organisasi kompetensi dan sumber daya (yakni, sumber daya dan kekuatan)
5) Merancang rencana berdasarkan visi dan kekuatan, serta
6) Melaksanakan rencana aksi yang telah direncanakan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H