Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - 7
(Peristiwa)
Dalam modul 2.3 yaitu Coaching untuk Supervis iAkademik, dimana saya selalu belajar dengan alur Merdeka (Mulai dari diri,Eksplorasi Konsep,RuangKolaborasi,Demosntrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, danAksi Nyata). Hal yang paling mencerahkan bagi saya pada saat eksplorasi konsep,dimana pada modul 2.3. saya belajar mengenai prinsip coaching, kompetensi inti couching, percakapan couching menggunakan alur TIRTA, dan keterkaitan coaching dengan supervisi akademik.
Lokakarya 3
Kegiatan pada hari Minggu, 15 September 2024 melaksanakan Lokakarya 3, yang kegiatan tersebut dimulai Pukul 08.00 -- 15.30 WIB bertempat di SMAN 2 Blora sebagai berikut :
2.3.d. Forum komunikasi Fasilitator dan Peserta - Modul 2.3
Kegiatan pada hari Rabu, 18 September 2024 2.3.d. Forum komunikasi Fasilitator dan Peserta - Modul 2.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.e. Mulai dari Diri - Modul 2.3
Kegiatan pada hari Rabu, 18 September 2024 Forum 2.3.e. Mulai dari Diri - Modul 2.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.f.1. Eksplorasi Konsep - Modul 2.3 Konsep Coaching
Kegiatan pada hari Kamis, 19 September 2024 2.3.f.1. Eksplorasi Konsep - Modul 2.3 Konsep Coaching, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.f.2. Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Paradigma Berfikir dan Prinsip Coaching
Kegiatan pada hari Kamis, 19 September 2024 2.3.f.2. Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Paradigma Berfikir dan Prinsip Coaching, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.f.3. Eksplorasi Konsep - Modul 2.3 Kompetensi Inti Coaching dan Tirta Sebagai Alur Percakapan Coaching
Kegiatan pada hari Jumat, 20 September 2024 2.3.f.3. Eksplorasi Konsep - Modul 2.3 Kompetensi Inti Coaching dan Tirta Sebagai Alur Percakapan Coaching, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.f.4. Eksplorasi Konsep Modul 2.3- 2.4. Supervisi Akademik Dengan Paradigma Berfikir Coaching
Kegiatan pada hari senin, 23 September 2024 2.3.f.4. Eksplorasi Konsep Modul 2.3- 2.4. Supervisi Akademik Dengan Paradigma Berfikir Coaching, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.f.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3
Kegiatan pada hari selasa, 24 September 2024 2.3.f.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
2.3.g. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Latihan
Kegiatan pada hari Rabu, 25 September 2024 2.3.g. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Latihan Choaching Tatap muka virtual yang akan dilaksanakan pada , pukul 13.00 -- 16.00 WIB
2.3.g.1. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Praktik
Kegiatan pada hari Kamis, 26 September 2024 2.3.g.1. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Praktik Choaching Tatap muka virtual yang akan dilaksanakan pada , pukul 13.00 -- 15.30 WIB
2.3.g.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 2.3
Kegiatan pada hari Jumat, 27 September 2024. 2.3.g.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 2.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=zVfM-bY8N_Q
(Perasaan)
- Antusias untuk belajar danberlatih mengenai matericouching
- Tertantang untuk terusmelakukan praktik coachingdengan murid maupundengan rekan sejawat
(Pembelajaran)
Pembelajaran yang saya dapatkan ketika mempelajari modul 2.3.coaching untuk supervisi akademik, antara lain:
- Coaching didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasiyang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dansistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atasperforma kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, danpertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999)
- Prinsip coaching yaitu kemitraan, proses kreatif, danmemaksimalkan potensi couchee.
- Percakapan alur TIRTA yaituTujuan,Identifikasi,RencanaAksi, danTanggung jawab.
- Kompetensi inti couching, yaitu kehadiran penuh,mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot.
(Penerapan)
PRA OBSERVASI
Melakukan praobservasi,sebelum mengobservasi rekan sejawat
AKSI NYATA
Melakukan aksi nyata untuk mengobservasi kelas rekan sejawat dengan berperan sebagai supervisor dengan menerapkan prinsip coaching
PASCA OBSERVASI
Melakukan pasca observasi ,setelah mengobservasi rekan sejawat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H