Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.2.f. Eksplorasi Konsep - Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3 September 2024   18:04 Diperbarui: 3 September 2024   18:08 3044
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tugas 2b.1

5 Kompetensi Sosial /dok. pri
5 Kompetensi Sosial /dok. pri

Refleksi D.1a. Kesadaran diri

1. Sebelumnya saya berpikir bahwa pembelajaran tentang emosi diri tidak bisa diterapkan di kegiatan/langkah-langkah dalam pembelajaran di kelas,ternyata pembelajaran tentang emosi diri bisa diterapkan di pembelajaran kelas. Guru bisa melakukan teknik pembelajaran tentang Praktik kesadaran penuh dengan teknik mendengarkan musik (guru dapat menggunakan musik instrumental ataupun memberi kesempatan pada murid untuk memberikan rekomendasi lagu untuk di dengarkan bersama). Lalu Murid diajak membagikan secara lisan apa yang dirasakan saat mendengarkan musik: apa pendapat mengenai musik yang didengar, apa perasaan dan pikiran yang timbul saat mendengarkan

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah:

a. Melakukan praktik kesadaran penuh dengan teknik mendengarkan musik (menggunakan musik instrument alat aupun memberi kesempatan pada murid untuk memberikan rekomendasi lagu untuk di dengarkan bersama).

b. Memberikan pilihan pada murid untuk menjelaskan dengan metode yang diingingkan:

1). Menggambar - murid mendeskripsikan emosi emosinya dalam bentuk gambar,

2).Menulis - murid dapat menuliskan emosinya dalam bentuknarasi ataupun deskripsi, puisi, dll,

3). musik/lagu - murid dapat membuat lagu/musik ataupun memilih lagu yang dapat merepresentasikan emosi-emosi terkait dan menuliskan alasan pemilihan lagu tersebut pelajaran kolaboratif.

Refleksi D.1b. Manajemen diri

1. Sebelumnya saya berpikir topik manajemen diri tidak bisadikonkretkan dalam sebuah kegiatan di kelas, ternyata bisadilakukan dalam sebuah kegiatan yang konkret di dalam kelas.

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah:

a.mempersiapkan isi ruang kelas yang nyaman danmenenangkan; dapat berupa dekorasi kelas ataupun denganmemainkan lagu/instrumen.

b.mengajak murid untuk hening sejenak dengan latihanbernapas; dapat menggunakan teknik STOP, five fingerbreathing, body scanning (observasi diri), dan dapatmenutup dengan gratitude note / affirmation (ungkapanrasa syukur/motivasi diri).

c.Dalam jurnal refleksi, memberikan kesempatan padamurid untuk menuliskan caraalternatif menggunakansalah satu teknik latihan kesadaran penuh saatberhadapan dengan situasi yang tidak menyenangkan.

Refleksi D.1c. Kesadaran Sosial

1. Sebelumnya saya berpikir bahwa kegiatan saat pembukaan:hening sejenak dan menyadari napas, melakukan latihangerak sadar (mindful movement) sederhana bisa dilatihkan untuk melatih cara berempati pada orang lain, ternyata hal-hal sederhana, perengangan otot bisa dilakukan.

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkandalam adalah:

  • Ajak murid untuk hening sejenak dan menyadari napas.
  • arahkan siswa untuk mengambil posisi yang nyamanuntuk melakukan latihan gerak sadar (mindfulmovement) sederhana, contoh: perenggangan otot leher,bahu, paha, lutut, pinggang, dan seluruh tubuh.
  • Sediakan Waktu Khusus Untuk Refleksi Diri: BuatlahSuasana Ruangan Yang Nyaman.
  • Latih teknik bernapas/STOP/praktik kesadaran penuh yang diinginkan

Refleksi D.1d. Keterampilan Berelasi

1. Sebelumnya Saya berfikir bahwa Ketika kegiatan pembukaan tidak dapat memainkan lagu-lagu yang bernuansa instrumental menenangkan kepada siswa, ternyata hal itu bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran.

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan adalah :


  • Menggunakan praktik kesadaran penuh dan pengenalan emosi
  • Guru menyediakan bahan bacaan (yang berkaitan dengan topik yang akan dibawakan)
  • Mainkan lagu lagu yang bernuansa instrumental menenangkan dan berikan waktu yang cukup bagi murid untuk membaca (10-15 menit) ingatkan murid untuk memperhatikan nafas dan sensai yang dirsakan pada tubuh emosi dan perasaan membuat refleksi dapat berupa jurnal atau secara lisan ajak murid
  • Mengajak murid untuk hening sejenak dan melatih napas, mengembalikan focus dan konsentrasi murid dengan menyadari nafas.
  • Melakukan pesan "saya" (i-message) berfokus pada perasaan penyampaian pesan, bukan pikiran atau karakteristik lawan bicara, dan pesan "kamu" (you- message) berfokus pada lawan bicara dengan menunjukkan karakteristik, kesalahan atau perilaku lawan bicara.

 

Refleksi D.1e. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1. Sebelumnya saya berpikir bahwa topik pengambilan keputusan yang bertanggung jawab tidak bisa dilakukan dalam kegiatan langsung di kelas, ternyata bisa dilakukan di kelas dengan strategi yang beragam. "

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam:


  • Mengembalikan fokus murid dengan hening sejenak - berlatih napas.
  • Praktik kesadaran penuh: observasi/mindful seeing.
  • Guru menceritakan kasus (dapat mengambil contoh dari pengalaman pribadi ataupun pengembangan kasus yang sesuai konteks murid secara umum): terlambat mengumpulkan tugas, memilih untuk berkata jujur/bohong, memilih kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya.
  • Memperkenalkan konsep/strategi POOCH (Problem/Masalah, Options/AlternatifPilihan, Outcomes/Konsekuensi, Choices/Keputusan yang diambil) dengan demonstrasi langsung menggunakan kasus yang diceritakan sebelumnya.
  • Guru memainkan lagu instrumental yang menenangkan sembari murid mengerjakan

Refleksi D.2

1. Sebelumnya saya berpikir 5 kompetensi pada PSE tidak bisa dimasukkan dalam kegiatan inti RPP, ternyata berbagai kegiatan untuk mengembangkan 5 nilai KSE membuat pembelajaran lebih berpihak pada murid karena lebih bervariasi dan tidak monoton".

2. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah:

  • Membacakan dongeng
  • Memperdengarkan music instrumental yang membangun ketenangan
  • Kegiatan relaksasi/perengangan
  • Memberikan waktu kepada murid untuk berbincang sejenak dengan teman-temannya
  • Mengajak murid untuk membicarakan topik yang sedang hangat menurut mereka

Refleksi D.4a

1. Tentukan satu rencana yang akan Anda terapkan untuk penguatan KSE diri Anda. Berikanalasan Anda memilih langkah tersebut!

Penguasaan KSE diri/dok. pri
Penguasaan KSE diri/dok. pri

Refleksi D.4b

2. Manakah langkah penguatan kompetensi yang penting bagi rekan pendidik dan tenagakependidikan di sekolah Anda saat ini? Berikan alasan Anda memilih langkah tersebut!

Penguasaan KSE Rekan Sejawat/dok .pri
Penguasaan KSE Rekan Sejawat/dok .pri

Salam dan Bahagia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun