Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.1.e. Mulai dari Diri - Modul 2.1

20 Agustus 2024   11:25 Diperbarui: 20 Agustus 2024   11:30 1391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

2.1 Mulai Dari Diri -- Modul 2.1

KUIS

"Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawatdan menuntun tumbuhnya kodrat itu."

Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran ini adalah Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda? Silakan pikirkan dan renungkan jawaban atas pertanyaan tersebut

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi Pembelajaran yang Pertama

Untuk mengawali pembelajaran di Modul 2.1 ini, Anda akan melakukan refleksi individu.

1.Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

 Setiap murid memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu, sesuai dengan filosofi KHD bahwa guru harus berpihak pada murid dengan memahami perbedaan setiap murid. Guru harus bisa bersikap adil kepada siswa, hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kelompok yang berpihak pada murid, disini guru sebagai fasilitator dengan melayani semua murid secara adil.

Proses pembelajaran yang dilakukan dengan nilai Inovatif yaitu guru menerapkan metode saintifik dan menerepkan model pembelajaran yang menarik untuk murid. Model Pembelajaran yang diterapkan dengan sistem kelompok sehingga siswa bisa membaur tanpa memandang perbedaan. Selain itu, menggunakan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa dan mudah dipahami oleh siswa.Untuk perlakuan, sebaiknya guru juga harus memperhatikan murid yang masih memiliki kekurangan untuk meningkatkan kemampuannya dengan cara yang tidak menyinggung perasaan murid lainnya.Untuk memberikan perlakukan kepada murid yang memiliki kemampuan kurang, makaharus dilakukan dengan pendekatan dan kolaboratif dengan orang tua.Jika hal ini tidak dilakukan, maka guru dirasa masih kurang memberikan perhatian yang dibutuhkan oleh siswa.

2.Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran dikelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangantersebut?

Tantangan yang saya hadapi adalah masalah waktu, murid yang memiliki kemampuan kurang dibanding siswa lainnya, kebanyakan sulit untuk memahami materi sehingga tertinggal dengan siswa lainnya. Tindakan yang bisa dilakukan yaitu memberikan perhatian dan pendekatan kepada siswa tersebut, dan berkolaborasi dengan orang tua untuk meningkatkan kemampuan murid.

3.Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan,dan dievaluasi?

Pembelajaran harus dirancang dengan menerapkan metode, model, dan media pembelajaran yang berpihak pada murid, mudah dipahami oleh murid, dan menarik untuk murid sehingga pembelajaran menyenangkan dan memudahkan murid dalam memahami materi tanpa memandang status perbedaan kemampuan. Pembelajaran harus dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang dibuat dengan berkolaborasi (nilai kolaboratif) dengan rekan sejahwaat/guru lainnya untuk melihat kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang dilakukan. Serta melakukan refleksi/evaluasi dengan rekan sejawat dan murid (melalui angket catatan murid) selama proses pembelajaran sudah dilakukan.

Salam dan Bahagia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun