Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - 3 Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

26 Juli 2024   14:04 Diperbarui: 26 Juli 2024   16:29 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presentasi Kolaborasi Modul 1.3(Dokumentasi Pribadi)

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan -- 3

Saya membuat refleksi menggunakan model 4F (1. Fact; 2. Feeling; 3. Findings; dan 4. Future). Dalam Bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan).

Facts

Modul 1.3 ini merupakan kelanjutan dari modul 1.1 tentang Filosofi KHD dan modul1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul ini, saya diajarkan untuk bagaimana merancang visi masa depan sebagai seorang guru penggerak. Saya juga mengenal inkuiri apresiatif sebagai paradigma perubahan kolaboratif yang berfokus kepada hal-hal positif sebagai baru pijakan untuk membuat perubahan.

Modul 1.3 membahas tentang Visi Guru Penggerak. Diawali dengan mulai dari diri

Kegiatan pada hari Selasa, 16 Juli 2024 kemudian Mulai dari diri modul 1.3, menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/bambangsumariyono5571/6696146bc925c44bc33f8673/1-3-e-mulai-dari-diri-modul-1-3-merumuskan-visi-pribadi-mengenai-murid-dan-sekolah

Kegiatan pada hari Selasa, 16 Juli 2024 Ekplorasi konsep modul 1.3 menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/bambangsumariyono5571/66962f7cc925c41aa70ee9e7/1-3-f-7-eksplorasi-konsep-modul-1-3-tahapan-kanvas-bagja

Kegiatan pada hari Rabu, 17 Juli 2024 Forum Diskusi Ekplorasi Konsep Modul 1.3 menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/bambangsumariyono5571/6696536fc925c464a1167022/1-3-f-2-forum-diskusi-eksplorasi-konsep-modul-1-3-tugas-kesimpulan-inkuri-apresiatif

Kegiatan pada hari Kamis, 18 Juli 2024 Koneksi Antar Materi Modul 1.3 menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/bambangsumariyono5571/669886d9c925c43ce471d382/1-3-j-koneksi-antar-materi-model-1-3

Kegiatan pada hari Kamis, 18 Juli 2024 Demontrasi Konstektual Modul 1.3 menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/bambangsumariyono5571/6698cf8bed64154da726b852/1-3-h-demonstrasi-konstektual-modul-1-3-visi-guru-penggerak

Kegiatan pada hari Jumat, 19 Juli 2024 Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Diskusi Kelompok Tatap muka virtual yang akan dilaksanakan pada Hari Jum'at, 19 Juli 2024 pukul 09.00 WIB.

Diskusi Kolaborasi Modul 1.3(Dokumentasi Pribadi)
Diskusi Kolaborasi Modul 1.3(Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan Pada Hari Minggu 21 Juli 2024 Lokakarya 1 PGP Angkatan 11

Kegiatan Lokakarya 1 Angkatan 11(Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan Lokakarya 1 Angkatan 11(Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan pada hari Senin 22 Juli 20024 Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Presentasi dan Umpan Balik Tatap muka virtual akan dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2024 pukul 13.00 WIB.

Presentasi Kolaborasi Modul 1.3(Dokumentasi Pribadi)
Presentasi Kolaborasi Modul 1.3(Dokumentasi Pribadi)
Visi Bersama Anggota Kelompok(Dokumentasi Pribadi)
Visi Bersama Anggota Kelompok(Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan pada hari Selasa, 23 Juli 2024 Aksi Nyata - Modul 1.3 menuliskan catatan materi yang telah dibaca Adapun Link sebagai berikut:

https://lms.guru.kemdikbud.go.id/courses/48967/pages/1-dot-3-k-aksi-nyata-modul-1-dot-3?module_item_id=2808937

Kegiatan pada hari Jumat  26 Juli 20024 Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak - Presentasi dan Umpan Balik Tatap muka virtual akan dilaksanakan pada hari  Jumat  26 Juli 20024 pukul 13.00 WIB.

Elaborasi Pemahaman(Dokumentasi Pribadi)
Elaborasi Pemahaman(Dokumentasi Pribadi)

Feelings

Saya merasa sangat antusias ketika mempelajari modul ini karena sebelumnya tidak pernah terpikir oleh saya bahwa ketika kita ingin melakukan perubahan ternyata adametode atau langkah-langkahnya. Ternyata bila kita ingin berubah, sekedar niat sajatidak cukup. Kita perlu merancang sebuah strategi perubahan agar perubahan yangkita lakukan lebih terarah dan lebih mudah mencapai tujuan. Saya juga setelahmengikuti elaborasi pemahaman menjadi lebih mengerti mengenai alur pembuatanVISI terutama Visi Guru Penggerak yang Hebat Memiliki visi, Nilai dan peran sesuai Filosofi Ki Hadjar Dewantara Unggul dalam Berkarakter dan Berprestasi

Findings

Hal yang mencerahkan bagi saya adalah bahwa ternyata kita sebagai pendidik perlu menyusun visi sendiri karena walau bagaimana pun kita adalah yang 'bersentuhan'langsung dengan siswa. Selama ini saya berpikir bahwa sebagai pendidik saya tidak perlu Menyusun visi karena sekolah sudah mempunyai visi,yang secara tidaklangsung itu adalah visi saya juga. Idealnya nanti, visi dari masing-masing pendidik disuatu sekolah ditelaah dan disatukan sehingga dapat menjadi sebuah visi sekolah.Dengan demikian, semua pihak di sekolah betul-betul merasakan bahwa mereka memiliki visi dan tujuan yang sama. Prakarsa perubahan bukanlah slogan, bukan pula judul kegiatan. Prakarsa perubahan ditulis dalam bentuk kalimat yang dimulai dengan kata kerja. Dengan begitu, diharapkan dapat menstimulasi bayangan akan inisiatif/ tindakan/ kegiatan yang harus dijalankan demi terwujudnya visi yang kita buat.

Future

Manajemen perubahan yang akan saya lakukan adalah dengan mulai melihat sisi positif dan kelebihan dari siswa-siswa saya. Dengan demikian, menjadi pekerjaan yang besar bagi saya untuk menemukan hal-hal apa yang bisa dikembangkan pada diri siswa saya melalui analisis diagnostik agar keluar menjadi potensi unggul yang selama ini terpendam. Penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks sehari-hari saya di

masa akan datang adalah dengan meningkatkan kompetensi diri saya memberikan pembelajaran yang menarik, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa. Saya ingin mengembangkan suatu strategi mengajar yang dapat memunculkan minat siswa,menginternalisasikan materi yang saya ajarkan dengan mudah, pembelajaran yang menyenangkan dan menghasilkan evaluasi yang memuaskan.

 Salam dan Bahagia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun